5 Tips Nonton Festival di Indonesia

Memiliki keindahan alam dan kekayaan budaya yang melimpah menjadikan Indonesia sebagai salah satu destinasi tujuan favorit. Untuk itu, Kementrian Pariwisata Indonesia bersama seluruh dinas pariwisata daerah menyusun Kalender Event Nasional sebagai cara untuk menarik perhatian wisatawan khususnya mancanegara. 

Berbagai event dan festival digelar selama setahun penuh di berbagai daerah dengan tema, budaya, keagamaan, seni dan tradisi. Dan masih banyak festival yang akan digelar nantinya, untuk itu simak tips berikut ini yah sebelum kamu nonton festival atau event wisata lainnya. 

1. Sesuaikan kostum dengan tema festival 

Kostum yang sesuai akan menambah keseruan saat nonton festival.

Sebelum datang ke acara festival, pastikan dulu kamu cari tau informasi umum tentang kegiatan yang akan kalian datangi. Hal ini penting untuk menentukan pakaian seperti apa yang harus kita gunakan. 

Biasanya, untuk mendatangi festival kita hanya perlu pakaian kasual yang simpel agar kita lebih nyaman dan leluasa ketika perlu banyak bergerak. Tetapi seringkali juga kita harus menyesuaikan tema dari festival yang akan didatangi untuk semakin merasakan atmosfer dari festival tersebut.

Jangan salah kostum yah!

2. Makan dulu! dan bawa uang lebih

Bawa uang lebih yah, barangkali ada yang perlu dibeli.

Sebelum noton festival usahakan perut kalian udah terisi, karena kita nggak pernah tau keadaan nanti saat festival berlangsung akan seperti apa. Maka dari itu, untuk berjaga-jaga makan lah terlebih dahulu supaya kita punya tenaga penuh untuk menikmati festival. 

Selain itu, yang perlu kalian perhatikan juga adalah bawa uang lebih. Ingat uang lebih bukan banyak! Ini sangat perlu karena biasanya dalam festival akan ada pameran yang menjajakan makanan, minuman, souvenir yang menarik jadi kalian bisa lebih terlibat dalam festival.

Baca juga hal-hal yang perlu kalian perhatikan saat berkunjung ke festival kuliner dengan klik disini

3.  Bawa barang seperlunya saja

Kalau suasananya sesak, barang bawaan kalian akan sangat berpengaruh.

Hal ini sangat penting, karena biasanya sebuah acara festival akan dihadiri oleh banyak orang sehingga kemungkinan untuk berdesak-desakan sangat tinggi. Oleh karena itu, kita perlu menentukan barang apa saja yang perlu dan tidak perlu dibawa saat nonton festival. 

Adapun barang wajib yang harus kalian bawa yaitu, handphone, kameran, dompet, tisu kering dan basah, dan tas kecil. Ini saja sebenarnya sudah cukup, sekaligus mengurangi beban yang harus dibawa. Tapi jika merasa perlu membawa yang lain silahkan yang penting jangan berlebihan yah. 

Kalian mau nonton festival kan? bukan mau pindahan. 

4. Abadikan momen-momen festival 

Jangan sampai menyesal gagal mengabadikan momen saat festival.

Acara festival tidak setiap hari bisa kalian lihat, jadi jangan sampai ketinggalan mengabadikan momen momen saat festival berlangsung. 

Baca juga tips memotret acara festival dan pawai dengan klik disini

Untuk hal ini, kalau kalian merasa cukup memfoto dengan hp itu lebih baik karena nggak perlu lagi bawa kamera yang bisa nambah beban dan membatasi ruang gerakmu. Tapi kalau merasa kurang puas dengan hasil jepretan hp, kalian bisa bawa 1 kamera dan lensa secukupnya untuk peralatan “perang”mu.

Jangan bawa lebih dari satu kamera dan semua koleksi lensa yang kamu punya yah, pastikan kalian tahu rangkaian kegiatannya dan sesuaikan perlengkapan yang diperlukan. 

5. Perhatikan jadwal agar bisa lebih menikmati festival

Ilustrasi: cek jadwal festival supaya bisa menikati acara lebih maksimal.

Dalam sebuah festival, biasanya terdapat banyak rangkaian acara yang digelar. Pameran, demo, pertunjukan dan lain-lain. Untuk itu penting sekali bagi kalian mencari tahu informasi lengkap penyelenggaraan festival yang akan dikunjungi. 

Untuk tahu jadwal acaranya secara lengkap, coba cek di media sosial atau website festival bersangkutan. Jangan sampai kalian tidak tahu apa-apa saat datang ke acaranya, kalaupun mendadak coba tanya kepada panitia atau orang lain yang juga hadir di acara tersebut. 

Dapatkan ulasan menarik tentang dan tulisan Lain dari Syaiful Millah

Tags: , ,

Paket Produk Penawaran

Pajang Iklan Anda Klik Untuk Daftar