Sidebar

8 Tips Jitu Travelling Hemat Untuk Anak Kantoran

Melakukan sebuah perjalanan tidak harus mengeluarkan banyak biaya, banyak cara untuk menyiasatinya. simak tips-tips berikut agara travellingmu low budget.

SHARE :

Ditulis Oleh: Vania Malinda

Ada banyak cara untuk menikmati liburan dan tidak harus mahal. Sumber foto

Semua orang pasti membutuhkan waktu untuk terbebas sejenak dari kesibukannya sehari-hari. Melepas kepenatan bisa dilakukan dengan banyak cara, bisa dengan melakukan hobi, bersantai dirumah, atau memilih untuk melakukan perjalanan. Tetapi bagi sebagian orang melakukan perjalanan terkesan mahal dan membutuhkan banyak waktu. Pada akhirnya, banyak yang mengurungkan niat itu. Berikut tips-tips meminimalisir pengeluaran saat travelling.

  1. Staycation atau Wisata Lokal

    Menikmati pemandangan alam bisa melepas penatnya kesibukanmu. sumber

Travelling bukan berarti harus pergi ke tempat yang jauh dan sama sekali belum kamu kenal. Memasukan opsi kota tempat kamu tinggal sebagai destinasi wisata juga tidak kalah  seru. Karena masing-masing kota atau negara pasti memiliki potensi wisata yang bagus untuk dikunjungi. 

Kalau kamu sudah bosan ke pusat perbelanjaan, coba cari di internet info tentang destinasi wisata keluarga maupun wisata alam yang menarik di kotamu. Tak perlu jauh-jauh, kamu bisa bersepeda keliling kota atau wisata kuliner ke tempat-tempat makan yang belum pernah kamu kunjungi. Wisata semacam ini akan jauh menghemat biaya ketimbang ke luar kota yang pastinya akan mengeluarkan biaya lebih untuk penginapan,transportasi, dan lain-lain.

Datang ke festival kuliner tidak kalah menarik untuk opsi liburan kita. simak juga tips-tips untuk wisata kuliner disini

  1. Cari tau tentang kota atau tujuan wisata yang ingin di datangi

     

    Mencari informasi tentang kota tujuan sangatlah penting. sumber

Riset sebelum melakukan sebuah perjalanan sangatlah penting, terlebih bila menginginkan perjalanan yang low budget atau terjangkau. Cari informasi tentang hotel yang murah, transportasi yang bisa digunakan, tempat makan enak namun terjangkau. Informasi seperti letak hotel saja bisa membawa pengaruh yang sangat besar.

Contohnya, pada saat kamu memilih hotel yang diperhatikan tidak hanya harganya saja, namun letak hotel juga penting. Cari hotel yang berdekatan dengan destinasi wisata yang ingin kamu kunjungi untuk menghemat ongkos transportasi. Atau cari hotel yang dekat dengan transportasi umum jika kamu tidak membawa kendaraan pribadi, agar tidak kesusahan nantinya.

  1. Cari promosi atau diskonan

    Hotel dan armada transportasi seringkali memberikan promo tiket murah. sumber

Agen Travel, transportasi, maupun penginapan seringkali memberi promosi atau potongan harga. Sebelum membeli tiket ataupun mem-booking penginapan, ada baiknya kamu mencari informasi mengenai diskon-diskon yang ditawarkan. Membandingkan tawaran satu agen dengan agen yang lain adalah hal yang wajar, terlebih bila kamu ingin mendapatkan biaya yang cocok dengan dompet kesayangan.

  1. Menginap di rumah teman 

    Menginap sekaligus bersilaturahmi dengan teman lama. sumber

Mempunyai banyak teman sudah pasti memberikan banyak manfaat bagi diri kita,  salah satunya kamu bisa menginap di rumah teman saat kamu traveling untuk lebih menghemat biaya. Selain bersilaturahmi dan melepas rindu, kamu sekaligus mendapatkan teman di perjalanan. Terlebih lagi kamu juga bisa mendapatkan banyak informasi mengenai kota tersebut dari temanmu. Seperti tempat makan yang murah meriah tapi enak ataupun tempat wisata yang menarik.

