Tips Jalan-jalan Ke Singapura Lewat Batam

Foto oleh beritagar.co.id

Selain menggunakan moda transportasi pesawat terbang, Singapura bisa diakses wisatawan Indonesia menggunakan kapal dari Batam, Kepulauan Riau. Jaraknya yang berdekatan seringkali menjadi pilihan favorit wisatawan Indonesia terkhusus para backpacker karena biaya penyeberangan yang murah-meriah. Lalu bagaimana cara ke Singapura lewat Batam?

Caranya sangat mudah, berikut ini tips-tipsnya agar Kamu tetap merasa nyaman menyeberang ke Singapura lewat Batam dan berwisata di sana tanpa dicekal atau mendapatkan masalah dokumen.

1. Jangan lupa siapkan paspor sebelum melakukan penyeberangan

ke singapura dari batam

tampilan paspor Indonesia (Foto/indonesian magaxine in australia)

Sebelum menaiki kapal ferry, pastikan kamu membawa paspor. Siapkan Parpormu terlebih dahulu, jangan sampai ketinggalan. Pastikan masa berlakunya tak kurang dari 6 bulan.

Jika Kamu belum punya paspor, bisa membuatnya terlebih dahulu. Berikut ini : Cara Membuat Paspor Online Dengan Cepat.

2. Pesan tiket kapal Ferry

ke singapura dari batam

Salah satu kapal fery penyeberangan ke Singapura dari Batam. FOTO/Wisatago

Nah, jika sudah siap dengan paspor dan barang bawaan, waktunya untuk memesan tiket kapal ferry untuk perjalanan Batam ke Singapura.

Tiket kapal ferry ini bisa dipesan online maupun langsung ketika tiba di Pelabuhan. Kamu bisa memilih round trip atau one way. Nantinya Kamu akan diturunkan di HarbourFround Singapura.

Harga tiketnya cukup murah, untuk ferry Batam Fast dari Batam ke Singapura dibanderol S$ 10.00 untuk penumpang dewasa dan S$ 5.00. Harga tiket ini biasanya belum termasuk Departure Fee dan Surcharge. Sedangkan untuk biaya perjalanan Singapura ke Batam lebih mahal yakni S$ 11.00, untuk tiket anak-anak harga tetap sama.

Jika ingin pesan tiket, Kamu bisa deh cek website Batam Fast di link ini.

3. Akan ada pemeriksaan Imigrasi Singapura, usahakan semua rencana perjalananmu matang

ke singapura dari batam

Terminal kapal ferry dan Mall HarbourFront Centre, Singapura, Foto/TripAdvisor

Hal yang selalu diperhatikan oleh pihak Imigrasi Singapura adalah apakah Kamu benar-benar datang ke Singapura untuk liburan atau malah cari kerja. Nah, agar bebas dari tuduhan cari kerja illegal, Kamu harus menunjukkan itinerary, hotel tempat menginap dengan menunjukkan bukti reservasi, hingga tiket pulang ke Indonesia.

Tapi jika Kamu hanya akan keliling Singapura seharian saja lalu pulang ke Batam, jelaskan kepada petugas dan tunjukkan tiket pulang. Trik ini pun dilakukan para backpacker untuk menghemat perjalanan karena bermalam di Batam pun jauh lebih murah daripada di Singapura.

Biar Kamu nggak kena denda baca ini : Mau Jalan-jalan ke Singapura? Ketahuilah 14 Aturan Ini Terlebih Dahulu

4. Wajib perhatikan aturan di Singapura biar nggak kena denda

ke singapura dari batam

Garden by The Bay. Foto oleh Calvin

Denda pelanggaran aturan di Singapura sangatlah mahal, bahkan untuk urusan buang sampah bisa ratusan juta. Jadi, alangkah baiknya Kamu memperhatikan tingkah laku dan aturan Singapura agar liburanmu tidak terganggu.

Dapatkan ulasan menarik tentang Tips Singapura dan tulisan Lain dari Wike Sulistiarmi

Tags: , , , , , , ,

Paket Produk Penawaran

Pajang Iklan Anda Klik Untuk Daftar