Sidebar

Punya Surga Bawah Laut Menawan, Parigi Moutong Sulawesi Tengah Sukses Buat Wisman Takjub

Sejumlah objek wisata bahari di Kabupaten Parigi Moutong Sulawesi Tengah ternyata cukup banyak menarik minat wisatawan mancanegara. Terutama untuk para pencinta olahraga selam dan juga para peneliti biota laut. 

SHARE :

Ditulis Oleh: Rizqi Y

Sejumlah objek wisata bahari di Kabupaten Parigi Moutong Sulawesi Tengah ternyata cukup banyak menarik minat wisatawan mancanegara. Terutama untuk para pencinta olahraga selam dan juga para peneliti biota laut.

Parigi Moutong Sulawesi Tengah memang memiliki terumbu karang yang indah dan juga koleksi biota laut yang kaya. Tak heran jika Parigi Moutong Sulawesi Tengah tak kalah saing dengan wisata bahari lainnya yang ada di Sulawesi, bahkan Indonesia.

Baca juga: Indahnya Jembatan Pulau Papan, Membelah Lautan Sulawesi Tengah

Parigi Moutong Sulawesi Tengah memiliki beberapa titik selam, yang masing-masing memiliki keunikan berbeda. Inilah yang menjadikan banyak wisatawan mancanegara yang tertarik untuk mengeksplore kekayaan bawah laut Teluk Tomini.

Sayangnya, sampai saat ini pemerintah belum bisa menyentuh seluruh lokasi-lokasi potensial untuk penyelaman karena keterbatasan anggaran sehingga perlu dikembangkan secara bertahap.

Keindahan bawah laut Parigi Moutong Sulawesi Tengah. Foto: Vibizmedia.com

Parigi Moutong saat ini hanya bisa menawarkan paket wisata 2-3 hari kepada wisatawan khusus penyelaman. Akses untuk paket wisata ini relatif dekat dengan ibu kota kabupaten tersebut.

Baca juga: Pulau Lembeh, Wisata Bahari Sulawesi Utara yang Sudah Go Internasional

Sebetulnya Parigi Moutong punya banyak potensi wisata, mulai dari wisata bahari, alam hingag kuliner yang belum dimaksimalkan. Industri pariwisata sendiri menjadi salah satu sektor yang cukup berpengaruh dan bisa memberikan peran untuk Pendapatan Asli Daerah (PAD) jika dikelola secara serius.

Apalagi, saat ini Kementerian Pariwisata (Kemenpar) menargetkan 17 juta kunjungan wisatawan mancanegara ke Indonesia, untuk membantu pemerintah pusat maka seluruh daerah harus menyediakan objek wisata unggulan termasuk Parigi Moutong.

SHARE :

Pilihan paket wisata di Phinemo Marketplace


POPULER MINGGU INI



REKOMENDASI

Diskriminasi Pekerja Perempuan dalam Industri Pariwisata Indonesia

The New Normal Segera Diberlakukan, Harus Berdamai dengan Corona?

4 Kriteria Pariwisata Berkelanjutan yang Harus Diterapkan Tour Operator

Pembawa Acara My Trip My Adventure, Daftar Terlengkap dengan Akun Media Sosial

Festival Palu Nomoni, Pertunjukan Ritual Adat Suku Kaili

Kementerian Pariwisata Indonesia Promosikan Jakarta dengan GrabBajay

FALLBACK
The END