Festival Padang Melang Digelar Lebih Awal, Pantia Siapkan Beragam Atraksi Menarik

Fetsival Padang Melang tahun 2019 ini digelar lebih awal karena bersamaan dengan momentum bulan purnama yang akan menerangi sepanjang jalan Pantai Padang Melang. Festival ini termasuk dalam Calendar of Event dari Pemerintah Kepulauan Riau untuk mengangkat potensi pariwisata pesisir provinsi ini.

Tahun 2019 ini Festival Padang Melang akan diselenggarakan pada 17-20 Juli 2019 di Pantai Padang Melang, Kecamatan Jemaja, Kepulauan Riau. Festival Padang Melang merupakan event kolaborasi berbagai tradisi upacara, atraksi budaya, dan permainan rakyat dengan aktivitas pantai kekinian.

Dengan latar belakang keindahan pantai dan tradisi budaya masyarakat pesisir, Festival Padang Melang diharapkan mampu meningkatkan kunjungan wisatawan domestik maupun mancanegara ke Kepulauan Riau. Digelar selama empat hari, Festival Padang Melang tahun ini akan berbeda dari tahun sebelumnya.

Festival Padang Melang 2019 akan disemarakkan dengan permainan gendang panjang, atraksi silat kampong, berbalas pantun, tabor beras kuning, pengalungan cual, serta petatah petitih junjong adat dan prosesi tolak bale.

Malam harinya, dilaksankan malam budaya bertajuk “Coast Malay Culture Night” yang akan menampilkan berbagai pertunjukan budaya khas melayu pesisir. Beberapa seni budaya yang akan ditampilkan diantaranya adalah topeng subang, syair gurindam, hadrah, drama komedi, beragam tarian, dan lantunan lagu melaya.

Di hari kedua dimeriahkan dengan berbagai lomba rakyat seperti lomba selam gonggong, lomba pacu kano, lomba mewarnai anak, dan lomba layang-layang hias.

Kegiatan di hari ketiga dilanjutkan dengan lomba kuliner nusantara khas dari Kepulauan Anambas di stand-stand kuliner. Malamnya, akan digelar pesta rakyat dengan tema “Nostaligia Memories” yang akan menyuguhkan musik dari dua zaman berbeda, sambil berpesta durian.

Hari terakhir akan ditutup dengan Fun Color Run yang akan dimulai dari Pulau Berhala dan berakhir di Pantai Padang Melang. Di hari terakhir ini pengunjung juga akan dihibur oleh artis-artis ibukota.

Dapatkan ulasan menarik tentang riau dan tulisan Lain dari Taufiqur Rohman

Tags: , ,

Pajang Iklan Anda Klik Untuk Daftar







Loading Next Article ....