Bakso Penyet, Hidangan Bakso Kekinian yang Bikin Ketagihan

Ini bakso penyet yang sedang hits. Sumber foto

Olahan bakso biasanya disajikan menggunakan kuah kaldu yang rasanya gurih. Namun karena kepopuleran ragam olahan penyet, kini Anda bisa mencicipi hidangan bakso penyet lengkap dengan sambal pedasnya.

Karena unik, bakso penyet pun kini jadi incaran wisatawan

bakso penyet

Ini bakso penyet yang sedang hits. Foto dari IG @syifa.nia

Memang kreatif, tak hanya tempe, ayam, tahu, dan jeroan. Kini tercetus hidangan kurang lazim bernama bakso penyet.

Seperti namanya, bakso penyet ini terdiri dari bakso lengkap dengan sambal penyet dan kemangi serta mentimun sebagai pendampingnya.

Agak berbeda, bakso dalam hidangan ini digoreng terlebih dahulu sebelum disajikan sehingga teksturnya sedikit krispi di luar dan lembut di dalam.

bakso penyet

Bakso penyet yang disajikan dengan tempe goreng dan pelengkapnya. Foto dari IG @syaffasegaff

Bakso yang digunakan biasanya bakso sapi. Namun, ada juga yang memvariasikannya dengan sajikan bakso penyet isi keju. Bahkan bakso penyet isi sambal pun ada.

Baca juga: Bakso Gunung Merapi, Bakso Kekinian di Yogyakarta Berbentuk Unik dan Instagenik

Bakso penyet ini bisa ditemui di beberapa kota di Indonesia

bakso penyet

Bakso di sini diisi dengan sambal sehingga rasa pedasnya berlipat ganda dari penyet bakso biasanya. Foto dari IG @baksobapermissjudes

Di Indonesia setidaknya sudah ada enam kedai penyet yang sudah menyajikan kuliner kekinian satu ini.

Salah satunya adalah Warung Bu Kris di Surabaya yang terkenal dengan bakso penyet sambal terasi yang pedasnya nampol. Lalu ada juga Warung Bebek Omahan, Bakso Baper Miss Judes, Warung Leko di Sidoarjo dan Ayam Penyet Bu Sri di Menteng, Jakarta.

Baca juga: Gurihnya Bakso Telur Dadar di Bogor, Wajib Coba!

bakso penyet

Bakso penyet dengan isian keju. Mau? Foto dari IG @baksobapermissjudes

Dari sekian kedai penyet bakso, ternyata yang banyak membuat orang penasaran adalah hidangan bakso penyet milik Bakso Baper Miss Judes. Di sini bakso bukan hanya disajikan dengan sambal penyet yang pedas di piring, tapi juga di dalam bakso itu sendiri.

Selain bakso isi sambal, Anda juga bisa memilih isi keju, isi telur ayam, isi telur puyuh, dan masih banyak lagi yang lainnya. Termasuk bakso berkuahnya. Yang jelas, di Bakso Baper Miss Judes Anda akan merasakan bakso cita rasa super pedas.

Anda bisa langsung ke kedainya di Depok (Pangkalan Jati 1 Gandul) dan di Jakarta Barat (Kedoya Raya, di depan sekolah Providentia) jika ingin mencicipinya.

Dapatkan ulasan menarik tentang Kuliner Bakso dan tulisan Lain dari Wike Sulistiarmi

Tags: ,

Paket Produk Penawaran

Pajang Paket Perjalanan Anda Disini. Klik Untuk Daftar