7 Tips Backpacker ke Karimunjawa untuk Liburan Seru dan Menyenangkan

Tujuh Tips Backpacker ke Karimunjawa agar Liburan lebih Seru dan Menyenangkan (instagram/@plesiran_karimunjawa).

Karimunajawa, sebuah gugusan pulau di ujung utara Pulau Jawa yang terkenal akan keindahan alam pesisir dan bawah lautnya. Karimunjawa secara administratif masuk ke dalam wilayah Kabupaten Jepara, Jawa Tengah. Saat ini, Karimunjawa menjadi destinasi wisata impian bagi sebagian besar pelancong dari penjuru nusatara bahkan dunia.

Bagi anda yang berniat berkunjung ke Karimunjawa namun masih bingung terkait akomodasi dan transportasi menuju lokasi, Touareg Adventure Service menyediakan paket wisata dengan penawaran spesial di Phinemo Marketplace. Klik link berikut untuk informasi selengkapnya >> Paket Wisata Karimunjawa.

Bagi anda yang lebih memilih melakukan backpacker ke Karimunjawa pastikan anda memperhatikan tujuh tips berikut agar liburan tidak mengecewakan dan terasa lebih seru serta menyenangkan.

1. Jangan Berkunjung Saat Musim Hujan

Karimunjawa merupakan gugusan pulau yang dipisahkan oleh Laut Jawa dengan jarak yang cukup jauh dengan daratan utama Pulau Jawa. Menyebrang mengarungi Laut Jawa menuju Karimunjawa saat musim hujan akan sangat berbahaya bagi keselamatan, karena pada saat itu cuaca dan gelombang laut sedang tidak bersahabat. Selain itu, saat musim hujan beberapa kapal penyebrangan lebih memilih tidak beroperasi ketimbang mengambil resiko untuk tetap menyebrang.

2. Homestay untuk Bermalam

Berlibur dengan cara backpacker dituntut untuk mampu mencari celah agar bisa menghemat budget semaksimal mungkin, terutama untuk akomodasi. Terdapat satu pilihan akomodasi ekonomis yang bisa anda pilih yaitu homestay. Umumnya biaya sewa homestay di Karimunjawa berkisar antara Rp. 75 – 200 ribu per malam. Jauh lebih murah dibandingkan menginap di hotel dengan fasilitas yang tak jauh berbeda.

3. Berburu Kuliner Murah

Meskipun tergolong kepulauan yang terpencil, tidak semua kuliner yang dijajakan di Karimunjawa murah. Beberapa rumah makan mematok harga yang terlalu tinggi dan tidak wajar. Oleh karena itu sangat dianjurkan untuk menanyakan terlebih dahulu harga seporsi makanan sebelum memesannya. Jangan ragu untuk melipir ke warung kaki lima demi kuliner dengan harga yang bersahabat.

4. Bawa Uang Tunai

Perlu diingat bahwa Karimunjawa merupakan sebuah kepulauan yang cukup terpencil dan jauh dari hingar bingar perkotaan. Kartu ATM dan emoney tidak akan berlaku di Karimunjawa. Dianjurkan untuk membawa uang tunai sebagai alat transaksi, bawa secukupnya dan tidak perlu berlebihan.

5. Jangan Lupa Snorkeling

Jauh-jauh ke Karimunjawa tapi tidak snorkeling? Rugi. Keindahan bawah laut Karimunjawa sangat sayang untuk dilewatkan begitu saja. Air laut berwarna biru yang jernih di Karimunjawa menutupi serangkaian terumbu karang yang maha indah lengkap dengan berbagai jenis ikan cantik disekitarnya. Sempatkan untuk sejenak menyelam dan snorkeling di laut Karimunjawa, dijamin anda kan dibuat takjub oleh keindahan yang tiada duanya.

6. Berenang dengan Hiu

Terdapat beberapa penangkaran Hiu di Karimunjawa yang sengaja dibuka untuk para pelancong yang ingin merasakan senasi berenang bersama predator lautan tersebut. Tak perlu takut, Hiu di Karimunjawa adalah jenis hiu jinak yang tak akan menyerang manusia jika tak diusik. Ditemani dengan seorang pemandu, setiap pelancong dituntun untuk berinteraksi dengan Hiu langsung di habitat aslinya.

7. Persiapkan Perlengkapan Pribadi

Persiapkan semua keperluan pribadi anda dengan sekasama, jika perlu periksa ulang semuanya untuk memastikan tidak ada yang tertinggal. Terutama bagi anda yang memiliki riwayat penyakit atau alergi tertentu, jangan lupa untuk membawa semua obat-obatan yang diperlukan.

Dapatkan ulasan menarik tentang karimunjawa dan tulisan Lain dari Taufiqur Rohman

Tags: ,

Paket Produk Penawaran

Pajang Paket Perjalanan Anda Disini. Klik Untuk Daftar