Rekomendasi Wisata Libur Natal Tak Terlupakan untuk Menutup Akhir Tahun

Flickr cc 2.0 [Luke Mackin]

Tahun 2018 segera berakhir, alangkah baiknya menutupnya dengan melakukan hal-hal menyenangkan dengan traveling ke beberapa tempat wisata di Indonesia denga memanfaatkan libur natal. Jika Kamu belum memiliki rencana, coba deh wisata libur natal ke 7 tempat seru berikut ini.

1. Jika ingin ke destinasi dekat Ibukota, datanglah ke Teluk Kiluan di Lampung

wisata libur natal

Para lumba-lumba sedang berenang.  Flickr cc 2.0 [Riyant Kurniawan]

Teluk Kiluan di Lampung menjadi rekomendasi wisata libur natal pertama karena lokasinya yang dekat dari Ibukota Jakarta tapi punya pemandangan unik yang jarang ditemui di tempat lain yakni pemandangan lumba-lumba jenis paruh panjang dan hidung botol di sini.

Konon koloni lumba-lumba di Teluk Kiluan ini merupakan yang terbanyak di dunia. Keren kan?

Bukan hanya menonton lumba-lumba, di sini Kamu juga bisa bersantai di pantai yang sepi di Desa Kiluan Negeri, Kelumbayan, Tenggamus, Lampung Selatan.

Untuk bisa sampai di sana, Kamu cukup berkendara dari Jakarta selama 12 jam atau 3-4 jam saja dari Kota Lampung.

Baca juga: Pengalaman Seru Mengarungi Tingginya Ombak Demi Tarian Lumba-lumba Teluk Kiluan

2. Untuk Kamu yang ingin menikmati suasana desa yang asri, ke Desa Wisata Candirejo di Magelang. Lokasinya tak jauh dari Candi Borobudur

wisata libur natal

Ini adalah kendaraan tradisional yang bisa Kamu pilih ketika berkeliling desa. Asik deh pokoknya. Flickr cc 2.0 [Basylv]

Desa Wisata Candirejo di Magelang adalah destinasi yang kental akan adat Jawa. Lokasinya dekat dari Candi Borobudur sekitar 2,5 kilometer. Di sini Kamu bukan hanya bisa menginap dan merasakan tinggal dengan warga yang masih menjunjung adat Jawa, tapi juga bisa menikmati wisata budaya, agrowisata, dan wisata alam sekaligus.

Di sini Kamu bisa ikut belajar membuat kerajinan tangan yang menjadi salah satu kegiatan warga ketika senggang. Bersepeda keliling desa yang masih asri serta melihat pertunjukan seni. Seru banget dan banyak pilihan wisata deh pokoknya!

Untuk sampai ke desa ini hanya butuh waktu kurang dari 1 jam dari Jogja dan 2,5 jam dari Semarang.

3. Pengen wisata libur Natal ke Bali? Coba ke Taman Nusa Bali

wisata libur natal

Taman Nusa Bali. Foto oleh balisaritour.com

Ke Bali nggak harus ke Pantai, Kamu juga bisa memilih destinasi unik lainnya seperti Taman Nusa Bali. Di sini Kamu bisa melihat aneka rumah adat dari seluruh pelosok Indonesia mirip di TMII.

Luas destinasi ini mencapai 15 hektar dengan suasana alam yang asri, seperti sungai, sawah dan pegunungan. Lokasinya ada di Desa Sidan, Gianyar Bali. Datanglah jika Kamu memutuskan untuk menuju Bali untuk mengakhiri tahun 2018 di Bali biar wawasan budayamu makin kaya.

4. Buat Kamu penyuka adrenalin dan foto-foto, Danau Kaco di Taman Nasional Kerinci Seblat adalah jawabannya

wisata libur natal

Flickr cc 2.0 wakhyudin mubarok

Untuk Kamu yang suka mendaki boleh nih datang dan menikmati libur natal dengan datang Danau Kaco yang masih dalam kawasan Taman Nasional Kerinci Seblat.

Danau ini memiliki pemandangan cantik bak syurga dengan air yang berwarna biru. Luasnya 90 meter persegi dengan kedalaman yang belum diketahui. Cahaya danau ini makin menarik mata ketika purnama datang. Sungguh tidak akan kecewa jika Kamu menghabiskan libur natal di sini dengan menyaksikan kecantikan danau ini.

Lokasinya ada di Desa Lempur Kecamatan Gunung Raya. Jaraknya 500 km dari Jambi atau bisa ditempuh selama 10-11 jam menggunakan kendaraan menuju ke Sungai Penuh. Sesampainya di sana Kamu harus berjalan kaki 3-5 jam menyusuri hutan menuju danau cantik ini.

5. Ingin wisata ke tempat yang masih tersembunyi bisa ke Suaka Margasatwa Kerumutan

wisata libur natal

Pemandangna yang bisa disaksikan ketika ke sini. Flickr cc 2,0 [atta yaya]

Suaka Margasatwa Kerumutan mungkin masih asing di telingamu, memang destinasi ini masih jarang dieksplor tapi pesonanya sungguh sangat menyilaukan mata.

Destinasi ini berada di Riau dengan kegiatan wisata alam terbatas dengan keanekaragaman hayati nan unik. Kamu akan diajak susur sungai dan juga pengamatan satwa liat pada lokasi tertentu.

Lokasi titik pengamatannya aman dan aksesnya relatif mudah. Kalau dari Kota Pekanbaru dapat ditempuh dengan menggunakan kendaraan roda 4 dan 2 melalui Jalan Lintas Timur Sumatera. Yuk ke sini !

6. Bersantai ke Pulau Tikus di Bengkulu

wisata libur natal

Flickr cc 2,0 [mySumatra Sumatra]

Pulau Tikus berada di sebelah barat Bengkulu. Jaraknya sekitar 10 kilometer dengan luas yang hanya 2 hektar.

Memang sangat kecil, tapi di sini Kamu bisa menemukan fenomena penyu sisik dan penyu hijau bertelur. Unik banget pokoknya.

Untuk bisa sampai ke pulau ini Kamu hanya perlu naik speedboat atau kapal nelayan dengan waktu sekitar 45 menit.

Baca juga: Villa Air Natural Resort, Tempat Asyik Habiskan Liburan bersama Keluarga

7. Ke Barat Indonesia menikmati sejuknya Kayu Aro

wisata libur natal

Flickr cc 2.0 [Luke Mackin]

Destinasi cantik ini sangat terkenal di kalangan wisatawan Indonesia dan mancanegara. In merupakan perkebunan teh di Sungai Penuh, Kabupaten Kerinci yang usianya ratusan tahun.

Kayu Aro sendiri telah dinobatkan sebagai kebuh telah kedua terbesar dengan luas 2.500 hektar yang lokasinya ada di 16000 mdpl. Di sini terdapat teh hitam yang diolah dengan cara tradisional.

Untuk bisa sampai di sini Kamu cukup melakukan perjalanan 7 jam dari Kota Padang.

Dapatkan ulasan menarik tentang Libur Natal dan tulisan Lain dari Wike Sulistiarmi

Tags: , ,

Paket Produk Penawaran

Pajang Paket Perjalanan Anda Disini. Klik Untuk Daftar