Sidebar

Perbedaan LRT dan MRT, Warga Indonesia Udah Paham?

Secara sekilas semua jenis transportasi tersebut memang berbentuk layaknya rangkaian kereta, tak heran jika masih banyak yang masih kesulitan membedakannya.

SHARE :

Ditulis Oleh: Taufiqur Rohman

Beberapa waktu lalu Presiden Joko Widodo telah meresmikan moda transportasi baru berbasis rel di Provinsi DKI Jakarta yakni Mass Rapid Transit (MRT). Hadirnya MRT menambah ragam jenis transportasi berbasis rel di Indonesia, diantaranya Light Rail Transit (LRT), Kereta Rel Listrik (KRL), dan Commuter Line.

Secara sekilas semua jenis transportasi tersebut memang berbentuk layaknya rangkaian kereta, tak heran jika masih banyak yang masih kesulitan membedakannya. Oleh karena itu berikut akan dijelaskan perbedaan antara MRT dan LRT.

LRT di Provinsi DKI Jakarta (Instagram/@syaifanbahtiar_).

1. Rangkaian Kereta

Antara MRT dan LRT dapat dengan mudah dibedakan melalui rangkaian keretanya. Jumlah rangkaian kereta LRT lebih sedikit dibandingkan MRT yakni hanya 2-3 gerbong kereta saja. Sedangkan MRT lebih banyak, dapat mencapai 6 gerbong kereta.

2. Kapasitas Penumpang

Dari sisi kapasitas penumpang, LRT jelas lebih sedikit karena hanya terdiri atas 2-3 gerbong kereta saja. Kapasitas maksimum LRT hanya mencapai 600 orang penumpang. Sedangkan kapasistas MRT jauh lebih banyak yaitu dapat mencapai hingga 2000 orang penumpang.

3. Perlintasan

MRT dan LRT memiliki jalur perlintasannya masing-masing, bahkan keduanya pun berhenti di stasiun yang berbeda.Jalur perlintasan LRT berupa jalur rel layang diatas tanah. Sedangkan MRT memiliki dua jalur perlintasan yakni jalur rel dibawah tanah dan layang di atas tanah.

MRT yang baru saja diresmikan di Provinsi DKI Jakarta (Detik Finance).

4. Target Penumpang

Antara MRT dan LRT memiliki jumlah target penumpang yang berbeda. Pastinya setelah semua jalur MRT telah selesai, target penumpang MRT akan jauh lebih banyak dibandingkan LRT. Namun karena saat MRT baru saja diresmikan dan belum sepenuhnya selesai, MRT hanya menargetkan sebanyak 173 ribu penumpang setiap harinya. Sedangkan LRT menargetkan sebanyak 360 ribu penumpang setiap harinya.

SHARE :

Pilihan paket wisata di Phinemo Marketplace


POPULER MINGGU INI



REKOMENDASI

Tidak Bisa Daftar Akun di KAI Access? Begini Solusinya

Cara Membeli Tiket Kereta Api Go Show Melalui Aplikasi KAI Access

Cara Daftar KAI Access, Langkah Awal yang Harus Dipahami

Cara Menggunakan KAI Access, Aplikasi Pemesanan Tiket Kereta Api

Cara Refund Tiket Pesawat Online dari OTA, Mudah dan Uang Kembali!

Tips Memilih Kursi Pesawat Agar Tidak Tertular Penyakit di Perjalanan

FALLBACK
The END