Wisata ke Anambas, Ini 10 Surga Tropis yang Bisa Anda Kunjungi

Kepulauan Anambas. Credit foto : trover

Destinasi wisata yang satu ini memang belum seterkenal Bali maupun Raja Ampat. Namun di pulau ini terdapat limpahan surga bagi para traveller untuk bereksplorasi. Sejak ditetapkan sebagai salah satu destinasi wisata tropis terindah versi CNN pada tahun 2012, pulau Anambas mulai banyak diminat oleh traveller. Hamparan pasirnya yang masih bersih, kondisi alamnya yang masih alami serta air laut yang jernih menjadi pemikat utama para petualang untuk wisata ke Anambas.

Baca juga Bandara Letung, Kunci Meningkatnya Pariwisata Anambas

Berikut adalah daftar tempat yang wajib anda kunjungi jika berkunjung ke Anambas

1. Tarempa

Wisata ke Anambas

Tarempa, Anambas. Credit foto : tribunnews

Terletak di pulau Siantan, Tarempa disebut sebagai salah satu destinasi unggulan di Anambas. Jika anda ingin terlepas sejenak dari kepenatan kerja dan ingin menghadiahi diri denga sedikit kebebasan, Tarempa dapat menjadi salah satu pilihan. Karena, ibukota Kabupaten Anambas ini memiliki banyak pantai-pantai berparas cantik dengan panorama yang siap memanjakan mata.

Akses menuju pulau : Dari Tanjung Pinang, anda bisa menaiki kapal ferry yang beroperasi setiap hari Selasa dan Kamis. Untuk mencapai Tarempa, dibutuhkan waktu sekitar 10 jam.

2. Pulau Penjalin

Wisata ke Anambas

Pulau Penjalin di Anambas. Credit foto : amazing anambas

Pulau terluar Indonesia ini merupakan salah satu yang terindah di Anambas. Untuk mencapai pulau ini, dari Tarempa anda harus menempuh perjalanan sekitar 90 menit perjalanan. Pulau ini memiliki perpaduan panorama yang menarik. Dari perbukitan, hingga landscape pasir pantai berwarna putih lembut yang memanjang jauh membuat kita takjub. Karang karang yang masih alami pun menggoda untuk diselami.

Jika anda ingin berburu sunset, salah satu tempat terbaik untuk menghabiskan senja anda adalah di Pantai Tanjung Momong.

3. Pulau Durai

Wisata ke Anambas

Pulau Durai, pusat penangkaran penyu. Credit foto : sportourism

Secara geografis, pulau Durai terletak di Kecamatan Palmatak. Pulau ini merupakan habitat alami dari Penyu Sisik dan Belimbing. Penyu- penyu mungil ini bertelur di pulau, dan akan kembali kelaut setelah mereka menetas. Jika anda berkunjung diwaktu yang tepat, anda dapat melihat satwa langka ini merayap menuju pantai.

Untuk menuju pulau Durai, anda bisa menggunakan kapal pompong dengan waktu tempuh sekitar satu jam dari Tarempa.

Baca juga Kepulauan Anambas dan 9 Hal yang Harus Diketahui Tentangnya

4. Air Terjun Temburun

Wisata ke Anambas

Air Terjun Temburun – credit foto : amazing anambas

Selain memiliki deretan pantai dan pulau yang indah, di Anambas juga terdapat air terjun yang tak kalah eksotis. Air terjun Temburun namanya. Penamaan ini berasal dari letak air terjun yang berada di desa Temburun, Siantan Selatan. Air terjun Temburun memiliki tujuh tingkat, dimana pada tingkat ke tujuh anda dapat melihat laguna dan pantai yang mempesona. Akses menuju air terjun temburun masih terbilang sulit. Namun semua akan terbayar ketika anda merasakan segarnya air tawar yang mengalir deras dari puncak air terjun.

Untuk mencapai lokasi, anda dapat dijangkau dengan sepeda motor, meskipun medan yang ada cukup ekstrem. Rute yang ada melewati kampung Baru, Bukit Tengkorak, Kampung Tengah hingga Desa Rintis. Selain itu, anda juga dapat menempuh jalur perairan. Dari Tarempa menuju Dermaga Desa Temburun kemudian perjalanan dilanjutkan dengan jalan kaki.

5. Pulau Piugus

Wisata ke Anambas

Pulau piugus. Credit foto : maringetrip

Pulau Piugus memiliki panorama yang sangat indah. Kesan tropis pun langsung berada di benak kita ketika menginjakkan kaki di pulau ini. Deretan nyiur hijau membentang sepanjang pantai. Lautnya masih begitu bersih dan jernih. Bongkahan batu karang besar terjajar, mambentuk pemandangan yang elok dan eksotis. Terumbu karang di bawah laut menjadi rumah bagi jutaan ikan berwarna warni.

Untuk mencapai lokasi ini, dari bandara desaLadan di Pulau Matak Anambas , anda dapat menyewa speedboat dengan perjalanan selama setengah jam, atau anda menumpang kapal pompong (satu jam perjalanan).

6. Pulau Bawah

Wisata ke Anambas

Pulau Bawah di Anambas. Credit foto : travelkompas

Sebagai bagian dari Kabupaten Kepulauan Anambas, Pulau Bawah kini tengah disulap menjadi resort yang ramah lingkungan dan berbasis konservasi. Pulau ini memiliki tiga laguna yang sangat jarang ditemui di pantai – pantai di Asia.

7. Pulau Mengkian Panjang

Wisata ke Anambas

Pulau Mengkian Panjang. Credit foto : Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Kepulauan Anambas

Pulau yang terletak di Kecamatan Siantan Timur ini pernah masuk nominasi sebagai Surga Tersembunyi Populer di Indonesia. Nama Mengkian Panjang diambil dari bentuk pantainya yang semakin memanjang. Meskipun pulau ini masih belum berpenghuni, namun pengunjung masih dapat menikmati eksotisme pulau ini. Wisatawan dapat mendirikan tenda di sekitaran pulau dan bereksplorasi di Pulau Mengkian Panjang.

8. Pulau Telaga

Wisata ke Anambas

Pulau Telaga, credit halaman Kepri

Di pulau ini tak hanya menyajikan paorama pantai lengkap dengan biota lautnya. Namun juga pegunungan yang menjulang tinggi di antara pulau-pulau sekitarnya. Untuk menuju Pulau Telaga, anda dapar menaiki pompong yang beroperasi selama empat hari dalam seminggu (Senin pukul 08.00, Selasa pukul 13.00, Kamis pukul 08.00, Jumat pukul 13.00). Adapun rute yang ditempuh yakni Kuala Maras-Pulau Telaga-Tarempa.

9. Pantai Arung Hijau

Wisata ke Anambas

Arung Hijau. Credit foto : tempat.me

Pantai Arung Hijau terletak di Desa Tiangau, Kecamatan Siantan. Posisi Pantai yang menghadap langsung ke barat menjadikan pantai ini sebagai tempat yang cocok untuk berburu senja. Selain itu, Panta iArung juga menjadi salah satu destinasi favorit bagi anda yang suka menyelam.

10. Pulau Selat Rangsang

Wisata ke Anambas

Pulau Selat Rangsang – credit foto oleh wisata Indonesia

Diapit oleh pulau Getah, pulau Penjaul, Pulau Penggending, dan Pulau Luyung, Pulau Selat Rangsang memiliki pesona yang mengagumkan. Pesonanya semakin menjadi dengan perairannya yang jernih, hamparan terumbu karang dengan biota laut yang beraneka ragam, dan pasir putihnya yang terpampang sepanjang pantai. Waktu yang disaarankan untuk berkunjung ke pulau ini yakni sekitar bulan April hingga Oktober, utuk menghindari tinginya gelombang air laut pada bulan November-Maret.

Untuk menuju pulau ini, anda dapat menaiki speedboat selama 30 menit dari Tarempa, atau sekitar 2 jam jika menggunakan kapal pompong. Biaya yang diperlukan untuk menyewa kapal Pompog yakni sekitar Rp300.000-Rp400.000.

Dapatkan ulasan menarik tentang Anambas dan tulisan Lain dari Paundria

Tags: , , , ,

Pajang Iklan Anda Klik Untuk Daftar







Loading Next Article ....