Bus Buy The Service (BTS) Gantikan Bus Trans, Lebih Nyaman & Gratis!

Agar masyarakat beralih menggunakan angkutan umum, Kemenhub menerapkan program Buy The Service (BTS) yang menyediakan layanan bus secara gratis.

SHARE :

Ditulis Oleh: Taufiqur Rohman

Demi mendorong masyarakat agar beralih menggunakan angkutan umum, Kementerian Perhubungan telah menerapkan program Buy The Service (BTS) yang menyediakan layanan bus secara gratis. Melalui program BTS ini, angkutan umum di Indonesia diharapkan bisa memenuhi kebutuhan dan keinginan masyarakat. Bus BTS ini adalah versi lebih baik bari dari Bus BRT yang dikelola oleh pemerintah daerah.

Melalui program Bus BTS memungkinkan pemerintah melimpahkan sistem transportasi umum daerah kepada swasta. Sebab, sistem pelimpahan Bus BRT pada tahun 2016 lalu ternyata kurang efektif. Biasanya terkendala oleh komitmen pemerintah daerah dan anggaran yang tidak maksimal. Bus BST hadir dengan teknologi digital dan standar pelayanan 6K, yakni keamanan, keterjangkauan, keselamatan, kesetaraan, kenyamanan, dan keteraturan.

Pada tahun 2020, program Bus BST telah berjalan di lima kota di Indonesia, yaitu Solo, Palembang, Medan, Denpasar, dan Yogyakarta. Apabila tertarik mencoba layanan Bus BST, pastikan memahami rute busnya berikut ini.

1. Batik Solo Trans – Solo (4 Koridor)

2. Trans Musi Jaya – Palembang (3 Koridor)

3. Trans Metro Deli – Medan (5 Koridor)

4. Trans Metro Dewata – Denpasar (4 Koridor)

5. Trans Jogja – Yogyakarta (3 Koridor)

Bus BTS pada dasarnya memberikan subsidi kepada angkutan massal Bus. Pemberian subsidi disesuaikan antara biaya ekonomi dengan daya beli dari masyarakat sehingga tarif bus lebih murah, namun tetap mendapatkan pelayanan lebih baik dari Bus BRT sebelumnya. Bus BST di Solo, yakni Bus Batik Solo Trans bahkan digratiskan dari Juli sampai Desember 2020 dalam rangka upaya promosi agar masyarakat beralih ke angkutan umum.

SHARE :



REKOMENDASI

ARTIKEL KEREN PALING BARU