Sidebar

5 Cara Mengakali Keliling Indonesia yang Mahal dengan Budget Minimalis

Liburan keliling Indonesia dapat diwujudkan dengan biaya hemat. Salah satu cara liburan hemat adalah membeli paket wisata dengan garansi harga termurah.

SHARE :

Ditulis Oleh: Taufiqur Rohman

Faktor biaya menjadi salah satu kendala berwisata di dalam negeri. Sehingga muncul persepsi di masyarakat bahwa jalan-jalan ke luar negeri lebih murah dari pada wisata domestik. Kondisi geografis Indonesia yang merupakan negara kepulauan menjadi PR tersendiri bagi pemerintah agar biaya transportasi bisa turun, sehingga biaya keliling Indonesia bisa lebih hemat.

Selain biaya transportasi, juga harus memikirkan hotel, kuliner bahkan oleh-oleh. Pilihan aktifitas dan destinasi perlu dipertimbangkan dengan matang agar wisata dapat memberikan kepuasan bukan hanya capai di jalan.

Berikut ini adalah tips dari kami untuk menghemat biaya pengeluaran untuk traveling tanpa serta tetap dapat menikmati perjalanan.

1. Berangkat Pada Saat Low Season

Berlibur saat waktu libur atau high season adalah hal yang menyebalkan. Bagaimana tidak, harga tiket masuk tempat wisata, hotel, dan transportasi juga akan melonjak tajam dari biasanya. Tak hanya itu, saat waktu libur tiba maka jalanan akan semakin ramai dan macet karena semua orang berbondong-bondong pergi ke tempat wisata yang sama.

Sehingga sangat disarankan untuk pergi liburan saat hari biasa atau low season saja. Memang akan sedikit sulit untuk mengatur cuti kerja, namun sisi positifnya bisa berlibur dengan lebih hemat dan suasana yang tenang.

2. Sekali-kali Coba Liburan Ala Backpacker

Cara paling tepat untuk berhemat saat liburan adalah dengan backpacker. Liburan ala backpacker dapat diartikan sebagai perjalanan mandiri, tanpa trip organizer yang mengatur rencana perjalanan dari berangkat hingga pulang.

Seorang backpacker mengatur semua keperluan liburan seperti kebutuhan konsumsi, akomodasi dan transportasi secara mandiri. Termasuk lokasi yang mau dikunjungan sehingan bisa disesuaikan dengan biaya yang dimiliki.

Anda bisa mengatur berangkat pakai mode transportasi apa dan menginap dimana. Sesuaikan dengan budget yang ada, tapi jangan lupa tetap memikirikan kenyamanan dalam perjalanan. Supaya anda tetap fresh saat kembali ke rutinitas harian.

3. Pilih Maskapai Penerbangan LCC

Terdapat banyak pilihan maskapai penerbangan yang siap mengantarkan ke seluruh penjuru Indonesia. Sangat disarankan untuk memilih maskapai penerbangan Low-Cost Carrier (LCC) seperti Sriwijaya dan Air Asia untuk tetap menekan pengeluaran traveling.

Maskapai penerbangan LCC adalah maskapai penerbangan yang memberikan tarif rendah dengan mengurangi beberapa layanan reguler.

Anda bisa semakin berhemat jika memesan pesawat Sriwijaya pada rentang tanggal 20 Januari – 31 Maret 2020 dan Air Asia pada 20 Januari – 10 Maret 2020, karena anda bisa pakai promo Angpao DOKU. Setiap pembelian akan mendapatkan potongan sebesar Rp 100.000 jika pembayaran menggunakan Doku e-Wallet.

4. Aktif Berburu Harga Promo dari Travel Agent

Travel Agent juga punya program promo yang digunakan untuk menarik pelanggan baru. Biasanya terdapat waktu-waktu khusus dimana kita bisa mendapatkan special deals dari agen perjalanan walaupun jumlahnya terbatas. Harga-harga promo ini patut untuk diburu, saran kami jangan terlalu terburu-buru memesan aktifitas/paket wisata, cek beberapa kali di media sosial maupun blog travel agent lain, siapa tahu sedang ada promo khusus.

Salah satunya kamu bisa cari di Klook, plathform pemesanan aktifitas dan layanan perjalanan asal Hongkong ini sedang ada promo Angpao Doku dengan diskon potongan harga Rp 100.000. Mereka lagi ekspansi di Indonesia. Kita manfaatkan saja program-program promo tersebut.

Selain itu kamu juga bisa mengunjungi Travel Fair, biasanya travel agent memiliki kerjasama sama khusus dengan Bank ataupun maskapai penerbangan. Jadi kamu bisa memanfaatkan diskon dan promo tersebut di Travel Fair ini. Selain diskon kadang pembayaran juga bisa dicicil tanpa bunga, cukup menggiurkan kan? Supaya dompet tidak kaget tiba-tiba isinya kosong.

5. Explore Destinasi Baru dari Pada berkunjung Ke Destinasi Terkenal

Destinasi yang sudah terkenal biasanya telah menggunakan tarif turis. Tarif tersebut cenderung lebih mahal jika di bandingkan dengan destinasi-destinasi baru. Alih-alih membayar tarif turis yang mahal, akan lebih hemat jika kita menjelajahi tempat-tempat baru yang belum viral.

Destinasi yang viral lebih banyak di dominasi tempat-tempat instagramable yang berupa pemandangan. Padahal Indonesia juga kaya akan keanekaragaman flora dan fauna yang beraneka ragam. Walaupun lokasi-lokasinya memang terpisah-pisah, lebih banyak di Sumatera atau Kalimantan. Kalau ke Indonesia Timur, fauna bawah laut sangat dicari turis asing.

Alternatif lain jika ingin melihat fauna-fauna Indonesia, bisa berkunjung ke Taman Safari Indonesia, pengunjung dapat berkeliling dan berinteraksi langsung dengan berbagai jenis binatang dari seluruh penjuru Indonesia.

Angpao Doku juga bisa digunakan untuk menghemat biaya wisata Anda dengan potongan harga sebesar Rp 50.000 untuk pembelian tiket pada 1 Februari – 10 Maret 2020.


Nah, itu  tadi sederet siasat untuk akali  mahalnya liburan berkeliling Indonesia. Tertarik kan? Sebelum kehabisan buruan serbu promo  #AngpaoDOKU yang bisa kamu gunakan untuk jalan-jalan sekarang. 

Tak perlu khawatir soal pembayaran,  karena sebagai perusahaan jasa solusi pembayaran online, DOKU sudah sediakan 3 metode pembayaran untuk permudah transaksi saat kamu gunakan promo mulai dari Virtual Account, Doku e-Wallet hingga Kartu Kredit. DOKU telah berpengalaman lebih dari 10 tahun dan mendapatkan sertifikasi keamanan dari Bank Indonesia.

SHARE :

Pilihan paket wisata di Phinemo Marketplace


POPULER MINGGU INI



REKOMENDASI

5 Rekomendasi Hotel Kapsul di Jakarta, Cocok untuk Kaum Backpacker

Kota Tokyo di Jepang Jadi Destinasi Backpacker Termahal di Asia

Hanoi di Vietnam, Kota Termurah di Dunia untuk Backpacker

Tempat Wisata Backpacker Terbaik di Dunia 2020, Indonesia Juara

Promo Makanan Terbaru Spesial Kemerdekaan Bulan Agustus 2019

Backpacker ke Dieng dengan Motor, Berikut Tipsnya

FALLBACK
The END