Sidebar

Destinasi Wisata Kopi Segera Hadir di Pulau Flores, Siap?

Empat lokasi di tiga kabupaten Pulau Flores disiapkan MPIG sebagai destinasi wisata dengan suguhan utama Kopi Arabika Flores Manggarai.

SHARE :

Ditulis Oleh: Taufiqur Rohman

Nusa Tenggara Barat (NTB) tidak melulu soal wisata alam saja. Ada banyak pariwisata di NTB, salah satunya adalah wisata kuliner, dan yang paling terkenal adalah wisata kopi di Pulau Flores. Empat lokasi di tiga kabupaten Pulau Flores disiapkan Masyarakat Perlindungan Indikasi Geografis (MPIG) sebagai destinasi dengan suguhan utama Kopi Arabika Flores Manggarai.

Empat lokasi tersebut diantaranya Wae Garit di Manggarai, Mano dan Colol di Manggarai Timur, serta Labuan Bajo di Manggarai Barat. Harapannya melalui wisata dapat meningkatkan perekonomian petani kopi setempat. Dalam pengembangannya, destinasi wisata kopi akan melibatkan kalangan akademisi dari beberapa universitas dan perguruan tinggi.

Dari empat lokasi yang ada, dua lokasi di Mano dengan luas mencapai 10 Ha merupakan milik keuskupan Ruteng yang sengaja disiapkan untuk pembangunan wisata baru. Sedangkan dua lokasi lainnya adalah milik warga setempat yang nantinya akan didampingi MPIG melalui berbagai pelatihan agar memperkuat kapasitas SDM petani kopi, sehingga dapat menghasilkan kopi dengan kualitas yang memenuhi standar.

Selama ini Garit dikenal lama sebagai pusat daerah penghasil Kopi Robusta, sementara Mano adalah pusat Kopi Arabika. Lalu Colol memiliki aset besar budidaya Kopi Manggarai sekaligus lokasi festival budaya kopi. Terakhir, Labuan Bajo direncanakan menjadi etalase pusat informasi dan promosi semua jenis biji kopi dari Pulau Flores yang memiliki cita rasa tinggi.

(1001indonesia.net)

Kopi Arabika Flores Manggarai

Kopi Arabika Flores Manggarai memiliki karakteristik yang unik dengan biji kopi lainnya. Ciri khas yang bisa dirasakan yaitu aroma wangi berpadu dengan rasa asam bernuansa fruity yang murni. Jika diminum terasa berat dan tingkat keasamannya tinggi. Rasa unik dari kopi ini dipengaruhi oleh letak geografis perkebunan yang berada di daratan tertinggi yang kering.

Tahun 2015, kopi asali dari Flores ini pernah dicanangkan sebagai kopi terbaik di Indonesia. Biji kopinya memiliki kualitas premium, buktinya kini menjadi salah satu komoditas ekspor di Indonesia. Bahkan di Belanda dan Jerman terdapat sebuah cafe yang secara khusus menyuguhkan Kopi Arabika Flores Manggarai sebagai suguhan utama dalam menunya.

SHARE :

Pilihan paket wisata di Phinemo Marketplace


POPULER MINGGU INI



REKOMENDASI

5 Hotel Ekslusif di Sekitar Candi Borobudur untuk Staycation Seru

Kampung Bena Flores, Desa Adat Tertua di Dunia Sejak Zaman Batu

Diskon Pariwisata 2021 Senilai Rp 2,35 Juta Per Orang, Siap-siap Liburan!

Pulau Moyo Sumbawa, Destinasi Eksklusif di NTB untuk Para Artis Dunia

Kain Tenun Endek dari Bali Jadi Koleksi Terbaru Dior, Bangga!

Kenapa Bali Disebut Pulau Dewata? Terungkap, Inilah Alasannya

FALLBACK
The END