Sidebar

Cara Merawat Kamera yang Benar Agar Tidak Mengalami Kerusakan Dini

Agar kamera berumur panjang dan terhindar dari kerusakan dini ada baiknya kamu mengikui beberapa tips cara merawat kamera berikut ini.

SHARE :

Ditulis Oleh: Taufiqur Rohman

Bagi mereka yang menggemari fotografi, kamera adalah aset paling berharga karena harganya yang relatif mahal. Tak hanya itu, kamera juga sangat rentan akan kerusakan dan perlu perawatan rutin agar tetap dapat beroperasi dengan maksimal. Sedikit kesalahan dalam perawatan kamera dapat mengalami kerusakan dini.

Agar kamera berumur panjang dan
terhindar dari kerusakan dini ada baiknya kamu mengikui beberapa tips merawat
kamera berikut ini.

1. Jauhkan dari air

Meskipun beberapa kamera mengklaim dirinya waterproof atau weather sealed, sebisa mungkin jauhkan kamera dari air. Setiap tetes air yang masuk ke dalam perangkat kamera akan merusak komponen kamera. Tak hanya itu, kondisi lembab dalam perangkat kamera juga dapat membuat lensa menjadi jamuran dan berembun. Ketika membersihakan kamera sebaiknya hindari penggunaan air, pilihlah cleaning kit atau rangkaian alat pembersih lainnya agar amera tidak jamuran dan berdebu.

Dapatkan produk ini di Lazada dengan harga spesial Rp 39.000.

2. Bersihkan secara berkala

Jaga kebersihan kamera meskipun tidak sedang akan digunakan. Gunakan celaning kit sebagai pengganti air dengan cara disemprotkan terlebih dahulu ke lap microfiber, kemudian usapkan ke seluruh bagian lensa. Selalu pasang lens cap untuk melindungi lensa kamera dari debu, sidik jari, dan segala macam benturan.

Dapatkan produk ini di Lazada dengan harga Rp 5.800.

3. Letakkan kamera dalam tas khusus

Tas khusus kamera dilengkapi dengan bantalan empuk di dalamnya untuk menghindari berbagai jenis benturan. Di dalamnya tersedia ruang khusus untuk meyimpan lensa, charger, filter, dan perlengkapan pendukung fotografi lainnya. Tas khusus ini akan melindungi kamera dari kerusakan. Hindari meletakkan kamera dalam tas biasa atau ransel karena akan membuat kamera rentan kerusakan.

Dapatkan produk ini di Lazada dengan harga Rp 430.000.

4. Gunakan pelindung layar pada LCD

Layaknya ponsel, bagian LCD pada kamera juga perlu dipasang screen guard untuk melindungi dari goresan dan sidik jari. Banyak yang menyepelekan pemasangan pelindung layar pada kamera, padahal ini adalah satu-satunya cara agar menjaga layar LCD kamera tetap mulus dan bersih.

Dapatkan produk ini di Lazada dengan harga Rp 49.000.

5. Pasang UV Filter dan Lens Hood

UV Filter berguna untuk mlindungi lensa kamera dari pengaruh buruk sinar matahari yang mengandung ultraviolet. Sedangkan Lens Hood untuk mencegah cahaya berlebih masuk ke sensor kamera. Cahaya berlebih yang masuk ke kamera dapat mengurangi kepekaan sensor kamera. Oleh karenya, sebelum hunting foto saat siang hari jangan pernah lupa untuk memasang UV Fulter dan Lens Hood.

Dapatkan produk ini di Lazada dengan harga Rp 73.000 untuk satu set.

6. Perawatan baterai kamera

Umumnya baterai lithium-ion yang digunakan pada kamera berusia sekitar 500 kali pengisian daya. Sehingga setelah 500 kali proses charging maka akan mengalami penurunan daya. Saat itu tiba, sebaiknya ganti baterai tersebut sebelum menimbulkan masalah lebih besar. Jangan simpan baterai di ruangan bersuhu lebih dari 43oC. Jika tidak akan digunakan dalam jangka waktu lama, isi daya baterai hingga penuh terlebih dahulu.

Dapatkan produk ini di Lazada dengan harga spesial Rp 289.000.

7. Gunakan Shoulder Strap

Shouler strap berfungsi untuk menggantung kamera di leher saat sedang mengambil foto. Karena kita tidak akan pernah tahu apa yang terjadi, ada baiknya tetap berjaga-jaga dengan memasang shoulder strap agar kamera tidak jatuh dan terlepas dari genggaman. Harganya relatif murah dan dapat melindungi kamera secara optimal.

Dapatkan produk ini di Lazada dengan harga spesial Rp 43.000.

SHARE :

Pilihan paket wisata di Phinemo Marketplace


POPULER MINGGU INI



REKOMENDASI

Cara Membersihkan Smartphone dan Kamera dari Virus Corona

Kamera Smartphone Semakin Canggih, Kamera Digital Terancam?

5 Tips Cara Merawat Drone Agar Tetap Kinclong dan Tahan Lama

Cara Memotret Sunrise dan Sunset dengan Smartphone

7 Rekomendasi Merk Drone Murah dengan Spesifikasi Terbaik

Insta 360 One R, Action Cam Terbaik Calon Pengganti GoPro

FALLBACK
The END