Bukit Seroja Wonosobo, Saat Pemandangan Gunung Sindoro, Telaga Menjer dan Kebuh Teh Bersatu

Panorama dari atas wisata Lembah Seroja Wonosobo. Foto dari @niamudin

bukit seroja wonosobo

Cara lain menikmati Menjer dari atas Bukit Seroja Wonosobo. Foto dari @aldhiana

Kawasan Dieng Wonosobo memiliki pesona berupa telaga dengan panorama alam yang luar biasa cantik. Salah satu yang kurang populer namun ternyata tak kalah indah dari Telaga Warna adalah Telaga Menjer. Telaga ini berada lebih dekat dari kota. Area tercantik untuk menikmati keindahan telaga ini adalah dari Bukit Seroja Wonosobo.

Baca juga: Warung Mie Ongklok Legendaris di Wonosobo 

bukit seroja wonosobo

Panorama dari atas wisata Lembah Seroja Wonosobo. Foto dari @niamudin

Sedikit menanjak dan naik dari pintu masuk Telaga Menjer Wonosobo, wisatawan akan menemukan satu lagi destinasi baru. Bukit Seroja Wonosobo, begitu masyarakat setempat memberinya nama. Bukit yang berada tepat di sisi Telaga Menjer ini menjadi spot terbaik menikmati keindahan telaga dari atas. Dikelilingi perbukitan dan panorama Gunung Sindoro membuat area ini sangat berpotensi untuk dijadikan tempat wisata alam.

bukit seroja wonosobo

Menikmati lanskap Wonosobo yang menakjubkan. Foto dari @mussabahtiar32

Sebelum masuk ke area wisata Bukit Seroja Wonosobo, wisatawan akan dimanjakan dengan hamparan hijau perkebunan teh di sebelah kanan dan telaga di sebelah kiri. Jika enggan menuju ke atas bukit, wisatawan juga bisa menikmati pemandangan telaga dan perbukitan sekitar dengan duduk santai di tepi jalan. Di sini sudah disediakan gazebo dan tempat duduk untuk wisatawan.

Baca juga: Lembah Sigelap, Batuan Peninggalan Zaman Purba di Wonosobo

Dari atas Bukit Seroja Wonosobo ini wisatawan bisa melihat altivitas wisatawan di Telaga Menjer. Misalnya saat beberapa perahu gethek (perahu kecil dari bambu) berlayar memutari telaga. Dari atas gethek-gethek  ini terlihat begitu mungil.

bukit seroja wonosobo

Tangga0tangga di tepi puncak Bukit Seroja. Foto dari @y.neethaa

Untuk yang hobi berfoto, pengelola juga sudah menyediakan area khusus untuk berfoto dengan latar Telaga Menjer dan lanskap Kota Wonosobo. Terdapat beberapa gardu pandang yang dipasang di area puncak bukit. Seperti misalnya gardu pandang, rumah pohon, dan tangga di tepi bukit.

bukit seroja wonosobo

Lokasi Bukit Seroja Wonosobo tepat di atas Telaga Menjer. Foto dari @rumputjarum

Untuk menuju ke tempat ini, wisatawan bisa mengambil jalur ke arah Dieng dari arah Wonosobo kota. Setelah sampai di Pasar Garung wisatawan akan menemukan pertigaan di sebelah kiri dengan palang petunjuk Telaga Menjer. Ambil jalan menuju ke telaga dan ikuti jalan satu-satunya ini. Setelah sampai di pintu masuk Telaga Menjer, wisatawan bisa mengambil jalur yang lurus dan naik. Dari sini wisatawan hanya perlu menempuh perjalan tak lebih dari lima menit.

bukit seroja wonosobo

Cara menuju ke Bukit Seroja cukup mudah. Foto dari @ladyna_indah

Gerbang masuk menuju wisata Bukit Seroja Wonsobo ini berada di kiri jalan. Namun area parkir berada di sebelah kanan jalan. Dari parkiran wisatawan harus berjalan cukup jauh. Namun tak jadi masalah karena di sepanjang jalan wisatawan akan dimanjakan dengan udara sejuk, perkebunan teh yang terhampar luas, perbukitan yang berjejer rapi, juga Telaga Menjer yang indah.

Dapatkan ulasan menarik tentang Wisata Wonosobo dan tulisan Lain dari Rizqi Y

Tags: , ,

Paket Produk Penawaran

Pajang Paket Perjalanan Anda Disini. Klik Untuk Daftar