Museum Alquran Terbesar Sedunia Dimiliki oleh Palembang, Ini Potretnya

museum ayat alquran terbesar di dunia ada di Palembang. Sumber foto

Bila Kamu hendak menilik manakah museum Alquran terbesar yang ada di dunia, maka tak perlu jauh-jauh mencari, sebab jawabannya ada di negeri sendiri.

Bayt Alquran Al Akbar adalah museum Alquran terbesar di dunia yang terletak di Palembang, Indonesia. Museum Rekor Indonesia (MURI) telah menobatkan Alquran raksasa ini menjadi yang terbesar dan terberat di dunia.

Pembuatan Museum Alquran raksasa

View this post on Instagram

Al-Quran terbesar di dunia ternyata ada di #Palembang. Terdiri dari 630 halaman yang dipahat di atas kayu trembesi. Masing-masing lembar Al-Quran panjangnya 2 meter dan lebar 1,2 meter. Waktu pembuatannya mencapai 8 tahun. Handmade, lengkap dengan ukiran khas Palembang. Amazed! #baitalquranalakbar #museumalquran #visitpalembang #explorepalembang

A post shared by Neysa (@neysanina) on

Baca Juga: Makanan Menjijikkan dari Seluruh Dunia yang Diabadikan dalam Museum

Museum Alquran di Palembang ini dibangun dengan menghabiskan kurang lebih 40 meter kubik Kayu Tembesu. Terdapat 30 juz ayat Alquran yang berhasil dipahat atau diukir di sana dengan tinggi hingga 15 meter dan lebar delapan meter.

Tiap-tiap ayatnya dipahat di permukaan kayu tembesu berukuran panjang 177 centimeter dengan lebar 140 centimeter dan ketebalan 2,5 centimeter.

museum alquran

museum ayat alquran terbesar di dunia ada di Palembang. Sumber foto

Ukiran tulisan ayat Alquran berwarna emas dengan warna dasar yang gelap. Kamu bisa sekaligus menikmati keindahan ukuran ayat Alquran yang dipahat dalam kayu, sembari membacanya.

Tak hanya itu, layaknya sebuah pintu dan jendela, Alquran di Museum ini bisa diputar untuk memudahkan pembacanya membaca setiap ayat-ayat di dalam Alquran raksasa tersebut.

Namun, tak tanggung-tanggung pula, biaya yang mesti digelontorkan untuk membangun museum Alquran ini ialah sebesar Rp 2 Miliar.

museum alquran

museum ayat alquran terbesar di dunia ada di Palembang. Sumber foto

Bagi Kamu yang hendak membaca Aiquran ini, Kamu perlu menaiki masing-masing tanganya saru per satu. Ada lima lantai di dalamnya dan setiap lantainya berisi tiga Juz.

Berlokasi tepat di Jalan Moh. Amin, Gandus, Kota Palembang, Museum Alquran ini juga memiliki beberapa aturan yang perlu Kamu ketahui dan Kamu taati ketika hendak bertandang ke sana.

Baca Juga: Museum Selfie Malaysia, Spot Wisata Teranyar yang Sasar Kaum Milenial

Beberapa aturan di museum ini mewajibkan kita untuk mengenakan pakaian yang sopan. Hal ini tampaknya sejalan dengan menjadikan museum Bayt Alquran Al Akbar ini sebagai salah satu destinasi wisata religi yang ada di Kota Pempek tersebut.

Bila Kamu tarveling ke Palembang, jangan lewatkan untuk mengunjungi destinasi museum Alquran terbesar sedunia yang juga kerap diminati wisatawan mancanegara, utamanya dari negara-negara Arab.

Dapatkan ulasan menarik tentang museum dan tulisan Lain dari Himas Nur

Tags: , ,

Paket Produk Penawaran

Pajang Iklan Anda Klik Untuk Daftar