Sidebar

4 Negara Darurat Virus Corona yang Telah Menetapkan Status Siaga Satu

Penyebaran Virus Corona (Covid-19) terus mengganas dan masif. Terdapat beberapa negara di dunia yang saat ini sedang siaga satu atau darurat Covid-19.

SHARE :

Ditulis Oleh: Taufiqur Rohman

Sejak awal tahun 2020 lalu, penyebaran wabah Virus Corona (Covid-19) di seluruh dunia belum juga mereda hingga kini. Organisasi Kesehatan Dunia (World Health Organization/WHO) yang bernaung dibawah PBB bahkan telah menaikkan tingkat ancaman akibat Covid-19 ke level maksimum, setelah penyebarannya terdeteksi hingga Afrika dan memberi dampak besar terhadap kondisi perekonomian dunia.

Bermula dari Kota Wuhan di China, penyebaran Covid-19 terus mengganas. Meskipun otoritas China telah mengklaim bahwa jumlah pasien terinfeksi Covid-19 di negaranya menurun, namun di luar China menyebar sangat masif. Terdapat beberapa negara yang saat ini sedang siaga satu atau darurat Covid-19, berikut diantaranya.

Update Terkini: Wapada! Jokowi Umumkan Dua WNI Positif Corona di Indonesia

1. China

China adalah negara tempat dimana wabah Covid-19 berasal. China juga menjadi negara yang pertama kali mendeklarasikan diri siaga satu akibat Covid-19. Laporan dari Komisi Kesehatan Nasional China (NHC) tercatat sebanyak 2.835 kematian terjadi akibat Covid-19 sejak Desember 2019 lalu. Pada Jumat (28/2) lalu, kasus Covid-19 telah meningkat 427 kasus, sehingga menambah total kasus yang dikonfirmasi di daratan China menjadi 79.251.

2. Korea Selatan

Korea Selatan menjadi negara kedua dengan jumlah kasus Covid-19 paling banyak setelah China. Berdasarkan investigasi diketahui Covid-19 pertama kali menyebar dari seorang wanita berusia 61 tahun yang demam pada 10 Februari dan tidak tahu sedang terinfeksi Covid-19, datang ke pelayanan Gereja Shincheonji. Total kasus Covid-19 di Korea Selatan mencapai 763 orang dengan 16 kematian. Korea Selatan sejak 23 Februari lalu telah menetapkan siaga satu Covid-19.

Update Terkini: Dampak Corona, Pemerintah Berikan Diskon Tiket Pesawat 50 Persen

3. Iran

Iran pertama kali mengumumkan adanya wabah Covid-19 di negaranya pada 19 Februari. Dalam pengumumannya, Iran sekaligus melaporkan jumlah kematian akibat Covid-19. Namun menurut pejabat setempat sebagaimana dikutip dari ILNA, penyebaran sebenarnya sudah terjadi sejak 18 Februari. Setidaknya saat ini 34 orang telah dinyatakan meninggal karena Covid-19, dan 250 orang sedang di karantina.

4. Italia

Italia melaporkan adanya warga yang positif Covid-19 sejak awal Februari. Namun jumlah kasus melonjak signifikan pada 24 Februari. Jumlah kasus Covid-19 melonjak dua kali lipat hanya dalam waktu 48 jam sejak Minggu (1/3). Jumlah kasus di Italia mencapai 1694 kasus, termasuk mereka yang sudah sembuh dan meninggal. Saat ini 779 pasien Covid-19 masih dirawat, 140 diantaranya menjalani perawatan intensif.

Empat negara tersebut telah menghentikan sejumlah penerbangan dari dan menuju China, guna mengantisipasi semakin merebaknya penyebaran Covid-19 di wilayah negaranya. Wisatawan juga dihimbau untuk tidak tidak dulu berkunjung ke negara-negara tersebut agar terhindar dari infeksi Covid-19. Dunia memang sedang kacau akibat wabah Covid-19 ini, dampaknya begitu besar hingga menggoyahkan perekenomian dunia. Jaga kesehatan, semoga negara tercinta Indonesia aman dari Covid-19.

SHARE :

Pilihan paket wisata di Phinemo Marketplace


POPULER MINGGU INI



REKOMENDASI

Ledakan Nuklir Chernobyl, Tempat Berbahaya yang Jadi Destinasi Wisata

7 Destinasi Wisata Alam Aneh dan Ajaib yang Ada di Dunia Nyata

The New Normal Segera Diberlakukan, Harus Berdamai dengan Corona?

Perbedaan Lebaran Dulu dan Sekarang, Semua Berubah Sejak Covid-19!

Masjid Nasir Al-Mulk, Warna-Warni Elok Masjid Kuno di Daratan Persia

Penemu Benua Australia Adalah Pelaut Makassar Saat Pelayaran Marege

FALLBACK
The END