Objek Wisata di Papua, Mutiara Hitam dari Timur Indonesia

Papua merupakan merupakan nama dari salah satu provinsi terluas di Indonesia yang terletak di ujung timur nusantara. Papua dikenal sebagai wilayah yang memiliki keindahan alam yang sangat indah tiada duanya. Mulai dari wilayah daratan hingga pesisir lautnya siap memanjakan mata wisatawan yang memandangnya. Wisatawan juga dapat bercengkerama bersama masyarakat Papua yang masih teguh menjaga budaya dan kearifan lokal leluhur.

Menjelajah alam dan budaya lokal Papua akan menjadi perjalanan wisata yang tak terlupakan. Berikut ini disajikan beberapa objek wisata paling banyak dikunjungi di Papua.

1. Puncak Jaya

(Instagram.@worldlesspoetwandess)

Puncak Jaya atau Piramida Cartensz merupakan titik tertinggi di Indonesia yang terletak di Pegunungan Jaya Wijaya Papua. Dengan ketinggian mencapai 4.884 mdpl membuat Puncak Jaya tertutup oleh salju abadi, satu-satunya salju tropis di Indonesia. Mendaki Puncak Jaya membutuhkan persiapan matang karena Puncak Jaya memiliki medan pendakian yang curam dan dapat membahayakan keselamatan pendaki.

2. Taman Nasional Teluk Cenderawasih

(ulinulin.com)

Taman Nasional Teluk Cenderawasih merupakan wilayah cagar alam dengan luas wilayah mencapai 1.453.500 Ha yang hampir 90% berupa perairan. Taman Nasional Teluk Cenderawasih dihuni oleh berbagai sepsies hewan yang terdiri dari moluska, ikan, reptil, burung, dan mamalia. Terdapat beberapa spot diving dan snorkeling dengan terumbu karang yang sangat indah. Berbagai hewan laut seperti kura-kura, penyu, hiu, dan lumba-lumba dapat disaksikan langsung di kawasan perairan Taman Nasional Teluk Cenderawasih.

3. Taman Nasional Lorentz

(Instagram/@gunungindonesia)

Taman Nasional Lorentz merupakan taman nasional terluas di wilayah Asia Tenggara dengan total luas mencapai 2,4 juta Ha. Taman nasional ini dihuni oleh sekitar 630 spesies burung surga dan 123 spesies mamalia langka. Beberapa hewan yang menjadi ciri khas di Taman Nasional Lorentz diantaranya adalah Burung Cenderawasih, Burung Puyuh Salju, Walabi, Kuskus, dan Kanguru Pohon. Taman nasional ini juga menjadi tempat tinggal bagi empat suku adat Papua yakni Suku Dani Barat, Suku Nduga, Suku Sempan, Suku Amungme, dan Suku Asmat.

4. Raja Ampat

(Instagram/@living_destintions)

Siapa tak kenal dengan kawasan wisata Raja Ampat? Wilayah kabupaten di Provinsi Papu ini memiliki panorama pesisir dengan pulau-pulau karang yang sangat indah. Terdapat beberapa pulau besar di wilayah Raja Ampat yakni Waigeo, Misool, Salawati, dan Batanta. Raja Ampat menjadi rumah bagi 75% spesies hewan laut dunia yang terdiri dari kelompok hewan moluska, ikan, reptil, dan mamalia. Wisatawan dapat berenang, diving, dan snorkeling di wilayah perairan Raja Ampat bersama dengan 1.511 spesis ikan dan penyu laut.

5. Danau Sentani

(Instagram/@galih_utomo)

Danau Sentani merupakan danau terbesar di Pulau Papua, terletak 50 km dari pusat keramaian Kota Jayapura. Danau Sentani dihiasi oleh 21 pulau padang rumput yang tampak indah dan menyejukkan sejauh mata memandang. Wisatawan yang berkunjung ke Danau Sentani dapat berenang, memancing, berkeliling danau dengan perahu, atau menikmati ragam kuliner di berbagai kedai disekitar danau.

6. Danau Paniai

(Instagram/@hobiliburan.id)

Danau Paniai merupakan danau yang disebut-sebut sebagai danau terindah di dunia dalam Konferensi Danau sedunia pada tahun 2007 lalu. Danau Paniai sangat cocok dikunjungi pada sore hari saat matahari mulai terbenam. Dari tepi Danau Paniai akan tampak pemandangan bukit-bukit indah yang mengitari Danau Paniai. Wisatawan yang berkunjung ke Danau Paniai dapat berkeliling dengan sampan atau memancing bersama mama-mama dari suku adat Papua.

Ingin mengadakan perjalanan wisata tapi males repot ngurus ini itu? Tak perlu khawatir, Phinemo Marketplace hadir menyelasaikan permasalahan anda. Ratusan paket wisata dalam dan luar negeri dari tour opertaor terpercaya di Indonesia telah terdaftar di halaman Phinemo Marketplace. Tunggu apalagi, cek selengkapnya di >> Paket Wisata Phinemo Marketplace.

Dapatkan ulasan menarik tentang papua dan tulisan Lain dari Taufiqur Rohman

Tags: ,

Paket Produk Penawaran

Pajang Paket Perjalanan Anda Disini. Klik Untuk Daftar