Sidebar

7 Alasan Mengapa Kita Harus Melakukan Perjalanan Wisata

Guru tidak hanya sosok yang kita kenal di sekolah saja. tetapi melakukan perjalanan wisata bisa jadi guru yang paling berharga bagi diri kita. ini alasannya

SHARE :

Ditulis Oleh: Vania Malinda

Melalui traveling kita bisa lebih mengenal diri sendiri dan mensyukuri hidup kita. sumber

 

Berbicara tentang Hari Guru Nasional yang jatuh pada tanggal 25 November mendatang, sudah jelas tidak akan jauh dari peran seorang guru. Guru merupakan salah seorang yang sangat berjasa dalam hidup keluarga. Dari mereka kita bisa banyak belajar tentang apapun yang ada di dunia ini. Namun guru bukan hanya menggambarkan seorang “sosok” saja, melakukan perjalanan wisata juga bisa dianggap sebagai guru dalam kehidupan kita.

Melakukan perjalanan wisata atau traveling pada dasarnya akan mengubah diri kita. Pada saat traveling kita akan bertemu dengan situasi yang baru, orang-orang baru, dan yang jelas pengetahuan baru. Ada banyak sekali manfaat yang bisa diambil dari melakukan perjalanan. Berikut alasan mengapa traveling bisa diumpamakan sebagai guru dalam kehidupan kita.

Baca juga alasan kenapa harus nonton event wisata, disini

1. Bisa lebih mengenal diri sendiri

Ketika kita traveling, kita akan bertemu dengan banyak hal yang baru. Pada saat ini kita mulai lebih mengenal karakter diri, apa yang kita senangi, apa yang kita takutkan, dan lain-lain. Terlebih apabila melakukan Solo Traveling, kita adalah satu-satunya orang yang memutuskan segala sesuatu saat di perjalanan. 

2. Mengenal orang lain dan karakter orang lain

Pada saat melakukan perjalanan sudah pasti kita akan bertemu dengan orang-orang baru. Kita bisa mendapatkan banyak pengetahuan seperti daerah asal orang tersebut, adat, kebiasaan, atau hal-hal lain yang berbeda dari kehidupan kita.

Mengenal karakter orang lain merupakan pelajaran yang sangat berharga bagi hidup kita. Karena tidak semua orang mempunyai karakter yang sama, bisa saja justru sangat berkebalikan dengan karakter diri kita. Apa yang ada dalam diri orang lain bila bersifat positif bisa kita tiru, dan yang negatif bisa kita jadikan pelajaran.

Sebuah ungakapan yang mengatakan agar kita berhati-hati dengan orang asing memang benar adanya. Namun bukan berarti kita sama sekali tidak boleh berteman dengan orang baru. Memiliki banyak teman dari berbagai daerah seringkali memberikan kita banyak manfaat dikemudian hari.

3. Membuka wawasan baru tentang dunia luar

Apabila kita melakukan hal yang itu-itu saja tentu akan menyebabkan kejenuhan, dan wawasan yang kita punya belum tentu bertambah. Dengan melakukan perjalanan ke tempat yang baru, sudah pasti kita akan menemui hal-hal baru pula.

Memang kita bisa memperoleh banyak informasi hanya dari internet saja. Namun pada saat melakukan perjalanan, ada satu hal yang bisa kita dapatkan yang tidak akan kita dapatkan saat browsing di internet, ialah rasa. 

Kita bisa merasakan sendiri apa yang ada di luar sana. Merasakan secara langsung apa yang ada di depan mata. contoh sederhananya, kita tahu makanan khas dari Yogyakarta adalah Gudeg. Tetapi kita tidak akan pernah tau rasanya jika kita tidak merasakan langung bagaimana rasa gudeg itu. Satu hal kecil seperti ini bisa menambah wawasan kita tentang dunia luar.

4. Manajemen keuangan

Melakukan perjalanan wisata memang butuh biaya. Kecuali jika seluruh akomodasi kita dibayari oleh sponsor. Tetapi  pada umumnya, kita akan mengatur sendiri bagaimana keuangan kita saat di perjalanan nanti. Menyisihkan sebagian gaji untuk perjalanan wisata juga contoh dari manajemen keuangan. Melalui hal-hal seperti ini kita bisa belajar lebih bijak untuk mengatur uang.

Baca juga tips-tips traveling murah untuk anak kantoran, di sini

5. Kemampuan beradaptasi

Saat berada di tempat yang asing, secara praktis alam bawah sadar kita akan melakukan adaptasi dengan lingkungan. Pada awalnya mungkin kita akan kaget karena tidak terbiasa, namun seiring berjalannya waktu kita akan mulai belajar untuk menyesuaikan diri. Karena setiap manusia pada dasarnya memiliki rasa tidak percaya diri ataupun tidak aman ketika berbeda dengan orang lain. 

6. Lebih mencintai indonesia

Indonesia itu sangat indah, tidak kalah dengan negara-negara lain. Banyak tempat di Indonesia yang bisa kita explore keindahannya. Bahkan mungkin waktu seumur hidup juga tidak cukup untuk mencicipi setiap keunikan di dalamnya. Datang ke tempat yang belum kita sambangi sebelumnya akan membuat kita belajar tentang perbedaan. Apabila kita bisa menerima perbedaan-perbedaan itu, maka sudah jelas rasa cinta terhadap Indonesia akan tumbuh dalam hati kita.

7. Rasa syukur terhadap tuhan

Dengan melakukan perjalanan wisata kita akan menikmati Mahakarya Tuhan di bumi ini. Keindahan alam, nikmatnya keberagaman, dan rasa senang yang timbul dari diri kita akan membuat kita lebih bersyukur kepada Tuhan. Ini membuktikan bahwa mengambil manfaat dari sebuah perjalanan bisa membuat kita semakin dekat dengan Pencipta.

Baca juga tips-tips kalau kamu ingin nonton festival di Indonesia, di sini

SHARE :

Pilihan paket wisata di Phinemo Marketplace


POPULER MINGGU INI



REKOMENDASI

Sunblock SPF 50 Aman untuk Kulit Sensitif? Simak Penjelasannya dari Ahli

7 Sunblock Pria Paling Bagus untuk Lindungi Kulit Saat Hiking

Tips Memilih Kursi Pesawat Agar Tidak Tertular Penyakit di Perjalanan

7 Persiapan Menyambut Ramadhan 2020 Saat Pandemi Virus Corona

Cara Membersihkan Smartphone dan Kamera dari Virus Corona

5 Tips Memilih Kursi di Pesawat Agar Nyaman Sepanjang Perjalanan

FALLBACK
The END