Sidebar

Obat Mabuk Perjalanan Alami, Sahabat Setia Saat Traveling

seiring dengan perkembangan dunia kesehatan telah banyak berkembang berbagai alternatif pencegahan alami untuk mengatasi mabuk perjalanan.

SHARE :

Ditulis Oleh: Taufiqur Rohman

Mabuk perjalanan merupakan kondisi paling umum yang sering terjadi saal sedang melakukan perjalanan dengan transportasi darat, laut, maupun udara. Gejala umum yang sering dialami oleh wisatawan yang sedang mengalami mabuk perjalanan diantaranya yaitu pusing, lemas, muncul keringat dingin, kulit tampak pucat, dan perut terasa mual.

Sangat menyebalkan memang, perjalanan wisata yang harusnya menyenangkan dan penuh keceriaan menjadi suram karena mabuk perjalanan. Meskipun mabuk perjalanan bukan termasuk gangguan kesehatan serius, namun memiliki dampak psikologis yang mendalam. Biasanya orang-orang yang kerap mengalami mabuk perjalanan akan merasa trauma untuk melakukan perjalanan wisata jarak jauh.

Kini tak perlu khawatir lagi, seiring dengan perkembangan dunia kesehatan telah banyak berkembang berbagai alternatif pencegahan alami untuk mengatasi mabuk perjalanan. Berikut disajikan beberapa obat mabuk perjalanan.

1. Jahe

Jahe merupakan salah satu jenis rempah-rempah yang memiliki efek untuk memberikan kehangatan dan rileksasi pada tubuh. Sesaat sebelum mengadakan perjalanan wisata anda bisa meminum air rebusan jahe ditambah dengan sedikit madu dan gula. Anda juga bisa membawanya selama perjalanan sebagai bekal dengan disimpan dalam termos agar tetap hangat.

2. Teh

Teh juga memiliki efek yang baik untuk meredakan gejala mabuk perjalanan. Sebelum berangkat anda bisa menguk teh rendah gula dalam kondisi hangat untuk merileksasikan pikiran. Untuk memperbesar khasiat teh, sangat disarankan untuk menggunakan teh chamomile dan sedikit campuran daun mint.

3. Pappermint

Tak banyak yang tahu bahwa dengan mengunyak permen pappermint dapat sedikit mengurangi efek mabuk perjalanan. Bagi anda yang tidak menyukai rasanya, dapat juga dengan menghirup minyak aromaterapi pappermint saat merasa pusing dan mual.

4. Minyak Kayu Putih

Minyak kayu putih merupakan salah satu senjata yang ampuh untuk mengatasi pusing dan mual selama perjalanan wisata. Oleskan minyak kayu putih pada bagian dada, tengkuk, leher, dan perut untuk menghangatkan tubuh. Anda juga dapat menghirup aromanya saat pusing dan mual untuk memberikan efek rileksasi pada pikiran.

5. Tekhnik Pernapasan Dalam

Lakukan teknik pernapasan dalam dengan menarik napas dalam dari hidung. Isi paru-paru dengan empat hitungan, lalu tahan napas selama tujuh hitungan. Selanjutnya hembuskan melalui mulut selama delapan hitungan. Ulangi teknik tersebut selama tiga kali.

6. Accupressure

Letakkan tiga jari dibawah pergelangan tangan, letakkan ibu jari tepat dibawah tiga jari tersebut. Dengan ibu jari berikan tekanan pada dua otot tendon besar dan tahan untuk beberapa saat. Lakukan berulang-ulang hingga tubuh merasa lebih rileks dan tenang. Ini merupakan titik accupressure untuk mual, dan dengan teknik ini gejala mabuk perjalanandapat diredakan.

SHARE :

Pilihan paket wisata di Phinemo Marketplace


POPULER MINGGU INI



REKOMENDASI

Jenis Stop Kontak di Seluruh Dunia yang Harus Anda Pahami

Pemilu di India, Ajang Wisata untuk Mengenal Budaya dan Kearifan Lokal

Cara Menghindari Mabuk Perjalanan Udara Saat Berpergian dengan Pesawat Terbang

Ternyata yang Paling Membuat Turis Asing Betah Itu Bukan Bali Lho, tapi 9 Daerah Ini!

Cara Mengatasi Mabuk Perjalanan Ketika Traveling

5 Tempat Wisata Kekinian di Pontianak yang Tidak Boleh Dilewatkan

FALLBACK
The END