9 Rumah Singgah Gratis untuk Backpacker di Seluruh Indonesia

Lumayan banget nih buat ngirit!

Rizqi Y • May 4, 2017

Jalan-jalan dengan gaya backpacking udah bukan jadi hal yang baru lagi di kalangan traveler. Cara ini sering dipilih karena bisa menghemat dalam segi keuangan. Para backpacker juga nggak jarang meminimkan budget menginap yang biasanya memakan biaya paling banyak. Atau bahkan ada juga yang rela tidur di alam terbuka biar lebih hemat lagi. 

Nah, buat Kamu yang suka traveling dengan cara backpacking kayaknya harus berbahagia. Karena sekarang ini di beberapa kota Indonesia ternyata udah ada rumah singgah gratis. Kamu nggak perlu bayar sepeserpun. 

Ini dia gais rumah singgah gratis yang bisa Kamu kunjungi saat jalan-jalan.

1. Rumah Singgah Lombok Backpacker, rumah singgah sederhana tapi penuh cinta

rumah sainggah gratis di indoneisa

Foto bareng Mamak dan Bapak pemilik rumah singgah Lombok. Sumber foto

Kenapa rumah singgah ini dibilang sederhana dan penuh cinta? Ya, karena memang kondisi rumah yang sangat sederhana tapi dijaga oleh Mamak dan Bapak yang sangat baik hati dan perhatian. Kamu yang akan jalan-jalan ke Lombok boleh singgah di rumah ini tanpa harus bayar sepeserpun. Tapi tetap harus perhatikan aturan yang ada ya gais. 

Rumah singgah ini ada di Jalan Bangil V BTN Taman Baru Nomor 6, Pagesangan Timur, Kecamatan Mataram, Kota Mataram, Nusa Tenggara Barat. Kamu juga bisa menghubungi Duta (pengelola) di nomor ini 082138514446.

2. Rumah singgah “Ola Ngari” Flores yang akan membuatmu lebih dekat dengan warga lokalnya

rumahs inggah gratis id indonesia

Sederhana, tapi Kamu bisa membaur dengan warga lokal di rumah singgah ini. Sumber foto

Rumah singgah yang ada di Kampung Nuapaji, Desa Jopu, Kecamatan Wolowaru, Kabupaten Ende – Flores Tengah ini adalah rumah milik Mama Fransiska. Kalau Kamu bertanya pada warga sekitar kampung ini, pasti sudah banyak yang tahu. Atau Kamu bisa menghubungi Mama Fransiska di nomor ini 081236087972.

Di sini Kamu bisa menginap gratis dan juga bisa mengenal lebih dekat warga lokalnya. Kamu juga bisa melihat aktivitas para wanita desa ini yang setiap harinya membuat Kain Tenun Ikat Khas Ende Lio, atau melihat secara langsung kehidupan masyarakat, adat dan budaya di kampung terpencil ini.

Oh ya, warga sekitar juga menyewakan kendaraan untuk Kamu jalan-jalan berkeliling dengan harga keluarga, yang artinya jauh lebih hemat dan murah.

3. Rumah singgah backpacker “Kompas Masohi” yang juga jadi tempat transit pendaki

rumah sainggah gratis di indonesia

Rumah singgah ini sekaligus menjadi base camp pendakian. Sumber foto

Rumah singgah semi permanen ini nggak cuma memberikan tumpangan untuk para backpacker aja gais, tapi juga untuk transit para pendaki Gunung Binaya. Jadi kalau Kamu mau menjajal naik gunung ini atau cuma pengen main-main ke Pulau Seram Maluku, boleh kok singgah dan tidur gratis di sini.

Kamu bisa langsung datang ke Jalan Chamar, Kelurahan Namaelo, Pulau Seram Maluku. Atau kalau Kamu masih bingung, Kamu bisa menghubungi Ibrahim ketua dari Kompas Masohi ini di nomor 082238146623 dan 082199204042. 

4. Rumah singgah backpacker Banyuwangi, rumah silaturahmi untuk Kamu para pejalan

rumah singgah gratis di indoensia

Meski sederhana, rumah singgah sangat bermanfaat. Sumber foto

Pengelola rumah singgah ini adalah Rahmat, yang ingin rumah singgah ini dijadikan sebagai ajang silaturahmi. Jadi para pejalan dari manapun boleh mnginap gratis di sini, saling berbagi cerita tanpa harus ada unsur bisnis. 

Nah, kalau Kamu orang yang sering jalan sendiri, Kamu bisa ketemu partner jalan di sini. Karena mayoritas orang yang singgah di rumah ini akan melakukan tour Banyuwangi dengan sistem sharing cost yang tentu bikin Kamu lebih hemat. 

Kamu bisa datang ke rumah singgah yang ada di depan Stasiun Karangasem, Bakungan, Glagah Banyuwangi. Atau hubungi dulu Rahmat di nomor ini 081913914231.

