Sensasi Berenang dengan Hiu Sang Predator Lautan di Karimunjawa

Berenang dengan hiu di Karimunjawa (Instagram/@teamwisata).

Ingin merasakan sensasi berkejaran dengan hiu seperti di film The Meg dan The Jaws? Tak perlu khawatir, di Pulau Menjangan Besar, Karimunjawa memiliki sebuah penangkaran hiu yang dibuka untuk wisatawan umum. Ya, hiu sang predator lautan yang terkenal buas, berbahaya, dan membuat setiap orang bergidik ngeri kini dapat kamu ajak berinteraksi secara langsung disini. Terdapat dua jenis hiu yang ditangkarkan, hiu sirip putih (Charcorodon casharias) dan hiu sirip hitam (Charcarinus melanopterus). Kedua jenis hiu tersebut bukan termasuk hiu langka yang dilindungi.

Penangkaran hiu di Pulau Menjangan Besar memiliki dua kolam. Kolam pertama diisi dengan hiu yang berusia muda. Sedangkan kolam kedua diisi dengan hiu dewasa. Walaupun hiu-hiu disini sudah jinak dan terbiasa berinteraksi dengan manusia, tetap saja kamu perlu berhati-hati dan selalu waspada. Hewan predator selalu memiliki naluri untuk membunuh. Kamu harus mendengarkan secara seksama instruksi yang diberikan oleh pemandu.

Demi keselamatan, pengunjung yang sedang menstruasi atau ada bagian tubuh yang terluka tidak diijinkan memasuki kolam. Hiu sangat sensitif dengan aroma darah, sehingga hiu akan merasa mendapatkan makanan. Jika kamu sebelumnya menyantap ikan, pastikan kamu mencuci tangan dengan bersih karena aroma amis ikan dapat memenacing hiu menyerang. Tidak dianjurkan untuk memegang hiu meskipun itu hiu muda. Selain itu kamu diharapkan tetap tenang selama di kolam agar kondisi tetap kondusif. Gerakan tubuh yang berlebihan di air dapat memancing hiu mendekat dan menyerang.

Pengunjung masuk ke kolam berisi hiu muda satu persatu dengan didampingi pemandu. Untuk mengundang hiu mendekat pemandu akan melemparkan ikan, dan saat itu kamu bisa berfoto dengan ikan predator ini. Bagi kamu yang merasa pengalaman dengan hiu kecil kurang menantang, kamu bisa juga berfoto dengan hiu sirip hitam dewasa dengan ukuran rata-rata 1,6 meter.

Tidak hanya hiu, di Pulau Menjangan Besar kamu juga dapat melihat penangkaran penyu sisik (Eretmochelys imbricata), Penyu hijau (Chelonia mydas), dan elang jawa yang dikelola langsung oleh Balai Taman Nasional Karimunjawa.

Akses menuju Pulau Menjangan Besar dapat melalui jalur air dengan kapal wisata. Lokasinya yang berdekatan dengan Dermaga rakyat, untuk menuju pulau ini hanya membutuhkan waktu sekitar 15 menit dari Pulau Besar Karimunjawa.

Bila kamu berasal dari daerah lain atau diluar Jawa Tengah perjalanan dapat dimulai dari Semarang dengan jalur darat atau udara. Dari Semarang kamu dapat meunuju Dermaga Pantai Kartini selama dua jam dengan jalur darat. Sesampainya di Dermaga Pantai Kartini kamu dapat menumpang Kapal Feri atau Kapal Cepat menuju Karimunjawa.

Dapatkan ulasan menarik tentang Karimunjawa dan tulisan Lain dari Taufiqur Rohman

Tags: , ,

Paket Produk Penawaran

Pajang Paket Perjalanan Anda Disini. Klik Untuk Daftar