Sidebar

Cara Memotret Sunrise dan Sunset dengan Smartphone

Agar dihasilkan potret sunrise atau sunset yang sempurna perlu memahami beberapa dasar teknik fotografi . Berikut adalah tips dan caranya.

SHARE :

Ditulis Oleh: Taufiqur Rohman

Waktu terbit (sunrise) dan terbenamnya matahari (sunset) menjadi momen berharga yang banyak diburu oleh wisatawan. Warna jingga di langit saat sunrise atau sunset disebut-sebut menjadi fenomena alam yang terindah dan dapat memberikan ketenangan batin bagi sebagian orang. Tak heran banyak yang berlomba-lomba untuk mengabadikannya dalam berbagai bentuk karya fotografi.

Agar dapat dihasilkan potret sunrise atau sunset yang sempurna perlu untuk memahami beberapa dasar teknik fotografi yang harus dipahami. Berikut disajikan beberapa tips dan cara memotret sunrise dan sunset dengan hanya mengunakan kamera smartphone.

1. Persiapan harus matang

Momen sunrise dan sunset berlangsung sangat singkat, hanya sekitar 30 menit saja. Oleh karena itu, ada baiknya untuk datang lebih awal agar tidak kehilangan momen. Persiapkan berbagai perlengkapan pendukung fotografi lainnya seperti tripod. Selanjutnya sembari menunggu langit berubah menjadi jingga, carilah garis dimana matahari terbit atau terbenam sebagai patokan sudut terbaik untuk membidik gambar.

Dapatkan produk ini di Bukalapak dengan harga spesial menjadi Rp. 19.700.

2. Pengaturan kamera smartphone

Terdapat berbagai pengaturan kamera dalam smartphone. Maksimalkan pengaturan tersebut agar hasil potret sunrise atau sunsetnya semakin sempurna. Berikut tips pengaturan kamera smarphone dari pakar fotografi.

3. Gunakan headphones

Banyak yang tidak tahu jika tombol volume pada smartphone juga dapat digunakan untuk memotret, tak terkecuali tombol volume pada earbuds. Trik ini dapat digunakan saat memegang kamera tinggi di atas kepala untuk mengurangi shaking saat memotret, sehingga gambar yang dihasilkan pun tidak blur.

Dapatkan produk headphone gaming di Bukalapak dengan harga sepsial menjadi Rp. 119.000.

4. Ambil banyak foto

Ambil gambar sunrise dan sunset sebanyak mungkin dengan berbagai angle maupun posisi, landscape atau potrait. Hal ini bertujuan agar diperoleh gambar dengan derajat kemringan yang berbeda, sehingga nantinya dapat dipilih mana yang terbaik.

5. Pilih smartphone yang tepat

Hampir semua smarthone memiliki kualitas kamera yang mumpuni, namun demikian tidak semuanya cocok untuk memotret sunrise maupun sunset. Pilih smartphone dengan kamera terbaik seperti direkomendasikan oleh DxOMark pada akhir tahun 2019 lalu. Beberapa diantaranya adalah Huawei Mate 30 Pro, Xiaomi Mi CC9 Pro Premium Edition, iPhone 11 Pro Max, Samsung Galaxy Note 10+ 5G, dan Samsung Galaxy Note 10+.

Dapatkan produk Huawei Mate 30 Pro di Shopee dengan harga spesial menjadi Rp. 12.499.000 gratis ongkos kirim.

SHARE :

Pilihan paket wisata di Phinemo Marketplace


POPULER MINGGU INI



REKOMENDASI

Kamera Smartphone Semakin Canggih, Kamera Digital Terancam?

5 Tips Cara Merawat Drone Agar Tetap Kinclong dan Tahan Lama

7 Rekomendasi Merk Drone Murah dengan Spesifikasi Terbaik

Cara Merawat Kamera yang Benar Agar Tidak Mengalami Kerusakan Dini

7 Smartphone dengan Kamera Terbaik, Cocok untuk Kegiatan Traveling

5 Kamera Kekininian yang Cocok untuk Traveling Keliling Dunia

FALLBACK
The END