Sidebar

Sunblock SPF 50 Aman untuk Kulit Sensitif? Simak Penjelasannya dari Ahli

Sunblock dengan SPF 50 memiliki efektivitas sama saja, bedanya ada pada durasi perlindungan. SPF terlalu tinggi terlalu berisiko untuk kulit sensitif.

SHARE :

Ditulis Oleh: Taufiqur Rohman

Sunblock atau Sunscreen menjadi salah satu perlengkapan wajib yang harus dibawa saat sedang berlibur ke tempat wisata outdoor. Sunblock akan melindungi kulit dari paparan sinar matahari sehingga mengurangi risiko kulit terbakar maupun penuaan dini. Namun perlu diperhatikan, tidak semua produk sunblock cocok untuk berbagai jenis kulit, terutama kulit sensitif. Sebab berbeda dengan kulit normal, kulit sensitif lebih mudah mengalami iritasi.

Sunblock dengan SPF 50 adalah yang paling sering digunakan. Banyak yang mengira sunblock SPF 50 memiliki efektivitas paling ampuh melindungi kulit dari paparan sinar matahari. Padahal sebenarnya sama saja, bedanya ada pada durasi perlindungan.

Sunblock SPF 30 adalah yang paling tepat, tidak terlalu tinggi juga tidak terlalu rendah. Aplikasikan pada kulit setiap dua jam sekali atau setelah berkeringat dan berenang. Penggunaan sunblock SPF terlalu tinggi justru dapat memperbesar risiko luka bakar dan kanker kulit, terlebih untuk jenis kulit sensitif dan memiliki sejarah kanker kulit.

Cara Memilih Sunblock untuk Kulit Sensitif

Dilansir dari alodokter.com, berikut ini disajikan beberapa hal yang wajib diperhatikan saat sedang memilih sunblock untuk kulit sensitif dari ahli.

  1. Hindari kandungan Para-aminobenzoic Acid (PABA), memicu alergi.
  2. Hindari kandungan benzophenones, menyebabkan iritasi kulit.
  3. Pilih yang mengandung titanium dioksida.

Selain itu pastikan sunblock untuk kulit sensitif mampu melindungi dari paparan sinar UVA maupun UVB. Selain menggunakan sunblock, pemilik kulit sensitif juga dianjurkan untuk memberikan perlindungan ekstra ketika hendak melakukan berbagai aktivitas di bawah matahari langsung. Hindari paparan sinar matahari saat pukul 10 pagi hingga 2 siang karena pada jam tersebut paparan sinar UV terbilang sangat kuat.

SHARE :

Pilihan paket wisata di Phinemo Marketplace


POPULER MINGGU INI



REKOMENDASI

3 Daerah Indonesia yang Tidak Pernah Dijajah, Sudah Tahu?

Casa Sosrowijayan Jogja, Penginapan AirBnB Unik di Jalan Malioboro

Makam Tua di Batam, Tujuan Wisata Religi di Lautan Selat Malaka

Ada Suku Batak di Filipina, Satu Nenek Moyang dengan Batak Sumatera?

Sipson Island, Pulau Terlarang yang Dibuka Setelah 300 Tahun Tutup

YATS Colony Yogyakarta, Hotel Ekslusif yang Sering Disinggahi Artis

FALLBACK
The END