“Pergi ke suatu daerah belum lengkap jika belum mencicipi kuliner khas nya,”

Kamu berencana ke Dieng atau Wonosobo? Mau ke Dieng Culture Festival bulan Agustus nanti tapi masih bingung mau menikmati kuliner apa saat berada di sana? Mending Kamu coba Mie Ongklok aja deh, itu tuh kuliner khas Wonosobo yang legendaris.

“Mie Ongklok merupakan olahan mie yang direbus lalu diracik dalam mangkuk yang ditambah dengan potongan kol, daun kucai, serta kuah kental berkanji (loh). Mie Ongklok biasanya disajikan dengan sate sapi dan tempe kemul khas Wonosobo,”

warung mie ongklok legendaris

Mie Ongklok. Sumber foto

Di Wonosobo sendiri banyak sekali kedai dan warung Mie Ongklok. Tapi, yang enak, ramai dan legendaris cuma ada beberapa saja. Kamu bisa ke 9 kedai Mie Ongklok berikut saat berada di Wonosobo atau Dieng.

1. Mie Ongklok Longkrang

warung mie ongklok legendaris

Kedai Mie Ongklok Longkrang. Sumber foto

Salah satu warung Mie Ongklok legendaris di Wonosobo adalah Mie Ongklok Longkrang milik Pak Waluyo. Kedai ini dikenal sebagai generasi Mie Ongklok pertama yang kelezatannya tak berubah sejak dulu.

Lokasinya mudah dijangkau karena letaknya sekitar 1 Km dari Alun-alun Wonosobo. Di jalan Pasukan Ronggolawe No. 14, Longkrang. Buka mulai dari pukul 09.00-17.00 dan selalu ramai oleh para pembeli.

2. Mie Ongklok Pak Muhadi

warung mie ongklok legendaris

Mie Ongklok Pak Muhadi . Sumber foto

Satu lagi warung Mie Ongklok yang legendaris, namanya Mie Ongklok Pak Mahmudi. Kedai ini berada di jalan Ahmad Yani, jalan utama di Wonosobo yang mudah ditemukan.

Warung ini cukup besar dengan bangku panjang. Parkir luas dan juga yang jelas lezat.

3. Mie Ongklok Bu Umi

warung mie ongklok legendaris

Mie Ongklok Bu Umi. Sumber foto

Mie Ongklok legendaris lainnya adalah Mie Ongklok Bu Umi yang juga menyajikan sate sapi dan tempe kemul sebagai lauk pendamping Mie Ongklok. Cita rasa Mie Ongklok di sini patut diacungi jempol.

Kamu bisa langsung datang ke Jalan Masjid, Kauman Utara, Wonosobo. Letaknya sekitar 500 meter dari pusat kota Wonosobo

4. Mie Ongklok Jaraksari

warung mie ongklok legendaris

Mie Ongklok Jaraksari. Sumber foto

Cita rasa mie ongklok legendaris juga bisa Kamu rasakan di Warung Mie Ongklok Jaraksari. Seperti kedai Mie Ongklok lainnya, di sini Kamu juga bisa merasakan lauk sate sapi dan tempe kemul. 

Kamu bisa datang ke Jalan Kyai Muntang no 50 Jaraksari saja jika penasaran dengan cita rasanya.

5. Mie Ongklok Pak Umar

warung mie ongklok

Mie Ongklok Pak Umar. Sumber foto

Buat Kamu yang sedang jalan-jalan di kawasan Jalan Banyumas No.32, Selomerto, Kabupaten Wonosobo, Kamu juga bisa merasakan Mie Ongklok murah dan enak di kedai Mie Ongklok Pak Umar.

Seperti biasa, di sini Kamu bisa pesawan Mie Ongklok plus tempe kemul dan sate sapinya.

6. Resto Ongklok

mie ongklok

Tampilannya lebih modern nih! Sumber foto

Buat Kamu yang ingin merasakan makan mie Ongkok dengan suasana mewah dengan pemandangan kece di kawasan Dieng, Kamu bisa ke Resto Ongklok aja.

Lokasinya strategis, yaitu jalan yang menghubungkan kota Wonosobo dan Dieng. Alamat lengkapnya di Jalan Raya Dieng, Kalianget, kecamatan Wonosobo, Kabupaten Wonosobo.

7. Mie Ongklok Tosari

warung mie ongklok legendaris

Mie Ongklok Tosari. Sumber foto

Satu lagi mie ongklok legendaris yang harus Kamu coba nikmati saat ke Wonosobo, yaitu Mie Ongklok Tosari.

Kamu bisa temukan kedai ini di Jalan Raya Dieng, Kalianget, Kec. Wonosobo.

8. Mie Ongklok Dan Sate Sapi Pak Tris

warung mie ongklok legendaris

Mie Ongklok Pak Tris, Sumber foto

Soal rasa memang selera, tapi ke Wonosobo belum lengkap jika belum menikmati Mie Ongklok dan Sate Sapi Pak Tris. Kamu bisa merasakan hidangan Mie Ongkok Pak Tris ini dengan datang ke Jalan Raya Parakan-Wonosobo No. 147 Wonosobo Timur. Cocok buat Kamu yang melakukan perjalanan dari Semarang nih!

9. Kedai Mie Ongklok Alun-Alun Wonosobo

Kedai Mie Ongklok Alun-Alun Wonosobo

Kedai Mie Ongklok Alun-Alun Wonosobo. Sumber foto

Buat Kamu yang ingin merasakan warung Mie Ongklok dengan lokasi yang mudah, Kamu langsung ke Kedai Mie Ongklok Alun-alun Wonosobo aja.

Di sini banyak sekali penjual Mie Ongklok. Tapi, nggak semuanya legendaris sih. Saran kami sih, kedai Mie Ongklok alun-alun jadi pilihan terakhir saja. Mending ke 8 kedai di atas saja. Tapi, kalau terpaksa, Kamu bisa ke Alun-alun.

***

Saat Kamu mengikuti Dieng Culture Festival atau cuma mbolang ke Wonosobo dan Dieng, 9 Kedai dan warung Mie Ongklok di atas bisa jadi pilihan tempat makan yang spesial. Cita rasanya dijamin enak deh pokoknya!

 

Baca juga:

Next Post