Pemilu di India, Ajang Wisata untuk Mengenal Budaya dan Kearifan Lokal

Wisata Pemilu yang sangat diminati oleh wisatawan mancanegara (Instagram/@kakigatel).

India sejak tanggal 4 April 2019 hingga beberapa pekan kedepan akan meyelenggarakan pesta demokrasi yaitu Pemilu untuk memilih presiden dan wakilnya. Pemilu India diikuti oleh lebih dari 900 juta pemilih dan menjadi Pemilu terbesar tahun ini. Yang unik, Pemilu di India juga turut dirayakan oleh wisatawan mancanegara.

Pemilu di India menjadi ajang wisata untuk wisatawan mancanegara, bahkan beberapa pelaku bisnis tour travel secara khusus menjual paket wisata India spesial saat Pemilu. Saat pemilu berlangsung, partai politik yang ikut serta biasanya akan mengemas kampanye dalam bentuk pesta, parade, atau pertunjukan budaya untuk menyampaikan visi dan misinya.

Dilansir dari Kompas.com, Manish Sharma salah seorang pendiri Askhar Travels yang menjual paket wisata pemilu mengaku terinspirasi dari wisata pemilu yang diselenggarakan di negara Meksiko pada tahun 2005. Pada tahun 2012 saat India menjalani Pemilu Parlemen ide wisata pemilu ini disambut baik oleh wisatawan mancanegara. Tercatat sebanyak 5.200 wisatawan mancanegara mendaftar dan turut serta dalam wista pemilu.

Tahun 2019 ini Sharma mengaku sebanyak 10.000 turis telah mendaftar dalam wisata Pemilu di Askhar Travels. Sharma telah menyiapkan tim khusus yang akan memandu wisatawan mancanegara selama enam hingga delapan hari tur, dengan 12 jadwal perjalanan berbeda.

Selama tur wisata pemilu berlangsung, wisatawan akan diajak bertemu dengan warga lokal, makan bersama politikus dengan latar pegunungan himalaya yang indah, menginap di resor mewah, dan tur mengunjungi air terjun di India. Salah satu yang cukup diminati wisatawan adalah napak tilas di kampung halaman Mahatma Gandhi di Ahmedabad.

Dapatkan ulasan menarik tentang india dan tulisan Lain dari Tim Phinemo

Tags: , ,

Paket Produk Penawaran

Pajang Paket Perjalanan Anda Disini. Klik Untuk Daftar