Destinasi Wisata Tahun Baru Sepi Cocok untuk Relaksasi

Indah banget dan masih sepi. Foto oleh Muhammad Haris

Memilih destinasi wisata tahun baru yang masih sepi memang gampang-gampang susah. Karena hampir semua destinasi wisata pasti sudah dipenuhi dengan para wisatawan dari berbagai daerah. Padahal akhir tahun adalah waktu yang tepat untuk merelaksasi diri untuk mempersiapkan amunisi menghadapi tahun yang akan datang.

Jika Kamu masih bingung menentukan destinasi wisata tahun baru mu, berikut ini rekomendasi dari Phinemo.

Baca juga: 5 Pantai di Jogja Untuk Camping

1. Lasem, Rembang, Jawa Tengah

wisata tahun baru

Klenteng Cu An Kiong, klenteng tertua di Lasem. Terletak di Jalan Dasun, Desa Soditan. Komplek perumahan kota tua Lasem (pecinan) di Soditan diduga sebagai komplek pecinan tertua di Lasem. Ditengarai dengan adanya sejumlah bangunan berarsitektur Fujian. Foto oleh @_isep

Lasem adalah kecamatan di Kabupaten Rembang, Jawa Tengah. Ini merupakan sebuah daerah yang memiliki cerita sejarah yang patut untuk ditelisik karena merupakan kota pertama yang menjadi tempat pendaratan orang Tionghoa di tanah Jawa.

Ini adalah sebuah kota yang terkenal dengan batik, ladang garam yang pengolahannya masih tradisional, kota Tiongkok kecil dan juga kota santri. Semua kepercayaan berbaur menjadi satu tapi selalu menerapkan toleransi tingi.

Di sini Kamu juga bisa menjajal berbagai kuliner khas seperti Lontong Tuyuhan, hingga masakan tradisional Tiongkok yang bercampur dengan resep lokal. Yang tak boleh ketinggalan adalah Kopi Lelet Lasem yang disajikan dengan unik berbeda dari tempat lain di Indonesia. Kamu akan puas selama liburan di sini karena wisata kota Lasem sangatlah lengkap.

Jika Kamu tertarik untuk traveling ke Lasem kala tahun baru bisa membaca tips berikut ini: 8 Tempat Wajib Dikunjungi Saat di Lasem, Rembang

2. Provinsi Riau

wisata tahun baru

Pantai Indah Selat Baru. Foto oleh @ashelarisa

Riau menjadi rekomendasi selanjutnya karena memiliki tempat yang masih sepi cocok untuk relaksasi. Tak seperti Palembang, Medan dan Aceh, destiansi ini lebih cocok untuk dijadikan destinasi untuk liburan akhir tahun karena suasananya mendukung.

Riau memiliki aneka destinasi yang eksotis tapi cukup mudah untuk disambangi. Seperti Kota Siak Sri Indrapura yang menyajikan wisata sejarah dan istana, lalu Pekanbaru yang memiliki taman bermain dan wisata romansa, atau Kota Dumai yang memiliki destinasi Hutan dan Pantai untuk bersantai. Kamu bisa memilih sesuai suasana yang Kamu ingini.

3. Tanah Laut, Kalimantan Selatan

wisata tahun baru

Bukit Rimpi Tanah Laut. Foto dari @jejak_stonecold

Tanah Laut memiliki pesona yang tidak kalah dengan destinasi lain di Indonesia. Ini merupakan daerah yang terkenal dengan keindahan alamnya, mulai dari pantai, gunung, hingga air terjun.

Destinasi yang bisa Kamu jelajahi adalah Pantai Takisung, Panai Batakan, Pantai Swarangan, Pantai Batu Lima, Air Terjun Bajuin, Air Terjun Balangdaras, Air Terjun Hamindrai, Air Terjun Habulu, Gunung Kayangan, Gunung Keramaian, Bukit Sanghiyang, Kawasan Goa Marmer, Goa macan/Liang Babau, dan Kerbau Rawa. Jarak destinasi dari perkotaan 6 KM – 60 KM yang dijamin terhindar dari keramaian.

Untuk Kamu yang suka wisata sejarah, Tana Laut juga memiliki sejarah cukup panjang. Salah satu destinasi sejarahnya adalah Benteng Tabanio yang lokasinya Tabanio.

4. Sukabumi yang menyajikan keindahan curug dan jembatan terpanjang di Indonesia

wisata tahun baru

Salah satu wisata di Sukabumi. Foto oleh Yosea Riyadi Permana/Kontributor Phinemo

Untuk Kamu yang ingin tetap berwisata di area Jawa Barat tapi bingung mau ke mana lebih baik berwisata ke Sukabumi. Di Kabupaten ini Kamu lebih menemukan suasana damai ketimbang kota dan kabupaten lain.

Di sini Kamu bisa bersahabat dengan alam dengan datang ke berbagai curugnya. Selain itu, di sini juga terdapat Jembatan Gantung Situgunung yang menjadi jembatan gantung terpanjang di Indonesia. Dari atas jembatan gantung ini Kamu bisa menikmati pemandangan di Taman Nasional Gunung Gede Pangrango dari ketinggian. Sensasi menaiki jembatan ini sangat asik karena hembusan angin kala menggoyang jembatan ketika berjalan di atasnya.

5. Alor, surga pemandangan bawah laut Nusa Tenggara Timur

kalabahi-bay-alor

Destinasi wisata tahun baru yang masih sepi. Kalabahi Bay, Alor – NTT. Foto oleh Valentino Luis

Tidak seperti Kabupaten Manggarai Barat yang terkenal dengan Labuan Bajo yang selalu dipenuhi oleh wisatawan, di Kabupaten Alor Kamu bisa merasakan destinasi cantik yang masih perawan. Seperti Pulau Alor dengan beragam kegiatan bawah laut mulai dari skuba, snorkeling, hingga menyelam di 18 titik sekaligus. Di sini pula Kamu bisa melihat kehidupan Komodo.

Alor juga memiliki Kampung Tradisional Takpala. Di sini Kamu bisa merasakan kentalnya kehidupan tradisional orang-orang Alor. Biasanya terdapat pula atraksi daerah seperti tarian dan beberapa ritual lain yang menarik untuk ditelisik.

6. Desa Sukamade, dusun terpencil di tengah belantara Banyuwangi, Jawa Timur

wisata tahun baru

Cantiknya Pantai Sukamade. CC Flickr 2,0 William Kong

Dusun Sukamade terkenal dengan pantainya yang menjadi habitat para penyu dan tukik yang menetas setiap tiga bulan sekali. Para pengunjung bisa melihat tukik menetas dan bertelur di sini dengan alami.

Dusun Sukamade, Desa Sarongan, Kecamatan Pesanggaran, Banyuwangi, Jawa Timur ini dihuni tidak sampai 100 kepala rumah tangga. Terpencil dan harus membelah sungai untuk bisa sampai ke sana di tengah belantara Taman Nasional Meru Betiri.

Listrik hanya tersedia pukul lima sore hingga belasan malam. Destinasi yang cocok untuk mendapatkan ketenangan batin yang hakiki menyambut tahun baru.

Baca juga: Cerita dari Dusun Sukamade yang Terpencil di Belantara Taman Nasional Meru Betiri

7. Kendari, Sulawesi Tenggara

wisata tahun baru

Pulau Labengki, wisata Kendari dengan panprama surga bahari. Foto oleh @labengkibeachhut

Kendari merupakan daerah yang memiliki surga tersembunyi tapi tak banyak yang tahu. Di sini Kamu bisa menemukan pemandangan bawah laut menakjubkan yang berlum terjamah dan perbukitan yang memiliki keindahan alam mirip di Raja Ampat yang berlokasi di Pulau Lebengki.

Terdapat pula Pulau Bokori yang terkenal dengan pantai berpasir putih. Di sini adalah tempat villa, cottage, dan spot kece yang cocok untuk bersantai menikmati akhir tahun yang damai sembari menyusun resolusi awal tahun.

8. Pantai Appalarang, Bulukumba, Sulawesi Selatan

wisata tahun baru

Indah banget dan masih sepi. Foto oleh Muhammad Haris

Berkunjung ke Pantai Appalarang, Bulukumba, Sulawesi Selatan Kamu akan langsung disambut  hamparan tebing memanjang yang megah karena Appalarang adalah sebuah pantai yang tidak memiliki pesisir.

Air laut yang biru kehijauan nampak begitu menarik untuk segera terjun ke dalamnya. Memang tidak banyak coral dan ikan yang bisa dijumpai seperti di Pulau Liukang dan Pulau Kambing di Tanjung Bira. Di Appalarang air laut yang jernih, membuat pengunjung tertarik untuk sekedar berenang dan bermain air. Kita juga bisa memacu adrenalin dengan langsung terjun dari atas tebing, asal ombak tidak sedang tinggi. Bisa juga terjun melalui anjungan kayu.

Baca juga: Pantai Appalarang, Surga Tersembunyi Pesaing Kuat Tanjung Bira, Sulawesi Selatan

9. Kebumen, Jawa Tengah

wisata tahun baru

Jembatan Wisata Alam. Foto dari arifatulfaidah.com

Kebumen adalah Kabupaten di Jawa Tengah yang menyajikan aneka destinasi alam indah. Pantai Menganti dan Pantai Ayah adalah yang paling terkenal di sana. Destinasinya cukup terpencil jauh dari rumah warga sehingga masih sangat cantik meskipun zaman telah maju pesat.

Tak hanya itu, bagi pencinta wisata sejarah di sini juga terdapat destinasi Benteng Van Der Wijck yang dijadikan film di Indonesia.

Bukan hanya itu saja, di sini Kamu juga bisa menemukan kafe hits dengan pemandangan alam yang kental bernama Jembangan Wisata Alam di Desa Jembangan, Kecamatan Poncowarno yang jaraknya 20 kilometer dari Kota Kebumen.

Dapatkan ulasan menarik tentang Wisata Tahun Baru dan tulisan Lain dari Wike Sulistiarmi

Tags: , , , , , , , , , , , , , ,

Paket Produk Penawaran

Pajang Paket Perjalanan Anda Disini. Klik Untuk Daftar