Sidebar

Air Terjun Penimbungan, Keindahan Tak Terjangkau di Gunung Rinjani

Keindahan alam Air Terjun Penimbungan Lombok selama ini hanya bisa dilihat dari atas Lembah Sungai Putih saja, tidak bisa dan terlarang untuk didekati.

SHARE :

Ditulis Oleh: Taufiqur Rohman

Air Terjun Penimbungan atau Air Terjun Penimbungan Torean merupakan sebuah air terjun dengan ketinggian sekitar 100 meter yang berlokasi di lereng utara Gunung Rinjani, Lombok, NTB. Terletak di jalur pendakian Gunung Rinjani, menuju air terjun ini harus melewati Dusun Torean dengan sudut elevasi rata-rata 1200 mdpl.

Air di Air Terjun Penimbungan berasal dari Danau Segara Anak di Gunung Rinjani, sehingga tak mengherankan warna airnya sangat selaras. Diapit oleh tebing-tebing curam yang menjulang sehingga seringkali menimbuat suara gemuruh. Saat udara mulai dingin, kabut-kabut tipis biasanya menutupi dasar Air Terjun Penimbungan.

(twitter/khuwarizmy_)

Keindahan yang Tak Terjangkau

Keindahan alam Air Terjun Penimbungan selama ini hanya bisa dilihat dari atas Lembah Sungai Putih saja, tidak bisa dan terlarang untuk didekati. Hal ini dikarenakan medan menuju Air Terjun Penimbungan sangat terjal dan dapat membahayakan keselematan pendaki. Berada di ketinggian 1156 mdpl, jalur pendakian menuju Gunung Rinjani yang melewati Air Terjun Penimbungan terbilang kurang populer dibandingkan lainnya seperti Sembalun dan Senaru.

Biasanya hanya para peziarah yang akan melakoni laku ritual khusus kepercayaan di Segara Anak atau di sumber air panas tak jauh dari Segara Anak. Menjangkau Air Terjun Panembangan membutuhkan waktu tempuh berkisar 3-4 jam dengan kendaraan L-300 dari Pasar Anyar di Desa Bilok Petung, dilanjutkan dengan menuju Dusun Torean, Desa Sembalun Lawang selama sekitar satu jam perjalanan.

SHARE :

Pilihan paket wisata di Phinemo Marketplace


POPULER MINGGU INI



REKOMENDASI

Mentigi Bay Dome Villas, Hotel Unik di Lombok yang Indah dan Populer

Pulau Satonda Sumbawa, Jejak Erupsi Dahsyat Gunung Berapi Purba

5 Tempat Wisata di Indonesia yang Rusak Setelah Viral di Media Sosial

Dampak Corona, Pemerintah Berikan Diskon Tiket Pesawat 50 Persen

5 Gunung Paling Angker di Indonesia, Jangan Mendaki Sendiri!

Fenomena Unik Topi Awan di Gunung Rinjani, Pertanda Apa?

FALLBACK
The END