Sidebar

5 Pantai Pasir Pink Paling Indah di Dunia, Salah Satunya Ada di Indonesia

Jumlah pantai pasir pink tak banyak, sering disebut sebagai keajaiban. Ada sekitar lima pantai pasir pink terindah di dunia, dua diantaranya di Indonesia.

SHARE :

Ditulis Oleh: Taufiqur Rohman

Normalnya tanah pasir di pantai berwarna putih atau kecoklatan. Namun beberapa pantai di dunia diketahui memiliki pasir berwarna merah muda atau pink. Pantai pasir pink terbentuk melalui proses peleburan antara pecahan koral berwarna merah dan pasir pantai putih. Ditambah dengan keberadaan makhluk mikroskopik dari spesies Foraminifera sp.

Jumlah pantai pasir pink tidak banyak, seringkali disebut sebagai keajaiban dunia karena termasuk fenomena langka. Terdapat sekitar lima pantai pasir pink paling indah di dunia, dan dua diantaranya ada di Indonesia.

1. Pulau Harbour, Bahama

(pandotrip.com)

Pulau Harbour berlokasi di kawasan Kepulauan Karibia, Bahama. Pantai berpasir pink terletak di pesisir timur laut Pulau Eleuthera. Banyak dari turis menjadikan pantai pasir pink di Bahama untuk sekadar berelaksasi atau bersantai lantaran masih sepi dan jauh dari ingar-bingar perkotaan. Terdapat juga area penyelaman dengan panorama bahari luar biasa.

2. Pulau Komodo, NTT, Indonesia

(sudamalaresorts.com)

Pulau Komodo memiliki Pantai Pink atau Pantai Merah. Seperti namanya pantai ini memiliki pasir berwarna pink. Warna cukup mencolok dapat dilihat dari puncak bukit di tepi pantainya. Selain karena keunikan warna pasir, Pantai Pink juga tersohor berkat spot snorkeling paling indah di Kepulauan NTT. Lautnya cenderung dangkal, tapi koral dan ikan-ikannya tumbuh sehat dengan jenis yang beragam.

3. Pantai Herseshoe Bay Bermuda, Kepulauan Karibia

(blog.ymtvacations.com)

Pantai Herseshoe berada di wilayah Bermuda di bagian utara Kepulauan Karibia. Warna pink pada pasir pantainya terbentuk dari pecahan terumbu karang yang mengalami pelapukan. Pantai ini melengkung, berbentuk mirip bangun setengah lingkaran jika dipotret dari udara. Tidak hanya itu, di sekeliling Pantai Herseshoe juga banyak pepohonan hutan yang asri.

4. Pantai Pink, Lombok, NTB, Indonesia

(beonetours.co.id)

Selain di Pulau Komodo, Lombok di NTB juga memiliki satu pantai dengan pasir berwarna pink. Tidak hanya eksotis karena pasirnya, Pantai Pink di Kabupaten Lombok Timur ini juga mempesona dengan keberadaan padang rumput luas yang indah. Ada dua cara untuk menikmati Pantai Pink, yaitu menyaksikan keindahannya dari atas bukit atau dari gazebo di tepi pantai.

5. Pantai Elafonisi, Yunani

(wonderfulwanderings.com)

Salah satu destinasi terpopuler dunia dalam ajang Traveller’s Choice oleh Tripadvisor, Pulau Kreta di Yunani, memiliki satu pantai dengan pasir yang berwarna pink bernama Pantai Elafonisi. Uniknya, warna pinka di pantai ini hanya di salah satu sisinya saja, sedangkan sisi lainnya berwarna putih. Setiap hari Pantai Elafonisi selalu ramai oleh kunjungan turis. Dari pantai ini, turis dapat menyebrang ke Pulau Elafonisi yang jadi cagar alam.

SHARE :

Pilihan paket wisata di Phinemo Marketplace


POPULER MINGGU INI



REKOMENDASI

5 Hotel Ekslusif di Sekitar Candi Borobudur untuk Staycation Seru

Kenapa Maulid Nabi Dirayakan di Indonesia, Tapi Dilarang di Arab Saudi?

Kampung Bena Flores, Desa Adat Tertua di Dunia Sejak Zaman Batu

Wuhan Saat Ini, Pariwisata Resmi Dibuka Hingga Warga yang Pesta Pora

Diskon Pariwisata 2021 Senilai Rp 2,35 Juta Per Orang, Siap-siap Liburan!

Kain Tenun Endek dari Bali Jadi Koleksi Terbaru Dior, Bangga!

FALLBACK
The END