Ajak sekalian temanmu untuk menikmati event wisata yang ada di kota tersebut. Untuk yang di Yogyakarta misalnya, ada Festival topeng di Yogyakarta akhir Oktober nanti. cek disini

  1. Hindari pergi saat musim liburan

    Selain ramai, pada musim liburan biaya hotel dan transportasi akan melambung tinggi. sumber

Jika ingin wisata yang low budget, sebaiknya hindari musim liburan. Karena biasanya pada musim liburan harga tiket transportasi, destinasi wisata, maupun penginapan akan naik. Tidak hanya musim liburan saja, hari-hari besar nasional juga biasanya akan mempengaruhi biaya-biaya tersebut. Namun apabila kamu tidak punya pilihan lain untuk berwisata pada waktu tersebut, coba booking dari jauh-jauh hari, biasanya harga yang ditawarkan masih cenderung normal.

  1. Perhatikan waktu yang tepat untuk membeli tiket pesawat 

    Penerbangan paling pagi biasanya memiliki tarif paling murah. sumber

Mencari waktu yang pas untuk membeli tiket perjalanan juga penting, terlebih kamu yang menggunakan pesawat. Harga tiket pesawat cenderung berubah-ubah. Kamu telat pesan beberapa hari saja harganya bisa berubah. Jangan cari penerbangan di hari yang sibuk, seperti hari Jumat, atau di akhir pekan. Karena pada hari-hari tersebut ativitas penerbangan lebih tinggi dari hari yang lain.

Sebaiknya kamu booking penerbangan untuk hari Selasa atau Rabu, biasanya harganya cenderung murah dibanding hari-hari lain. Waktu penerbangan yang berbeda pada satu maskapai yang sama juga bisa membuat perbedaan harga. Penerbangan paling pagi seringkali mempunyai tarif yang lebih murah.

  1. Datang ke tempat yang gratis

    Hindari wahana taman bermain apabila ingin travellling low budget. sumber

Untuk menghemat biaya, datang ke tempat wisata yang gratis bisa jadi pilihan. Destinasi wisata alam seringkali tidak dikenakan biaya, atau paling tidak hanya memungut biaya tiket masuk dan parkir saja. Kalau bisa hindari pergi ke tempat wisata yang memang khusus wahana bermain, karena bisa jadi kamu akan mengocek kantong lebih dalam nantinya.

  1. Memilih tempat belanja

    Selain menjual bahan baku pangan, pasar tradisional juga menjual oleh-oleh khas kota tersebut. sumber

Sebelum kamu pulang ke kota asal, kamu pasti mempunyai keinginan untuk membawakan pacarmu oleh-oleh. Daripada kamu membeli oleh-oleh di tempat wisata, lebih baik kamu mencari di pasar-pasar tradisional. Walaupun lebih mudah mencari oleh-oleh di tempat wisata, namun harganya bisa jadi lebih mahal dari harga normal. Biasanya di pasar tradisional pasti ada satu atau dua toko yang menjual oleh-oleh khas kota tersebut dan tentu saja harganya akan lebih terjangkau.

Berkeliling kota – kota di Indonesia sambil memotret keindahan Negeri seperti Ferry Kana juga seru. klik disini untuk tau kisah inspiratifnya.

SHARE :

Pilihan paket wisata di Phinemo Marketplace


POPULER MINGGU INI



REKOMENDASI

27 Hotel Isolasi Pasien Covid-19 di Jakarta yang Dirujuk Pemerintah

Kenapa Dilarang Memetik Bunga Edelweis di Gunung? Sangat Istimewa

Heart Reef Australia, Area Terumbu Karang Terlarang yang Kembali Dibuka

5 Hotel Terbaik Dunia yang Ada di Indonesia, Langganan Artis Holywood

Tingkat Keamanan Maskapai Indonesia dari Covid-19, Seberapa Aman?

Soju Halal dari Bandung untuk Muslim yang Terinspirasi Drama Korea

FALLBACK
The END