Ini yang Akan Kalian Dapatkan Saat Berwisata Museum

Wisata museum memang tidak se-populer wisata alam. Tapi ada banyak hal yang bisa didapatkan dengan berkunjung ke museum, simak disini!

Ditulis Oleh Syaiful Millah

Wisata museum mungkin bukan cara yang banyak dilakukan orang di Indonesia, mayoritas mereka lebih senang berkunjung ke tempat-tempat seperti gunung, pantai, danau, air terjun atau mall ketimbang museum. 

Padahal, berwisata ke museum juga tidak kalah seru dan menarik dibandingkan dengan wisata alam. Selain bisa menambah pengetahuan dan wawasan, ada banyak hal yang bisa kalian dapatkan saat berkunjung ke museum.

Baca juga : Wisata indoor di Jogja penyelamat liburan di musim hujan 

Menambah wawasan dan informasi

Museum menyimpan banyak informas dan pengetahuan yang mungkin belum kalian tahu.

Tidak bisa dipungkiri, dengan mengunjungi museum kita akan memiliki wawasan lebih dan mendapat informasi baru yang mungkin belum pernah diketahui sebelumnya. Ada banyak sekali jenis museum yang ada di Indonesia, mulai dari sejarah, seni, militer, biografi, militer, biologi dan lain-lain. 

Untuk kalian para traveller yang suka menulis, tentunya informasi-informasi yang didapatkan dari museum bisa  memperkaya isi tulisan dengan data dan fakta, sehingga lebih berbobot dan berbeda dari tulisan perjalanan pada umumnya. 

Menghilangkan penat 

Suasana tenang di museum akan membuatmu merasa rileks. Semarang Contemporary Art Semarang.

Selain mendapat informasi dan wawasan baru, berkunjung ke museum juga bisa menghilangkan kepenatan dari aktivitas sehari-hari. Seperti yang kita tahu, museum bisa dibilang seperti “tempat suci” yang tata letaknya diatur sedemikian rupa tidak berantakan.

Suasana yang tenang juga biasanya ada di setiap museum, ditambah lagi ada berbagai karya seni dengan berbagai bentuk dan rupa yang bakal membuat kita berdecak kagum. Jadi buat kalian yang sedang stress, museum bisa jadi alternatif pilihan untuk bersantai sambil menikmati koleksi benda-benda menarik. 

Sebagai referensi visual

Visual lukisan di Museum Affandi.

Kita mungkin sering membaca informasi-informasi tertentu dalam bentuk teks, misalnya cerita sejarah. Di museum, kalian bisa langsung melihat visual dari informasi yang ada dalam bentuk diorama, patung, gambar, lukisan atau bentuk-bentuk lainnya dengan tampilan yang menarik. 

Berkunjung ke museum tentu saja akan memberimu lebih banyak referensi visual tentang suatu informasi atau peristiwa yang akan membuat liburanmu lebih seru dan bermanfaat.

Perjalanan melintasi waktu 

Benda dan fosil purbakala di Museum Sangiran

Waktu memang tidak bisa diputar kembali sehingga kita tidak bisa menyaksikan peristiwa yang terjadi di masa lalu. Tetapi dengan mengunjungi museum, kalian bisa menyaksikan penggalan-penggalan cerita yang terjadi pada masa lampau. 

Kalian akan diajak melintasi ruang dan waktu pada zaman yang berbeda-beda. Kalian bisa pergi ke zaman sebelum kemerdekaan Indonesia, masa-masa awal kemerdekaan, atau bahkan lebih lama lagi pada zaman pra sejarah. Liburan ke museum tentunya bakal lebih berkesan.

Pengalaman unik

Belajar membatik di Museum Batik, Pekalongan.

Di beberapa museum yang ada di Indonesia, kalian bisa langsung terlibat dalam kegiatan museum. Misalnya di Museum Layang-Layang, kalian bisa mengikuti workshop pembuatan layang-layang dan langsung praktek ditempat. Atau belajar membatik di Museum Batik, Pekalongan.

Selain itu, melihat benda-benda pra sejarah atau bahkan fosil dan bentuk visual lainnya, ditemani guide yang menuturkan penjelasan dan cerita tentu akan menjadi pengalaman unik yang bisa kalian dapatkan dengan berkunjung ke museum-museum. 

Baca juga : Pengalaman unik menonton pertunjukan wayang kulit

Spot foto yang tak kalah menarik

Menjajal berfoto unik di 3D Trick Art Museum.

Meski terkesan kuno, museum punya banyak spot foto yang nggak kalah bagus dengan foto-foto lansekap atau panorama. Kalian justru bisa memanfaatkan arsitektur kuno museum untuk mendapatkan hasil foto yang kece. 

Bahkan, beberapa museum yang ada di Indonesia dibuat dengan desain dan tampilan yang sangat menarik. Misalnya Museum Macan, De Mata Trick Eye Museum, Museum Angkut dan lain-lain. Jadi dengan mengunjungi museum, kalian juga bakal punya banyak stok foto untuk sosial media.

Dapatkan ulasan menarik lainnya tentang WISATA MUSEUM, tulisan lain Syaiful Millah

Gabung dengan Phinemo Community, kumpulkan poin dengan membagikan pengalaman jalan-jalan kamu dan tukarkan dengan reward dari Phinemo Partner. Gabung Sekarang ->
Next Post