Pulau Togean Sulawesi Tengah, Surga Bahari yang Memabukkan Hati

(Flickr/Jasper Arends)

Pulau Togean Sulawesi Tengah layak Kamu sambangi terlebih bagi Kamu pecinta kekayaan alam bahari dan ragam bawah laut Indonesia.

Keistimewaan terumbu karang di Pulau Togean Sulawesi Tengah ini masih sangat subur, sehingga menjadi rumah idaman bagi para ratusa spesies ikan.

Telah diresmikan sejak tahun 2004 sebagai Taman Nasional Kepulauan Togean, surga bahari Indonesia ini memiliki  luas sekitar 3.600 km persegi dan secara administratif masuk dalam Kabupaten Tojo Una-Una.

Terletak di Teluk Tomini dan memiliki sekitar 65 pulau-pulau besar dan kecil, di antaranya adalah Pulau Unauna, Batudaka, Togean, Talatakoh, Waleakodi dan Waleabahi.

Cara menuju Pulau Togean Sulawesi Tengah

Baca Juga: Dua Agenda Wisata Sulteng Masuk Top 100 Wonderful Event Indonesia 2018

Ada beberapa cara yang bisa Kamu lakukan untuk mencapai Pulau Togean Sulawesi Tengah. Pertama via Gorontalo, dan kedua via Palu.

Bila hendak melalui Gorontalo, dari Bandara Jalaluddin, Kamu kemudian bisa menyewa kendaraan untuk menuju Pelabuhan Gorontalo lalu melanjutkan perjalanan dengan kapal feri Tuna Tomini ke Wakai, Togean.

Namun demikian, kapal ini hanya berangkat pada hari Selasa dan Jumat sekitar pukul 18.00 WITA dengan waktu tempuh lebih kurang 12 jam.

Selain itu dari Gorontalo, Kamu juga bisa mencapai Togean (Dolong Waleakodi) via Bumbulan Paguat di Kabupaten Pohuwato selama sekitar 3 jam perjalanan dari Kota Gorontalo.

Lalu Kamu naik kapal Cengkeh Afo yang berangkat setiap hari Senin dan Kamis pukul 08.00 WITA. Waktu tempuhnya lebih singkat, yaitu sekitar 6 jam perjalanan.

Rute selanjutnya untuk menuju Pulau Togean Sulawesi Tengah, dari Bandara Mutiara SIS Aljufri Palu, Kamu harus naik bus atau travel ke Ampana via Poso (375 Km) dengan waktu tempuh sekitar 10 jam perjalanan.

Dari Ampana, Kamu kemudian melanjutkan naik kapal Puspita Sari atau Lumbalumba menuju Wakai, dengan waktu tempuh sekitar 4-5 jam perjalanan. Kedua kapal itu beroperasi setiap hari Senin, Rabu, dan Sabtu sekitar pukul 10.00 WITA.

Selain itu, Kamu juga bisa naik kapal feri Tuna Tomini yang berangkat dari Ampana setiap hari Senin, Kamis, dan Minggu pada jam yang sama dengan kedua kapal sebelumnya.

Rute yang termudah dan termurah sehingga banyak orang yang memilihnya adalah via Gorontalo dengan kapal feri Tuna Tomini.

Kamu tak perlu melakukan perjalanan darat yang sangat jauh. Akan tetapi Kamu harus mengalokasikan waktu yang cukup banyak. Bila waktu liburan Kamu terbatas, Kamu bisa lewat Palu yang memiliki jadwal keberangkatan kapal yang lebih banyak.

Yang bisa Kamu lakukan di Pulau Togean Sulawesi Tengah

pulau togean sulawesi tengah

(Flickr/Jasper Arends)

Baca Juga: Punya Surga Bawah Laut Menawan, Parigi Moutong Sulawesi Tengah Sukses Buat Wisman Takjub

Jangan khawatir akan ngapain di sana, sebab ada banyak hal yang bisa kamu eksplor dan aktivitas yang bisa Kamu lakukan ketika traveling ke Pulau Togean Sulawesi Tengah.

Sebagai surga bahawi dengan berjuta pesona puluhan pulau yang berpantai elok, Kamu akan mendapati sekitar 262 spesies karang, 596 spesies ikan, dan puluhan jenis binatang laut lainnya,

Kamu bisa melakukan aktivitas olahraga air seperti canoing, snorkeling, atau bahkan diving. Sekadar berkeliling di sekitar pulau-pulau kecilnya dengan kapal sewaan juga bisa jadi salah satu kegiatan yang sayang bila Kamu lewatkan.

Kamu bisa menyewa perahu dengan tipe bervariasi. Untuk perahu berkapasitas 8 orang, Kamu bisa menyewanya dengan harga sekitar Rp 550 ribu per hari dengan rute Pulau Kadidiri, Katupat, Malenge, dan Waleakodi.

Namun bila Kamu ingin melihat gunung api di Togean, Kamu bisa memerpanjang rute ke Pulau Una-una dengan tambahan biaya sekitar Rp 200 ribu.

Dapatkan ulasan menarik tentang sulawesi tengah dan tulisan Lain dari Himas Nur

Tags: , , , , ,

Paket Produk Penawaran

Pajang Paket Perjalanan Anda Disini. Klik Untuk Daftar