Ide Mahar Nikahan Buat Pasangan yang Sama-sama Hobi Bertualang

Mahar nikahan nggak harus mahal, yang penting maknanya. Betul?

Ditulis Oleh Rizqi Y

Menikah itu bukan tentang besarnya mahar, tapi makna dibalik mahar itu sendiri. 

Mahar atau mas kawin biasanya merupakan sesuatu hal yang unik. Mahar juga jadi syarat sah suatu pernikahan, makanya harus dibuat secantik mungkin. Karena bakal jadi kenangan seumur hidupmu.

Buat para petualang yang punya hobi jalan-jalan, Kamu bisa kok kasih mahar atau mas kawin yang beda dari yang lain. Kayak misalnya kreasi mahar uang yang nggak cuma pake rupiah, tapi uang dari berbagai negara. Meski sama-sama uang, tapi mahar kayak gini bakal punya kesan yang beda. Ide lain yang bisa Kamu tiru misalnya,

#1 Mahar tas carier, bisa jadi teman buat jalan-jalan bareng setelah sah jadi suami istri nanti

Buat Kamu pasangan yang suka jalan-jalan dan bertualang, mahar tas carrier rasanya bisa jadi ide bagus. Karena selain harganya yang nggak begitu mahal, tas carier juga bakal lebih bermanfaat buat dipakai jalan-jalan bareng nantinya.

Kayak pasangan yang nikah dengan mas kawin tas gunung ini contohnya. Meski simpel tapi mahar ini pasti bakal lebih dikenang sama pasangan yang sama-sama suka bertualang.

ide mahar buat petualang

Pasangan ini maharnya tas gunung lho. Sumber foto

#2 Kalau nggak cukup dengan tas carier, Kamu juga bisa tambahin beberapa barang lain kayak jaket dan sepatu misalnya

ide mahar buat petualang

Bisa juga nih ditambah sepatu dan jaket. Sumber foto

Kalau dirasa tas carier masih kurang, Kamu bisa juga kok kasih mahar beberapa barang lain kayak jaket, sepatu atau peralatan lain yang bisa bermanfaat buat acara jalan-jalan kalian setelah nikah nanti.

Ada yang bilang kalau mahar itu lebih berkah kalau bermanfaat buat si pihak cewek. Jadi kalau Kamu dan doi emang suka jalan-jalan bareng, mahar barang kayak gini pasti lebih bermanfaat deh.

#3 Mahar anyaman uang yang bentuknya peta Indonesia, dengan harapan Kamu bisa keliling Indonesia bareng sama pasangan halalmu nanti

ide mahar buat petualang

Uang dengan bentuk peta Indonesia. Sumber foto

Mahar yang paling sering diberikan pihak cowok adalah uang. Tapi biar mahar uang jadi lebih bermakna, Kamu bisa membuatnya jadi sebuah anyaman dengan bentuk peta Indonesia atau dunia.

Harapannya sih dengan begitu, Kamu dan pasanganmu nanti bisa keliling Indonesia bahkan dunia berdua. Berbagi kisah hidup bersama dalam sebuah perjalanan yang diridhoi pastinya. Karena perginya sama pasangan yang udah halal. #jadipengen

#4 Kumpulan uang dari berbagai negara juga bisa jadi ide mahar yang anti mainstream

ide mahar buat petualang

Pake uang dunia, biar bisa keliling dunia juga. Sumber foto

Kalau biasanya banyak orang yang kasih mahar dengan pecahan uang rupiah model lawas, mungkin Kamu bisa coba kasih mahar berupa uang dari berbagai negara. Kayak misalnya uang dollar, euro, riyal, yen, yuan, dan banyak lagi lainnya. 

Siapa tahu dari mahar ini, Kamu dan pasangan halalmu malah bisa keliling dunia beneran. Kan asyik banget tuh!

#5 Seperangkat tiket dan akomodasi perjalanan, biar habis nikah bisa langsung jalan-jalan bareng

ide mahar buat petualang

Mahar tiket perjalanan, berani coba? Sumber foto

Siapa sih yang nggak mau dapet mahar kayak gini. Seperangkat tiket perjalanan yang udah lengkap sama akomodasinya. Kamu bisa kok kasih mahar kayak gini, malah kalau bisa kasihnya tiket perjalanan ke tempat yang emang udah diimpikan calonmu dari dulu.

Dijamin deh calonmu bakal bahagia lahir batin!

#6 Rangkaian uang yang dibuat 3D dengan bentuk pesawat, doanya sih semoga setelah nikah bisa sering jalan-jalan bareng ke tempat yang belum pernah didatengin

ide mahar buat petualang

Rangkaian uang dengan bentuk pesawat ini keren juga. Sumber foto

Uang bisa banget dikreasikan dengan berbagai bentuk, jadi kenapa nggak coba kasih mahar dengan rangkaian 3D dengan bentuk pesawat aja? Pesawat kan menggambarkan alat transportasi yang sering dipake buat pergi jauh tuh. 

Doa dalam mahar itu tentu aja semoga Kamu dan doi bisa sering jalan-jalan bareng. Menjelajah tempat-tempat baru yang belum pernah kalian datengin berdua sebelumnya. 

#7 Mahar kamera, biar setiap momen jalan-jalan bareng pasangan selalu bisa diabadikan dengan apik

ide mahar buat petualang

Mahar kamera oke juga nih. Sumber foto

Kalau calon Kamu termasuk orang yang suka banget jalan-jalan dan suka motret, kamera bisa jadi pilihan mahar yang pas. Selain bisa mendukung hobi motretmu, kamera juga bisa dimanfaatin buat mengabadikan setiap momen perjalananmu dan pasangan.

Jadi nggak bakalan ada momen yang terlewat kan kalau uda punya kamera sendiri?

#8 Seperangkat alat camping, bisa jadi ide menarik buat mahar Kamu

ide mahar buat petualang

Seperangkat alat camping. Sumber foto

Kamu dan doi punya hobi camping? Kenapa nggak Kamu kasih mahar seperangkat alat camping aja. Biar nanti kalau udah nikah bisa sering camping berdua. Misal nggak bisa camping di gunung pun, Kamu bisa camping di sekitar rumah.

Kan kalau udah punya peralatan sendiri jadi makin gampang mau camping di mana aja dan kapan aja. betul?

#9 Seperangkat alat diving buat Kamu yang cinta sama keindahan bawah laut

ide mahar buat petualang

Buat Kamu yang suka menjelajah alam bawah laut. Sumber foto

Kalau Kamu berpikir cuma bisa kasih mahar berupa uang, sebetulnya itu kurang tepat. Kamu bisa kokkasih barang atau benda yang emang menurutmu bisa bikin calonmu bahagia.Misalnya nih, doi hobi banget diving dan cinta banget sama dunia bawah laut.

Kamu bisa banget kasih doi mahar berupa seperangkat alat diving. Selain bisa mendukung hobi dan kecintaan dia, kasih barang yang emang doi suka bakal lebih berkah dan bermanfaat.

***

Gimana, ada ide menarik yang bisa Kamu tiru nggak nih? Yang perlu diingat, mahar juga harus menyesuaikan dengan kemampuan ya gais. Jangan terlalu memusingkan mahar tapi malah lupa sama tujuan nikah. 

Apapun maharnya, yang penting halal dan habis itu bisa jalan bareng tanpa was-was lagi. Setuju?

Baca juga:

Dapatkan ulasan menarik lainnya tentang GUNUNG, tulisan lain Rizqi Y

Gabung dengan Phinemo Community, kumpulkan poin dengan membagikan pengalaman jalan-jalan kamu dan tukarkan dengan reward dari Phinemo Partner. Gabung Sekarang ->
Next Post