Sidebar

Kawah Wurung Bondowoso, Keindahan Permadani Alam di Jawa Timur

Terletak di Desa Jampit, Kecamatan Sempol, Kabupaten Bondowoso wilayah ini memiliki luas sekitar 100 Ha. Berada 9-10 kilometer dari kawah ijen.

SHARE :

Ditulis Oleh: Taufiqur Rohman

Jika anda berkunjung ke Kabupaten Bondowoso destinasi lain yang bisa anda kunjungi selain kawah ijen adalah kawah wurung. Terletak di Desa Jampit, Kecamatan Sempol, Kabupaten Bondowoso wilayah ini memiliki luas sekitar 100 Ha. Berada sekitar sembilan hingga sepuluh kilometer dari kawah ijen.

Wurung dalam bahasa jawa memiliki makna tidak jadi atau gagal. Kawah wurung merupakan kawah mati yang dikelilingi oleh bukit-bukit kecil dengan rerumputan hijau yang tumbuh diatasnya bagaikan permadani yang terhampar luas. Keindahan kawah wurung sering disamakan dengan keindahan pada rumput di Selandia Baru, bahkan ada yang menyebut kawah wurung sebagai Jamrud Bondowoso.

Pemandangan padang rumput dan perbukitan hijau kawah wurung (Instagram/@embafals).

Sejauh mata memandang hanya akan ditemui hamparan pandang rumput dan bukit-bukit asri berwarna hijau. Lokasi ini sangat cocok digunkan untuk bersantai atau sejenak menepi dari hiruk pikuk perkotaan. Bagi anda yang ingin berwisata bersama keluarga, kawah wurung menjadi lokasi wisata yang ramah keluarga. Anda bisa menggelar tikar dan melakukan piknik sambil menikmati keindahan alam kawah wurung.

Menuju lokasi kawah wurung melalui rute yang sama jika anda ingin berkunjung ke kawah ijen, karena memang lokasinya yang berdekatan. Dari pusat Kota Bondowoso anda bisa menuju ke arah Wonosari kemudian meuju kawah ijen. Dari kawah ijen anda bisa berjalan menuju ke Desa Jampit. Perjalanan ini memakan waktu kurang lebih 2 jam.

Hamparan bunga berwarna kuning di kawah wurung, Bondowoso (Instagram/@indoflashlight).

Masuk ke kawah wurung anda dikenai tiket seharga Rp. 3000,-. Tak hanya pemandangan hamparan padang rumput saja, kamu juga bisa menikmati keindahan padang ilalang. Pada musim tertentu anda juga bisa menikmati keindahan hamparan bunga berwarna kuning yang tumbuh di kawasan kawah wurung ini. Baca selengkapnya keindahan kawah wurung.

SHARE :

Pilihan paket wisata di Phinemo Marketplace


POPULER MINGGU INI



REKOMENDASI

Kenapa Orang Jawa Dibenci Masyarakat Luar Pulau Jawa? Ini Alasannya

Pantai Kedung Tumpang, Pesisir Indah Tulungagung dengan Kolam Alami

Kampung Lumbung Hotel, Akomodasi Unik Ramah Backpacker di Malang

Ubud Hotel & Cottages Malang, Akomodasi Murah Ala Alam Tropis Bali

Jadwal Pembukaan Pendakian Gunung di Indonesia di Masa New Normal

Suku Osing di Banyuwangi, Kenapa Berbeda dengan Suku Jawa Lainnya?

FALLBACK
The END