Sidebar

Pesona Kota Wuhan di China yang Kini Terisolasi Karena Virus Corona

Yellow Crane Tower bisa dibilang sebagai ikon Kota Wuhan di China. Pertama kali dibangun pada 223 Masehi selama Periode Tiga Kerajaan (220-280 Masehi).

SHARE :

Ditulis Oleh: Taufiqur Rohman

Sejak beberapa waktu belakangan, Kota Wuhan di China sedang menjadi sorotan dunia karena menjadi tempat awal mula penyebaran wabah Virus Corona yang sangat mematikan. Virus Corona atau 2019 Novel Coronavirus (2019-nCoV) merupakan jenis virus baru yang berhasil diidentifikasi oleh otoritas Pemerintah China. 2019-nCoV berkerabat dengan Virus SARS yang mewabah pada 2003 dan MERS yang mewabah pada 2015.

Akibat dari mewabahnya 2019-nCoV, Kota Wuhan pun kemudian diisolasi oleh seluruh dunia. Semua jalur transportasi dan akses keluar masuk telah ditutup. Kini Kota Wuhan bagaikan kota mati, padahal dulunya menjadi salah satu yang terindah di China. Berikut adalah pesona Kota Wuhan sebelum terjadinya isolasi karena 2019-nCoV.

1. Yellow Crane Tower yang Mashur

(Instagram/tdelosangeles)

Yellow Crane Tower bisa dibilang sebagai ikon Kota Wuhan. Pertama kali dibangun pada 223 Masehi selama Periode Tiga Kerajaan (220-280 Masehi). Menara ini menjadi begitu terkenal di seluruh daratan Tiongkok setelah Cui Hao, seorang penyair dari Dinasti Tang menciptakan puisi apik bertajuk “Yellow Tower Crane”. Menara ini berada di Snake Hill di Wuhan, di bagian bawahnya mengalir sungai Yangtze yang menakjubkan.

2. Guiyuan Temple, Kuil Meditasi Budha yang Terpenting di Tiongkok

(Instagram/classical_destination)

Guiyuan Temple merupakan satu dari empat kuil terbesar di China untuk meditasi Budha. Dibangun pada awal Dinasti Qing (1644-1911), meliputi area 47 ribu meter persegi. Kuil ini adalah yang terpenting karena menjadi pusat penyebaran agama Budha di seluruh Tiongkok. Arsitekturnya disebut-sebut sebagai yang paling sempurna dengan patung dan koleksi ajaran Budha yang kaya.

3. Mulan Heaven Lake Scenic Area, Kisah dari Jenderal Mulan yang Melegenda

(ammboi.com)

Siapa yang tak kenal dengan Mulan? Seorang karakter dari animasi film Disney yang begitu terkenal. Kisah Mulan sebenarnya bukanlah dongeng belaka, dahulu kala pada masa Dinasti Sui terdapat seorang jenderal wanita yang sangat tangguh di medang perang, ia adalah Jenderal Mulan.

Konon dahulu Jenderal Mulan pernah menyirami kuda tunggangannya di sungai yang kini dikenal dengan Mulan Heaven Lake Scenic Area, ketika dalam perjalanan menuju medan perang. Area sungai ini mencakup luas 4800 ha yang sering dianggap sebagai Lembah Jiuzhaigou Hubei, Gunung Lushan di Wuhan.

4. Wuhan Yangtze River Bridge, Jembatan Utama yang Gemerlap

(Instagram/tanpu_lim)

Wuhan Yangtze River Bridge adalah jembatan pertama dan utama di Kota Wuhan yang dibangun pada 1955 dan selesai Oktober 1957. Jembatan ini memiliki panjang 1.670 meter dengan delapan dermaga dan sembilan terowongan. Lantai atas jembatan digunakan untuk lalu lintas mobil, sedangkan bagian bawah untuk kereta api.

Terdapat sebuah lift di menara pengawas di kedua ujung jembatan Wuhan Yangtze River Bridge untuk wisatawan yang ingin menikmati panorama indah Kota Wuhan dan Sungai Yangtze. Saat malam tiba, jembatan ini akan terlihat gemerlap dengan nyala cahaya lampu-lampu di seluruh sisinya.

5. Gunung Wudang, Tempat Tinggal Para Dewa dalam Ajaran Tao

(Instagram/sergiomar23)

Pegunungan Wudang memiliki 7 puncak, 36 tebing, dan 24 lembah. Puncak tertinggi adalah Heavenly Pillar Peak dengan ketinggian 1.612 mdpl. Masuk dalam kaetgori Situs Warisan Dunia UNESCO karena dianggap sebagai asal mula ajaran Taoisme di Tiongkok. Konon Gunung Wudang dipercaya sebagai tempat tinggal para dewa dalam ajaran Tao.

Gunung Wudang memiliki pemandangan alam yang sangat luar biasa. Bagian puncaknya selalu tertutup oleh kabut putih sehingga menciptakan panorama alam yang tiada duanya. Sebelum wabah 2019-nCoV, Gunung Wudang selalu dipadati olehpertapa yang berziarah atau wisatawan yang menghabiskan waktu liburan.

SHARE :

Pilihan paket wisata di Phinemo Marketplace


POPULER MINGGU INI



REKOMENDASI

68 Negara di Dunia yang Melarang WNI Masuk Karena Virus Corona

Dampak Positif Wabah Virus Corona Terhadap Bumi dan Umat Manusia

5 Serial TV Petualangan Terbaik untuk Temani Masa Physical Distancing

Setop Penyebaran Virus Corona dengan Basmi Kelelawar, Benarkah?

7 Aktivitas Seru di Rumah untuk Menemani Masa Social Distancing

Kenapa Indonesia Tidak Mungkin Lockdown? Ternyata ini Alasannya

FALLBACK
The END