Sidebar

Kota Mulia di Papua, Tempat Terdingin di Indonesia yang Membekukan Manusia

Kota Mulia di Papua, Tempat Terdingin di Indonesia yang Membekukan Manusia

Lokasinya yang berada di kawasan Pegunungan Tengah Papua dengan ketinggian 500-4500 mdpl membuat Kota Mulia menjadi tempat terdingin di Indonesia.

SHARE :

Ditulis Oleh: Taufiqur Rohman

Kota Mulia merupakan wilayah ibukota dari Kabupaten Jaya Wijaya yang berada di Provinsi Papua. Lokasinya yang berada di kawasan Pegunungan Tengah Papua dengan ketinggian 500-4500 mdpl membuat Kota Mulia menjadi tempat terdingin di Indonesia. Suhu rata-rata harian di Kota Mulia berkisar 9oC pada malam hari, bahkan di beberapa musim tertentu dapat mencapai titik beku air.

Cukup aneh karena terdapat satu tempat perkotaan di Indonesia yang memiliki suhu dibawah titik beku, mengingat Indonesia berada di wilayah khatulistiwa yang beriklim tropis dengan suhu udara hangat hingga panas. Suhu dingin di Kota Mulia disebabkan karena lokasinya yang berada di lembah Gunung Jaya Wijaya, di ketinggian 2.448 mdpl.

(hype.grid.id)

Akses Menuju Lokasi Sulit Dijangkau

Lokasi Kota Mulia yang berada di kawasan pegunungan membuat kawasan ini sulit dijangkau. Hanya terdapat dua kendaraan yang dapat digunakan untuk mencapai Kota Mulia, yaitu jalur udara dengan pesawat caravan dari Jayapura dan jalur darat dengan jeep selama 16 jam. Jalanan berbatu serta berbukit menjadi medan yang harus dilewati untuk menuju Kota Mulia.

Meskipun berada di wilayah paling timur Indonesia, Kota mulia bukanlah daerah yang tertinggal apalagi terisolir. Infrastruktur di Kota Mulia terbilang cukup maju dan telah karena telah mendapatkan perhatian khusus dari pemerintah. Ruas jalan di Kota Mulia telah diaspal, fasilitas publik seperti tempat ibadan sekolah juga telah selesai dibangun.

SHARE :


Rekomendasi

Umaid Bhawan Palace, Bekas Istana yang Disewakan untuk Penginapan

Rumah Pohon Suku Korowai, Potret Hidup Harmonis dengan Alam

Museum of Broken Relationship, Tempat Mengenang Kegagalan Cinta

Tradisi Berburu Paus di Lamalera, Antara Budaya atau Kelestarian Alam

Montage Palmetto Bluff, Tempat Justin Bieber dan Hailey Baldwin Menikah

5 Tempat untuk Berenang dan Berfoto Bersama Hiu Paus di Indonesia

FALLBACK
The END