Sidebar

4 Negara Darurat Virus Corona yang Telah Menetapkan Status Siaga Satu

Penyebaran Virus Corona (Covid-19) terus mengganas dan masif. Terdapat beberapa negara di dunia yang saat ini sedang siaga satu atau darurat Covid-19.

SHARE :

Ditulis Oleh: Taufiqur Rohman

Sejak awal tahun 2020 lalu, penyebaran wabah Virus Corona (Covid-19) di seluruh dunia belum juga mereda hingga kini. Organisasi Kesehatan Dunia (World Health Organization/WHO) yang bernaung dibawah PBB bahkan telah menaikkan tingkat ancaman akibat Covid-19 ke level maksimum, setelah penyebarannya terdeteksi hingga Afrika dan memberi dampak besar terhadap kondisi perekonomian dunia.

Bermula dari Kota Wuhan di China, penyebaran Covid-19 terus mengganas. Meskipun otoritas China telah mengklaim bahwa jumlah pasien terinfeksi Covid-19 di negaranya menurun, namun di luar China menyebar sangat masif. Terdapat beberapa negara yang saat ini sedang siaga satu atau darurat Covid-19, berikut diantaranya.

Update Terkini: Wapada! Jokowi Umumkan Dua WNI Positif Corona di Indonesia

1. China

China adalah negara tempat dimana wabah Covid-19 berasal. China juga menjadi negara yang pertama kali mendeklarasikan diri siaga satu akibat Covid-19. Laporan dari Komisi Kesehatan Nasional China (NHC) tercatat sebanyak 2.835 kematian terjadi akibat Covid-19 sejak Desember 2019 lalu. Pada Jumat (28/2) lalu, kasus Covid-19 telah meningkat 427 kasus, sehingga menambah total kasus yang dikonfirmasi di daratan China menjadi 79.251.

2. Korea Selatan

Korea Selatan menjadi negara kedua dengan jumlah kasus Covid-19 paling banyak setelah China. Berdasarkan investigasi diketahui Covid-19 pertama kali menyebar dari seorang wanita berusia 61 tahun yang demam pada 10 Februari dan tidak tahu sedang terinfeksi Covid-19, datang ke pelayanan Gereja Shincheonji. Total kasus Covid-19 di Korea Selatan mencapai 763 orang dengan 16 kematian. Korea Selatan sejak 23 Februari lalu telah menetapkan siaga satu Covid-19.

Update Terkini: Dampak Corona, Pemerintah Berikan Diskon Tiket Pesawat 50 Persen

3. Iran

Iran pertama kali mengumumkan adanya wabah Covid-19 di negaranya pada 19 Februari. Dalam pengumumannya, Iran sekaligus melaporkan jumlah kematian akibat Covid-19. Namun menurut pejabat setempat sebagaimana dikutip dari ILNA, penyebaran sebenarnya sudah terjadi sejak 18 Februari. Setidaknya saat ini 34 orang telah dinyatakan meninggal karena Covid-19, dan 250 orang sedang di karantina.

4. Italia

Italia melaporkan adanya warga yang positif Covid-19 sejak awal Februari. Namun jumlah kasus melonjak signifikan pada 24 Februari. Jumlah kasus Covid-19 melonjak dua kali lipat hanya dalam waktu 48 jam sejak Minggu (1/3). Jumlah kasus di Italia mencapai 1694 kasus, termasuk mereka yang sudah sembuh dan meninggal. Saat ini 779 pasien Covid-19 masih dirawat, 140 diantaranya menjalani perawatan intensif.

Empat negara tersebut telah menghentikan sejumlah penerbangan dari dan menuju China, guna mengantisipasi semakin merebaknya penyebaran Covid-19 di wilayah negaranya. Wisatawan juga dihimbau untuk tidak tidak dulu berkunjung ke negara-negara tersebut agar terhindar dari infeksi Covid-19. Dunia memang sedang kacau akibat wabah Covid-19 ini, dampaknya begitu besar hingga menggoyahkan perekenomian dunia. Jaga kesehatan, semoga negara tercinta Indonesia aman dari Covid-19.

SHARE :

Pilihan paket wisata di Phinemo Marketplace


POPULER MINGGU INI



REKOMENDASI

Tragedi Ledakan Lebanon, Negara Non-Muslim Terbesar di Timur Tengah

Rumah Paling Berhantu di Irandia Dijual Rp 42,3 Miliar, Berminat?

Kepulauan Fiji, Destinasi Bulan Madu Terbaik di Samudera Pasifik

Kiamat Sudah Dekat? Populasi Penduduk Bumi Diprediksi Menurun Tajam

Timor Leste Jadi Negara Miskin Setelah Lepas dari Indonesia, Kok Bisa?

Wisata Kuliner India, Jangan Dilakukan di Negara Asalnya! Berbahaya?

FALLBACK
The END