Sidebar

Festival Palu Nomoni, Pertunjukan Ritual Adat Suku Kaili

Festival Palu Nomoni merupakan sebuah festival tahunan yang diadakan di Kota Palu, Provinsi Sulawesi Tengah sejak tahun 2008.

SHARE :

Ditulis Oleh: Taufiqur Rohman

Festival Palu Nomoni merupakan sebuah festival tahunan yang diadakan di Kota Palu, Provinsi Sulawesi Tengah sejak tahun 2008. Nama ‘Nomoni‘ dalam festival ini diambil dari bahasa Suku Kaili yang bermakna ‘Bergema‘. Pada awalnya Festival Palu Nomoni bernama Festival Teluk Palu yang diisi dengan berbagai pertunjukkan seni tradisional Suku Kaili dan kegiatan olahraga menarik.

Festival Palu Nomoni diselenggarakan oleh Pemerintah Kota Palu dan didukung oleh Pemerintah Provinsi Sulawesi tengah dan Kementerian Pariwisata. Tujuan Festival ini adalah untuk mengangkat kembali kearifan budaya masa lalu yang sudah ratusan tahun terlupakan dengan kemasan atraksi seni pertunjukkan yang menarik dan sarat nilai-nilai luhur.

(festival-indonesia.id)

Festival Palu Nomoni secara khusus didedikasikan untuk Suku Kaili yang tinggal di sebagian besar wilayah Sulawesi Tengah, tepatnya Kabupaten Sigi, Kabupaten Donggala, dan Kota Palu. Festival Palu Nomoni termasuk salah satu festival bertaraf internasional di Indonesia yang tidak hanya diikuti oleh masyarakat lokal saja, namun juga mancanegara.

Beberapa pagelan seni dan budaya tradisional yang ditampilkan dalam Festival Palu Nomoni diantaranya adalah pertunjukan kolosal seruling tradisional lalove dan gendang tradisional gimba di sepanjang Teluk Palu/ Secara khusus masyarakat Suku Kaili juga akan mempertunjukkan ritual adat Balia dan Pampoura yang unik dan menakjubkan. Ritual Pampoura menjadi begitu unik karena akan ada seorang penari yang menginjak-injak bara api yang membara.

Terdapat juga berbagai kegiatan olahraga menarik berskala internasional yang bisa diikuti dalam Festival Palu Nomoni. Beberapa diantaranya adalah lomba marathon internasional, kompetisi renang menyebrangi Teluk Palu, dan lomba balap perahu sandeq.

Ingin mengadakan perjalanan wisata tapi males repot ngurus ini itu? Tak perlu khawatir, Phinemo Marketplace hadir menyelasaikan permasalahan anda. Ratusan paket wisata dalam dan luar negeri dari tour opertaor terpercaya di Indonesia telah terdaftar di halaman Phinemo Marketplace. Tunggu apalagi, cek selengkapnya di >> Paket Wisata Phinemo Marketplace.

SHARE :

Pilihan paket wisata di Phinemo Marketplace


POPULER MINGGU INI



REKOMENDASI

Danau Poso di Sulawesi Tengah, Danau Terbesar Ketiga yang Melegenda

Situs Purbakala Pokekea, Sisa Kejayaan Peradaban Batu di Sulawesi Tengah

Deretan Spot Wisata di Luwuk Banggai untuk Dikunjungi Akhir Tahun Ini

Pulau Togean Sulawesi Tengah, Surga Bahari yang Memabukkan Hati

Kota Wentira: Konon Inilah Titik Paling Angker di Indonesia

Penampakan Citra Satelit Sebelum-Setelah Gempa dan Tsunami di Palu

FALLBACK
The END