Sidebar

Pulau Moyo Sumbawa, Destinasi Eksklusif di NTB untuk Para Artis Dunia

Pulau Moyo adalah destinasi eksklusif untuk orang kaya yang tidak bisa dikunjungi sembarang orang. Para artis kenamaan dunia juga pernah berlibur di sini,

SHARE :

Ditulis Oleh: Taufiqur Rohman

Pulau Moyo yang berada di utara Sumbawa, NTB memang agak kurang familier di telinga sebagian besar wisatawan lokal. Tidak heran, pasalnya Pulau Moyo adalah destinasi eksklusif untuk orang kaya yang tidak bisa dikunjungi oleh sembarang orang. Memiliki luas 350 Km2, pulau ini diapit hamparan laut lepas dengan pemandangan pantai-pantai yang menawan.

Sama seperti Pulau Komodo di NTT, Pulau Moyo juga salah satu destinasi wisata khusus para orang kaya berkantong tebal. Pemerintah setempat menjadikan pulau ini sebagai komoditas internasional setelah hadirnya akomodasi eksklusif Amanwana Resort, di sana para pesohor dunia diam-diam berlibur dan menginap, salah satu yang populer yaitu Putri Diana.

Tahun 1993, Putri Diana berkunjung ke Pulau Moyo di Sumbawa untuk menenangkan diri karena rumah tangganya bersama Pangeran Charles sedang tidak harmonis. Selain Putri Diana, sejumlah artis kenamaan dunia juga kedapatan pernah berlibur di Pulau Moyo, diantaranya adalah vokalis Rolling Stones Mick Jagger, serta penyanyi dan penulis lagu David Bowie.

Amanwana Resort di Pulau Moyo yang super eksklusif (agoda.com).

Amanwana Resort, Glamping di Tengah Hutan

Amanwana Resort merupakan akomodasi super mewah berkelas dunia yang menawarkan sensasi bermalam di tenda glamping. Terdapat sekitar 12 tenda glamping yang menempati area seluar 32 ribu Hektar, resort ini dikelilingi oleh hutan rindang yang asri dan pemandangan Laut Flores yang indah. Berada di pulau terpencil, privasi para tamu sangat terjamin.

Terletak di tengah hutan tropis dan laut Sumbawa, Amanwana Resort ada di lokasi yang sama dengan habitat sejumlah satwa langka, mulai dari Paus, Penyu Sisik, Penyu Hijau, Moray, dan Ikan Kakatua. Tamu yang menginap juga bisa menikmati panorama bahari laut Pulau Moyo dengan snorkeling atau diving. Terdapat juga ktivitas lain, seperti memancing dan kayak.

Akomodasi ini memiliki dua tipe kamar, yaitu Jungle Tent yang berada di tengah hutan dan Ocean Tent yang berada di tepi lautan. Meskipun sangat terpencil, seluruh area Amanwana Resort terhubung oleh akses internet gratis – WiFi. Harga sewa per malamnya cukup mahal, yaitu berkisar Rp 20 juta, namun itu sudah termasuk sarapan, makan siang, dan makan malam.

Air Terjun Mata Jitu favorit Putri Diana (fimela.com).

Destinasi Seru di Pulau Moyo

Pulau Moyo sangat pantas menjadi destinasi eksklusif mengingat alamnya yang indah dan mempesona. Terdapat banyak destinasi wisata di Pulau Moyo, diantaranya Air Terjun Mata Jitu, Air Tejun Sengalo, Air Terjun Diwu Mbai, Pantai Tanjung Pasir, dan Pantai Tekat Sagele. Satu yang paling terkenal adalah Air Terjun Mata Jitu yang juga dijuluki Queen Waterfall.

Dinamakan demikian karena, Air Terjun Mata Jitu pernah dikunjungi oleh salah seorang putri dari Kerajaan Inggris, Lady Diana Spencer. Banyak stalaktit dan stalagmit menghiasi permukaan air terjun. Ada empat undak dan tujuh kolam yang menyusun air terjun ini, sesuai dengan namanya Mata Jitu” yang bermakna mata air yang jatuh ke kolam di bawahnya.

Akses menuju Pulau Moyo sangat sulit, wisatawan harus menggunakan perahu motor carteran selama 1,5 jam dari Pantai Jembatan Polak di kota Sumbawa Besar menuju Labuan Aji di Pulau Moyo. Setelah sampai, dilanjutkan dengan ojek yang mengarah ke destinasi Air Terjun Mata Jitu yang berjarak 15-30 menit. Total perjalanan bisa lebih dari 2 jam.

SHARE :

Pilihan paket wisata di Phinemo Marketplace


POPULER MINGGU INI



REKOMENDASI

3 Tempat Liburan Orang Super Kaya di Indonesia, Orang Miskin Jangan Iri!

Air Terjun Mata Jitu, Oase di Tengah Hutan Sumbawa Favorit Putri Diana

Amanwana Resort, Glamping Super Mewah di Pulau Terpencil Sumbawa

Destinasi Wisata Kopi Segera Hadir di Pulau Flores, Siap?

Pantai Senggigi Lombok, Melihat Pesona Gunung Agung di Bali dari NTB

Gunung Rinjani Ditutup Setelah Turis Pesta Dugem di Bukit Propok

FALLBACK
The END