facebook pixel

7 Komunitas Buat Kamu yang Pengen Jalan-jalan Irit

Mereka udah lama nunggu Kamu buat gabung lho!


Adanya komunitas untuk para pejalan akan membuat hidup Kamu semakin bermakna

Kamu bisa berdiskusi, berbagi pengalaman, melakukan konservasi, atau sharing ilmu dan tips-tips ke sesama pejalan. Nggak cuma mendapat berita traveling ter-up to date, Kamu juga akan memiliki teman baru dan wawasanmu akan semakin luas.

Bahkan, nggak jarang beberapa komunitas ini membagikan promo-promo tiket pesawat murah di dalam dan luar negeri. Seru banget nggak sih? 

Penasaran apa aja sih komunitas keren yang bisa bikin Kamu menghemat budget perjalanan? Nih, beberapa komunitas yang bisa Kamu ikuti sekarang juga! 

1. Informasi seputar traveling di seluruh dunia bersama Grup Backpaker Dunia

komunitas untuk para pejalan

Bagian dari anggota Komunitas Backpacker Dunia. Sumber foto

Komunitas Backapacker Dunia berdiri sejak tahun 2009 dan sekarang sudah punya anggota sejumlah 100ribu lebih.  Di sinilah para pejalan yang sudah merambah banyak negara saling berbagi cerita dan pengalaman. Berguna banget pastinya buat Kamu yang pengen jalan-jalan keliling dunia. 

Ada banyak info mengenai destinasi yang pengen Kamu tuju, tentang akomodasi, atau hal-hal lain yang ada kaitannya dengan perjalanan. Oiya, para anggota komunitas ini pun sering share info tiket pesawat ke luar negeri murah-murah lho! 

2. Kenal lebih dekat dengan alam Indonesia lewat komunitas Backpacker Nusantara

komunitas untuk para pejalan

Serunya jalan bareng Komunits Backpacker Nusantara. Sumber foto

Backpacker Nusantara saat ini sudah punya anggota sekitar 80ribu lebih. Di sini Kamu bisa menggali banyak hal tentang Indonesia, yang nantinya bakal bikin Kamu makin cinta pada negeri ini. 

Bingung akan pergi kemana di Indonesia dengan budget terbatas? Jangan sungkan untuk bertanya. Bagi mereka berbagi informasi adalah hal yang memang wajib dilakukan. Forum ini akan update lokasi-lokasi wisata yang sedang hangat-hangatnya dikunjungi dan bicarakan orang. Lewat forum ini, Kamu bisa mencari teman untuk diajak keliling Indonesia sama-sama. Asyik kan?

3. Ada juga komunitas Backpacker Internasional, tempat di mana Kamu bisa mendapat banyak informasi tentang destinasi luar negeri

komunitas untuk para pejalan

Komuniast Backpacker Internsional yang anggotanya ratusan ribu. Sumber foto

Komunitas Backpacker Internasional ini hampir mirip dengan Backpacker Dunia. Hanya saja dalam komunitas ini hanya boleh membagikan informasi, foto, atau tips tentang perjalanan ala backpacker ke luar negeri. Artinya perjalanan itu bukan dengan bantuan agen travel. Saat ini jumlah anggotanya mencapai sekitar 188ribu.

Serunya gabung sama backpacker internasional tuh, para anggotanya sangat welcome, aktif bangetdan rajin banget up date promo tiket pesawat murah tujuan luar negeri. Selain itu, mereka dengan senang hati menjawab pertanyaanmu tentang destinasi luar negeri. 

4. CouchSurfing Indonesia, tempat di mana Kamu bisa menemukan keluarga baru dalam perjalanan

komunitas untuk para pejalan

Lewat komunitas ini Kamu bisa dapat banyak saudara baru. Sumber foto

CouchSurfing sendiri merupakan komunitas untuk mempertemukan traveler-traveler dunia. Pihak pertama adalah sebagai tuan rumah yang bersedia akan menampung pihak kedua yang disebut sebagai tamu. Dengan cara menumpang pada pihak pertama, pastinya budget perjalanan Kamu akan lebih hemat. 

Selain bisa menambah kenalan dan saudara baru, Kamu juga bisa dapet temen buat jalan. Anggota CouchSurfing punya rasa setia kawan yang tinggi. Makanya walaupun masih asing, mereka tetap mengijinkan para pejalan untuk menginap di tempat mereka. Berminat buat gabung di komunitas ini?

5. Pejalan yang hobi banget liburan pake bis, bisa banget nih gabung ke BisMania Community

BisMania Community

Turing & Kopdar BMC. Foto oleh BisMania Community

BisMania Community bukan komunitas yang hanya menjadi wadah bagi para pencinta bus Indonesia untuk membicarakan bus dan teknologi yang digunakan. Tapi, di sini para anggota bisa bertukar informasi tentang lalu-lalang bus yang ada di seluruh Indonesia.

Jadi, selain bisa sharing informasi dan teman baru, Kamu juga bakalan punya teman yang bisa jadi guide saat Kamu punya keinginan untuk backpacking ke banyak daerah Indonesia menggunakan bus. Bahkan anggota komunitas ini ada juga yang di luar negeri, seru kan? 

 

 

6. Liburan murah nggak hanya dengan cara backpacking doang, Komunitas Liburan Murah punya solusi lainnya

komunitas untuk para pejalan

Liburan jadi makin murah! Sumber foto

Komunitas Liburan Murah didirikan tahun 2009. Prinsip komunitas ini adalah gimana caranya buat jalan-jalan sehemat mungkin. Backpacking bagi komunitas ini hanyalah salah satu metode untuk berlibur dengan biaya minim. Alternatif lain yang ditawarkan Komunitas Liburan Murah adalah bertraveling bersama rombongan alias tur supaya bisa menghemat anggaran transportasi dan akomodasi.

Asyik banget nih kayaknya, jadi bisa sering jalan-jalan dengan budget tipis deh! Hehe..

 

7. Berwisata sambil belajar sejarah Indonesia, kayaknya seru juga ya gais?

komunitas untuk para pejalan

Wisata sambilbelajar sejarah. Sumber foto

Nama komunitas ini aalah Komunitas Historia Indonesia. Sesuai namanya komunitas ini mengajak para anggotanya menapak tilas sejarah Indonesia yang lama terlupakan. Nggak cuma mendatangi tempat-tempat bersejarah di Jakarta, komunitashistoria.com juga rutin menyambangi situs-situs bersejarah yang tersebar di Nusantara.

Salah satu program menariknya adalah Historical Island Adventure, ekspedisi ke pulau-pulau bersejarah di kawasan Kepulauan Seribu. Dan pastinya ada banyak lagi progran tour dari komunitas ini. Gimana? Daripada ikut tour perjalanan, mending ikutan program tour komunitas historia, hemat!

Baca juga:

banner experience