7 Makanan Khas Indonesia yang Disajikan Saat Natal Tiba

Natal telah tiba ! Yuk coba makanan khas Natal dari berbagai daerah di Indonesia yang pastinya lezat dan membuat ketagihan.

Ditulis Oleh Ramadhiana Ayu

Pedasnya ayam rica - rica akan membuat malam natal menajdi lebih hangat. Sumber

Ketika Natal kamu mungkin sulit mencari menu lokal apa yang disajikan. Padahal di beberapa daerah, ada menu-menu khusus yang sangat identik dengan perayaan Natal. Berikut ini adalah beberapa makanan khas dari berbagai daerah Indonesia yang kerap disajikan pada saat Natal berlangsung. Tidak ada salahnya juga jika kamu mencoba menghidangkannya pada pesta natal tahun ini.

Baca artikel lainnya mengenai tradisi unik Natal di berbagai penjuru Nusantara dengan klik di sini.

1. Ikan kuah kuning khas Ambon

Ikan kuah kuning dan papeda khas Ambon. Sumber

Di Ambon terdapat masakan khas Natal yang wajib dicoba, yaitu ikan kuah kuning. ikan yang di masak bersama bumbu rempah rempah Indonesia ini biasanya disajikan pedas dan disantap dengan papeda. Ikan yang dimasak biasanya ikan tuna atau ikan muba dengan kunyit dan kapur. Kebayangkan segar dan nikmat dari makanan khas Ambon ini?

2. Kue poporcis khas Ambon

Sarapan di pagi Natal dengan kue poporcis yang nikmat. Sumber

Jika ikan kuah kuning dijadikan untuk santapan di malam Natal, kali ini kita akan membahas menu sarapan yang disajikan di hari Natal. Makanan itu bernama kue poporcis. Sebagian penduduk Ambon akan mengubah menu paginya dengan kue poporcis atau yang kerap disebut juga poffertjes. Kue mirip pancake ini terbuat dari labu kuning dicampur terigu.

3. Ayam rica – rica khas Manado

Pedasnya ayam rica – rica akan membuat malam Natal menajdi lebih hangat. Sumber

Makanan ini adalah masakan khas Natal Manado, Sulawei Utara. Kata Rica sendiri berasal dari bahasa Manado yang artinya pedas atau cabai. Ayam rica-rica biasanya disajikan dengan nasi yang ditaburi bawang goreng dan juga sudah dilengkapi dengan mentium. Makanan yang sudah tersebar ke seluruh Indonesia ini memang  pas untuk hidangan natal. Rasanya yang pedas membuatnya menjadi makanan yang selalu dinanti di meja makan saat natal.

Baca juga artikel lainnya tentang ide kegiatan seru saat akhir pekan di Manado dengan klik di sini. 

4. Klapertart khas Manado

Makanan ini paling ditunggu oleh sanak saudara di hari Natal. Sumber

Setelah makan ayam rica – rica yang lumayan pedas, memakan kue yang legit dirasa menjadi penutup makanan yang sangat menyenangkan. Salah satu hidangan manis khas Natal ada di Manado yaitu klapertart. Dengan berbahan dasar kelapa, tepung terigu, susu, mentega, dan telur, kue ini juga sangat cocok untuk dijadikan teman saat kumpul keluarga di hari Natal nanti. 

5. Ayam budu – budu khas Makassar

Ayam budu – budu makanan Natal khas Makassar. Sumber

Kota Makassar juga mempunyai makanan khas Natal, namanya ayam budu-budu. Hidangan ini dimasak dengan berbagai macam rempah-rempah. Aromanya dijamin membuat kamu semakin lapar. Masakan Natal ini terdiri dari potongan ayam, air jeruk nipis, air asam Jawa, jahe, dan daun bawang. Makanan ini sangat nikmat jika disantap dengan nasi hangat.

Baca juga artikel lainnya mengenai tempat wisata Makasar yang harus kamu kunjungi dengan Klik di sini.

6. Lapet khas Tapanuli

Kue Lapet sebagai lambang Natal karena bentuknya menyerupai pohon Natal. Sumber

Lapet yang berasal dari daerah Tapanuli menjadi makanan khas saat perayaan Natal. Lapet merupakan kue tradisional di daerah tersebut yang sering pula disajikan dalam berbagai perayaan, termasuk saat Natal. Kue yang terbuat dari tepung beras dengan campuran kepala parut dan gula merah ini biasanya dibungkus daun pisang dengan bentuk menyerupai piramida.

7. Bagae khas Nusa Tenggara Timur

Kue kering Natal khas NTT yang sangat cocok diminum dengan kopi hangat. Sumber

Bukan hanya masakan saja, kue pun menjadi santapan yang wajib ada saat Natal. Kue Bagea biasanya berbentuk bulat dengan warna coklat pucak. Bagea terbuat dari Sagu ditambahkan dengan gula halus, biji cintang, tepung sagu, minyak sayur, tepung terigu yang sudah diayak sebelumnya, ditambah dengan kacang cintang halus, bumbu kayu manis, dan bubuk cengkeh. Dengan menggunakan banyak bahan dan rempat-rempat membuat cemilan ini terasa lezat dan pas di padukan dengan teh atau kopi.

Dapatkan ulasan menarik lainnya tentang KULINER, tulisan lain Ramadhiana Ayu

Tag : , ,



Berikan Komentar Dibawah

Airy Rooms
Next Post