5. Di rumah singgah ini, Kamu cukup bayar dengan buku anak-anak  layak baca 

Rumah singgah ini dikelola oleh Suratni Sugiarti. Kamu yang sedang backpacking di Bali boleh menginap di rumah ini secara gratis. Uniknya, meski bisa menginap gratis tapi Kamu harus membawa buku anak-anak yang layak baca atau naju bekas yang layak disumbangkan.

Nah, selain bisa backpacker-an lebih hemat, Kamu juga ternyata bisa sambil beramal di sini gais. Seru kan? Rumah ini terletak di Satria Laundry Jl. Wayan Gentuh No. 10 Br.Kwanji, Kec. Kuta Utara, Kab.Badung, Bali. Atau Kamu bisa menghubungi pengelola di nomor ini 082339816521.

6. Rumah singgah backpacker Bali, yang bisa Kamu akses gratis tapi dengan syarat nggak datang mendadak

rumah singgah gratis si indonesia

Suasana ramai di rumah singgah Bali. Sumber foto

Ingin jalan-jalan ke sekitaran pusat kota Bali, tapi bingung mau menginap di mana? Ke rumah singgah backpacker Bali aja gais! Rumah singgah ini gratis, tapi dengan syarat Kamu nggak boleh datang mendadak. Jadi harus kasih kabar dulu sebelumnya kalau Kamu mau datang dan menginap di sini.

Kamu bisa menghubungi pengelola lewat sosial media Line di @MDO4283X dengan di Line : dodikrestu. Oh ya, rumah singgah ini ada di Jalan Pulau Batanta Nomor 53, dekat dengan pusat Kota Denpasar.

7. Berbagi dengan anak-anak di Malang, coba deh mampir ke Omah Backpacker ini

rumah singgah gratis di indonesia

Di sini Kamu bisa menginap gratis sekaligus berbagi. Sumber foto

Omah backpacker ini dibuat untuk bantu anak-anak Malang khususnya Desa Ngijo supaya bisa dapat buku bacaan yang layak. Lalu Ajeng membuat rumah singgah ini agar bisa ditempati gratis oleh backpacker. Tapi dengan syarat Kamu harus bayar dengan buku bekas atau baru yang layak baca untuk anak-anak.

Kamu juga bisa berbagi cerita dengan anak-anak Desa Ngijo gais, tentang perjalanan Kamu. Jadi Ajeng pengen supaya anak-anak desa ini bisa punya pandangan luas tentang dunia luar. Wah, kalau ke Malang Kamu harus banget nginep di sini. Alamatnya di Jalan Raya Ngepeh Nomor 17 Ngijo Karangploso Malang. Bisa juga menghubungi Ajeng terlebih dahulu di nomor 081233629624.

8. Rumah singgah Jogja, cukup bayar dengan senyuman manis Kamu

rumahsinggah gratis diindonesia

Pengunjung yang sedang mampir ke Rumah Singgah Jogja. Sumber foto

Jogja adalah salah satu kota yang asyik dan aman untuk para backpacker. Kalau Kamu sedang di Jogja dan kebetulan kehabisan uang untuk sewa hotel, cobalah mampir ke rumah singgah Jogja. Rumah ini ada di Jl. Pleret Balong Banguntapan Bantul Jl. Bantul Km 7,5 Diro Sewon Bantul. 

Sebelum ke sana coba hubungi reza di nomor 0895-3283-22596 atau Galant dengan nomor hp 0858-6866-8688. Kamu nggak perlu bayar sepeser pun, tapi sesisir senyuman manis dari Kamu akan sangat membuat pengelola bahagia. Jangan lupa juga ya gais, setiap kali mampir ke rumah singgah harus tetap patuh aturan dan menjaga etika. 

9. Kontrakan Mas Bayu ini juga boleh dipakai gratis oleh para backpacker yang sedang di Bali

Kamuyang sedang backpacker di Bali mungkin bisa singgah di kontrakan Mas Bayu ini. Alamatnya ada di Perum Kori Nuansa Ungasan Blok Nuansa Angkasa III/2, Ungasan, Pecatu, Kuta Selatan, Badung Bali. Atau sebelum datang ke sana Kamu bisa menghubungi si empunya di nomor ini 08786098549.

Meski cuma menyediakan 2 kamar aja, tapi lumayan juga karena bisa ditempati gratis paling nggak 5 orang. Atau kalau rombongan backpackermu lebih dari 5, sisanya boleh kok tidur di ruang tamu beralaskan tikar. 

***

Ada banyak manfaat dari rumah singgah semacam ini. Selain bisa membuat budget para backpacker lebih ringan, rumah singgah juga bisa menjadi tempat untuk saling berbagi. Kamu juga bisa bertemu dengan pejalan dari berbagai kota lain di Indonesia. Ya, hitung-hitung Kamu bisa cari teman baru. Siapa tahu suatu hari nanti bisa trip barengan. Atau siapa tahu malah ketemu jodoh. Hehe.. Yang jelas tetap jaga etika ya gais kalau Kamu mau nginep di rumah singgah ini. 

Baca juga: