9 Ide Kado Unik DIY Untuk Partner Travelingmu

Percayalah kalau kado DIY itu lebih berkesan!

Rizqi Y • April 28, 2017

Kasih kado ke sahabat, gebetan atau pacar Kamu yang punya hobi traveling emang gampang-gampang susah. Tapi kalau Kamu bisa kasih dia sesuatu barang yang meski nggak mahal tapi hasil kreasi Kamu sendiri pasti bakal lebih berkesan.

Nah gais, daftar barang ini ternyata bisa Kamu buat sendiri di rumah. Bahan yang diperlukan juga nggak banyak apalagi mahal. Dijamin deh, kado Kamu pasti bakal lebih bermakna dibanding kado yang dibeli jadi dari toko.

1. Totte bag yang bisa Kamu buat dengan simpel dan cepat, meski Kamu nggak jago jahit

kado diy

Cara membuat totte bag. Sumber foto

Totte bag ini seringnya dipake buat bawa barang ketika jalan berkeliling. Nah, Kamu bisa kado ini karena cara bikinnya yang gampang. Gini nih caranya:

  1. Kamu siapin bahannya dulu : kain (kain blancu dan perca), tali tas panjangnya sekitar 60 cm, gunting, penggaris, jarum jahit, dan benang jahit.
  2. Buat polanya: potong masing-masing kain jadi 2 buah potongan. 2 kain blancu dipotong dengan ukuran sekitar 25cm x 32cm, dan 2 kain perca ukuran 18cm x 32cm. Lalu jahit kain blancu dan perca untukmenyatukan keduanya. (Gambar nomor 2)
  3. Baliklah kain supaya kain perca ada di bagian dalam, lalu jahit dengan bentuk U (gambar nomor 3). Biar lebih rapi nih, lipat ke dalam bagian atas beberapa cm lalu jahit. 
  4. Jahit ujung bawah tas supaya garis jahitan bawah dan samping bisa menyatu dan bisa membentuk segitiga. 
  5. Jahit tali pegangan, dan pastikan ukuran tali kanan dan kiri sama ya gais. 

 2. Kasih kumpulan quote traveling, supaya dia tetep semangat waktu jalan-jalan

kado diy

Kado kumpulan quote traveling unik juga lho. Sumber foto

Jarang banget ada orang yang mau kasih kdo ini. Padahal ini lucu, unik dan pasti bakal jadi sesuatu yang berguna buat temen Kamu yang suka jalan-jalan. Cara bikin kumpulan quote ini juga gampang.

  1. Siapkan bahan : ring 2 buah, kertas hvs warna dan kartu remi (bisa bekas atau beli baru di toko)
  2. Lubangi masing-masing kartu, pastikan ukuran dan posisi lubang sama ya. 
  3. Tulis quote terbaik pilihan Kamu di bagian kartu yang ada motifnya, sebelumnya tempeli dulu pake potongan kertas hvs warna kayakdi gambar ya gais. 
  4. Pasang ring di sisi kartu, dan kado Kamu pun udah jadi deh!

3. Buat temenmu yang sering pergi jauh, kasih bantal leher buatan sendirijuga unik tuh

kado diy

Gini nih cara bikin bantal leher yang cantik. Sumber foto

Sebelumnya Phinemo udah pernah bikin tutorial lengkap bikin bantal leher nih. Bahan yang kamu butuhkan di antaranya : kertas pola, gunting, kain (boleh kain flanel, velboa, atau kain katun yang bertekstur halus), cutter, jarum, benang, dan dakron.

Cara singkatnya untuk bikin bantal leher kayak gini (urutan sesuai dengan yang ada di gambar ya):

  1. Kamu harus bikin polanya dulu, dan pastikan ukurannya presisi.
  2. Gunting pola yang udah Kamu buat, lalu satukan pola tersebut. Setelah itu baru digunting
  3. Gambar nomor 3 adalah hasil pola yang sudah digunting.
  4. Pasang jarum pentul di beberapa sisi supaya pola tidak bergeser waktu Kamu menjahitnya.
  5. Biar lebih rapi, Kamu bisa tandai kain yang akan dijahit dengan pulpen atau spidol. 
  6. Jahit pola, lalu gunting sisa kain yang tidak terpakai.
  7. Selesai menjahit, balik kain agar bagian yang bagus ada di luar. Baru setelah itu Kamu bisa mulai mengisinya dengan dakron.
  8. Jika sudah penuh, jahit sisi bantal yang masih berlubang. Jadi deh bantal leher Kamu!

Untuk cara lebih detailnya, Kamu bisa cek tutorial lengkapnya di artikel Phinemo “Cara Membuat Bantal Leher Traveling Sendiri“.

4. Buku jurnal tarveling emang banyak dijual di toko, tapi Kamu bisa kreasikan dengan caramu sendiri

Sentuhan kreasi di buku jurnal tarveling yang udah banyak dijual di toko juga bisa jadi sesuatu yang spesial. Misalnya nih Kamu beli buku jurnal yang udah jadi, tapi untuk bagian sampulnya bisa Kamu hias sendiri. Kayak gini contohnya.

kado diy

Kreasi buku yang simpel tapi lucu buat kado. Sumber foto

Kamu cukup sediakan bahan berupa buku jernal dengan cover polos, cat poster atau cat air, kuas dan spidol. Langkah pertama, warnai cover sesuai gambar yang Kamu pengen.Mau sama persis kayak yang di gambar juga boleh. Ini nggak berpola tapi lucu. Lalu tuliskan quote atau kata-kata apapun di halaman sampul.

5. Bikin tas serut punggung bisa jadi pilihan kado yang cocok buat temenmu yang doyan jalan-jalan

kado diy

Urutan untuk membuat tas serut. Sumber foto

Bahan untuk bikin tas serut ini cukup sederhana. Kain 2 lembar (ukuran bebas boleh 30cm x 45 cm), tali 2, jarum dan benang. Caranya bikinnya juga cukup mudah:

  1. Jahit sisi kanan, kiri dan bawah kain (membentuk kantung).
  2. Lipat bagian atas tas sekitar 5 cm lalu ditekuk dan dijahit (seperti membentul lubang panjang untuk memasukkan tali)
  3. Di bagian sisi kanan dan kiri bawah tas, buat semacam cantolan kecil dari kain, lalu disatukan dengan bagian tas.
  4. Masukkan tali di sisi atas tas dari dua sisi kain. 
  5. Jika tali sudah terpasang, kaitkan masing-masing bagian (kanan dan kiri) dengan cantolan di bagian bawah tas.
  6. Satukan tali di sisi kanan tas dengan mengikatnya. begitu juga yanga da di bagian sisi kiri.
  7. Tas serut sudah jadi. Ini adalah tas serut paling sederhana yang bisa Kamu buat dengan cepat dan simpel.

6. Bikin gelang untuk sahabat cewek Kamu, biar dia tetap cantik waktu traveling

Cewek bisanya suka dengan aksesoris kayak gelang dan kalung. Coba deh buatin dia kado diy gelang. Nggak perlu yang ribet, yang sederhana punkalau sesuai dengan karakter dia pasti bakal suka. Apalagi buatan tangan sendiri, pasti lebih berkesan.

Nah Kamu bisa bikin gelang kayak gini nih misalnya.

kado diy

Cara simpel bikin gelang buat kado sahabat cewek Kamu. Sumber foto

Untuk cara bikinnya, dari gambar ini udah jelas ya gais urutan buat bikin gelangnya. DImulai dengan membuat simpul di kait jangkar. Setelah itu tali dibuat lilit sesuai yang ada di gambar 4 dan 5 sampai panjang yang Kamu inginkan (sesuaikan dengan lingkar lengan ya). Lalu pasang kait di ujungnya supaya bisa di pasang dengan kait jangkar di hulu. 

Untuk bahan-bahannya, Kamu bisa beli di toko aksesoris cewek atau toko jahit. Biasanya mereka jual barang-barang ini. Oh ya, Kamu bisa bikin gelang kembaran supaya lebih berkesan.

7. Pouch yang serbaguna banget buat para traveler, Kamu bisa bikin ini untuk kado

kado diy

Bikin pouch sendiri buat kado lebih bagus. Sumber foto

Cara bikin pouch ini juga cukup gampang kok. Siapkan kain, resleting, lem, jarum dan benang. Cara membuatnya seperti ini:

  1. Potong kain jadi dua bagian yang sama panjang dan lebar.
  2. Tempelkan resleting dengan lem, supaya saat dijahit nggak bergeser. Lakukan di kedua sisi resleting, masing-masing kain ditempel di satu sisi resleting.
  3. Jahit resleting dengan jarum agar lebih kuat.
  4. Setelah itu jahit sisi kanan, kiri dan bawah kain dari bagian dalam supaya menutup dan membentuk kantung. Agar di bagian ujung nggak mudah berlubang, potong sedikit agar jahitan membentuk siku segitiga. 
  5. Balik kain yang sudah dijahit menjadi kantung, dan pouch Kamu siap dibungkus jadi kado. 

8. Sarung tangan cocok untuk temen Kamu yang sering jalan-jalan pake motor

kado diy

Begini cara bikin sarung tangan sendiri. Sumber foto

Sarung tangan kadang sering dilupakan, padahal kalau temen Kamu suka banget jalan-jalan pake motor harusnya punya cadangan sarung tangan. Nah, kalau Kamu pengen kasih kado sarung tangan hasil buatanmu sendiri, begini nih caranya:

  1. Ambil kain yang ingin Kamu buat jadi sarung tangan, dan lipat jadi dua.
  2. Di bagian kain yang akan dijadikan bagian dalam sarung tangan, gambar pola tangan Kamu. Pastikan ukuran tangan temen Kamu sama dengan tanganmu. Kalau beda ya gimana caranya Kamu dapet ukuran tangan dia.
  3. Pasang jarum pentul agar kain nggak bergeser.
  4. Potong kain sesuai pola yang udah dibuat. Jangan dipress pada ukuran tangan, tapi sedikit lebih besar.
  5. Jahit kain tepat di garis pola yang sudah dibuat.
  6. Buang sisa kain bekas jahitan. Jika sudah, balik kaos tangan Kamu.
  7. Kaos tangan sudah jadi, tinggal bikin satu sisi lainnya. Lalu siap dikirim untuk kado.

9. Foto album untuk mengenang perjalanan Kamu dan si dia, sederhana tapi bisa bikin dia meleleh

kado diy

Buat album foto perjalanan Kamu dan dia buat kado. Sumber foto

Pernah nggak kepikiran kasih dia kado album foto perjalanan yang Kamu buat sendiri? Bahannya kertas agak tebal (misal buffalo atau concord), tali rotan, gunting, lem, dan pen warna.Caranya gampang banget.

  1. Kumpulkan foto perjalanan Kamu dan dia yang ingin Kamu bikin buku album.
  2. Siapkan kertas (warna bebas sesuai kesukaanmu) dan potong selebar yang Kamu inginkan. Misalnya 10 cm x 15cm.
  3. Beri 2 lubang di sisi kiri kertas (untuk memasang tali rotan).
  4. Tempelkan foto perjalananmu di kertas yang sudah Kamu lubangi, lalu tuliskan quote atau pesan untuk dia di sisi kertas yang sisa. Oh ya, satukertas untuk satu foto ya gais.
  5. Jika semua foto sudah di tempel, satukan kertas-kertas tersebut lalu ikat dengan tali rotan.
  6. Untuk mempercantik tampilan, tambahkan sampul dan beri sedikit hiasan.
  7. Album foto Kamu udah siap!

***

Kado untuk teman, sahabat, atau pasangan Kamu yang hobi traveling emang nggak harus mahal. Percayalah kalau barang atau kado yang Kamu buat sendiri akan lebih punya makna dari pada Kamu beli. Jadi, coba deh untukmomen bahagianya, kasih kado buatan tanganmu sendiri.

 

Baca juga: