facebook pixel

Wow Inilah Fakta Museum Madame Tussauds yang Belum Pernah Kamu Tahu

Sebelum datang ke Museum Madam Tussauds, cek dulu deh fakta tentang museum ini dan buktikan saat liburan ke sana!


Awal bulan Mei lalu berita tentang patung lilin Presiden RI di Museum Madame Tussauds resmi diluncurkan di Hong Kong. Museum Madame Tussauds ini awalnya memang didirikan di London, Inggris. Museum ini sangat menarik untuk dikunjungi pasalnya Kamu akan menemukan tokoh-tokoh yang ada di belahan Dunia. 

Yuk traveling ke sana! Sumber

Sekarang museum Madame Tussads hadir di 24 kota di Dunia. Beberapa kota yang bisa Kamu jangkau adalah di negara Singapura, Bangkok dan Hong Kong. Menariknya museum ini sudah memamerkan ratusan patung manusia yang mirip dengan aslinya. Nggak heran kalau para wisatawan penasaran dengan museum ini. 

Ternyata Madame Tussaud adalah sosok guru seni yang pernah mengajar Ratu Elizabeth

Di balik megahnya museum ini ada 10 fakta unik yang belum diketahui oleh banyak traveler. Biar nggak penasaran Kamu bisa cek kebenarannya di sini!

Madame Tussauds adalah sosok orang yang nyata di dunia dengan nama asli Madame Anna Maria Tussauds

Madame Anna Maria atau Marie Tussauds lahir pada 1 Desember 1761 dan dia meniggal pada 16 April 1850. Mungkin Kamu nggak tahu kalau Madame Tussauds ini anak dari seorang wanita yang bekerja sebagai penjaga rumah di kediaman Dr. Philippe Curtius, seorang pria yang mahir membuat patung lilin. Dr. Philippe Curtius pun mengajarkan Marie untuk membuat patung lilin sendiri. 

Dari situlah Madame Tussauds jadi mahir untuk membuat patung lilin dan dia berhasil membuat patung lilin dirinya sendiri. 

Madame Tussauds adalah seorang guru seni, tapi dia justru dikenal melalui karyanya

Semua orang di belahan dunia pun tahu kalau Madame Tussauds adalah seorang seniman. Hal itu karena banyak sekali karyanya yang sudah dihasilkannya. Tapi siapa sangaka kalau wanita ini pernah megajarkan seni kepada istri dari raja terakhir Prancis, Louis XVI sebelum Revolusi Prancis terjadi. Sayangnya dia dan mantan pegawainya harus dieksekusi saat Revolusi Prancis. 

Arnold Schwarzenegger pernah membuat pengunjung terkejut saat berkunjung ke Museum Madame Tussauds di Los Angeles

Pada 2015 silam, aktor bintang utama film Terminator ini mengejutkan para pengunjung Museum Madame Tussauds. Dia datang ke museum tersebut hanya untuk berpose pura-pura menjadi sebuah patung lilin. Sementara orang yang sedang berfoto menjadi kaget karena dia berteriak langsung kepada pengunjung. 

Mungkin Kamu belum pernah tahu kalau Museum Madame Tussaud ini pernah dibom

Sejarah pernah mencatat sebuh kejadian yang pernah menimpa Museum Madame Tusauds yang ada di London lho. Museum ini pernah di bom pada tahun 1940 silam. Pelaku pengeboman adalah sekutu dari Jerman. Jika Kamu tahu hampir lebih dari 350 karaya Tussauds hancur berkeping-keping. Untung saja masih ada sisa karya dia yang masih bisa diselamatkan. 

Patung lilin Hitler pernah dihancurkan oleh orang yang tak dikenal tahun 2008 di Berlin

Seorang asal Jerman diketahui pernah merusak karya Madame Tussauds pada saat pembukaan museum pertama kalinya di Berlin. Pada mulanya pria itu tiba-tiba menerobos masuk lewat pengamanan dan mencoba merusak salah satu patung tokoh sejarah Jerman (Hitler) yang terkenal dengan kontroversi. 

Untuk mendaptakan hasil yang sempurna patung lilin ini harus diukur sesuai dengan bentuk aslinya

Membuat patung lilin yang mirip dengan aslinya memang tak mudah. Banyak sekali teknik yang digunakan untuk mengukur patung dari ujung rambut sampai ujung kaki membutuhkan kejelian dan ketempatan. Misalnya pembuatan patung Ratu Elizabeth yang membutuhkan lebih dari 150 kali pengukuran. Hal ini dilakukan hanya untuk mirip dengan aslinya. 

Semua Figur Patung Lilin Dibuat Dua Kali Lebih Besar dari Aslinya, lho

Tahukah Kamu kalau lilin mudah sekali menyusut sepanjang proses pembuatan lilin. Untuk itu figur yang akan dibuaatkan patung akan diukur dua kali lipat dari bentuk aslinya. Inilah kenapa ada proses pengukuran yang dilakukan berkali-kali dalam proses pembuatan patung lilin. 

Tinkerbell adalah Patung lilin terkecil yang ada di dalam museum Madame Tussauds

Koleksi yang ada di museum Madame Tussauds tidak melulu tokoh-tokoh dari kehidupan nyata saja lho. Di sana juga ada koleksi patung tokoh yang berasal dari film serial animasi Peterpan. Tokoh fiksi bernama Tinkerbell menjadi figur terkecil yang dibuatkan patung liliin.
Figur fiksi lainnya yang bisa Kamu temui saat berkunjung ke Madame Tussauds adalah Shrek, Burger King dan The Incredible Hulk.

Merlin Entertainments sudah mengakuisisi Museum Madam Tussauds pada Mei 2007 lalu

Dulunya museum Madame Tussauds dikenal dengan “Madame Tussaud’s”. Ada tanda apostrof pada akhir penulisan Tussauds. Tanda itu dihilangkan sejak Merlin Entertainments mengakuisisi The Tussauds Gruop pada Mei 2007. Ada kebijakan dalam perusahaan tersebut yang harus mengganti tulisan tersebut. 

***

Saat Kamu datang ke Madam Tussauds mungkin bisa membuktikan fakta-fakta dibalik kemegahan yang ada di Museum Madame Tussasud di seluruh belahan dunia. 

Baca juga artikel menarik lainnya di phinemo.com

banner experience