Tips Ke Gili Trawangan Bersama Keluarga : Pilih Destinasi yang Family Friendly

Foto oleh Khairunnisa Siregar

Mungkin selama ini sebagian orang lebih menyukai perjalanan wisata dengan teman atau pasangan, terutama ke daerah seperti Lombok dan Gili Trawangan. Namun bagi saya traveling dengan keluarga  tidak kalah menyenangkan.

Alasan pertama, karena kita dapat mengakrabkan diri dengan 1 keluarga. Meskipun serumah, namun tidak jarang seluruh anggota rumah tidak bisa berkumpul semua. Di momen-momen traveling bersama keluarga inilah semua anggota keluarga dapat berkumpul dan semakin akrab. Anggota keluarga yang sehari-hari sibuk dengan aktivitas masing-masing kini bisa benar-benar menikmati liburan bersama. Hal-hal seru yang menarik kita temui saat liburan pun bisa dinikmati oleh keluarga kita, bukan hanya kita.

Selain itu bagi yang terbiasa sharing cost, berlibur bersama keluarga sangat memungkinkan untuk sharing cost, ditambah jika anggota keluarga sudah memiliki penghasilan sendiri. Selain sharing cost, sharing bagasi juga bisa dilakukan karena berangkat dari rumah yang sama sehingga koper yang barang-barang bawaan bisa dishare.

Berlibur dengan keluarga memang gampang-gampang susah, namun bukan tidak mungkin. Berikut tips traveling Gili Trawangan bersama

 

1. Atur jadwal yang cocok dengan semua anggota keluarga

tips traveling gili trawangan

Foto oleh Khairunnisa Siregar

Penentuan tanggal untuk traveling merupakan hal yang terpenting, kesepakatan ini harus benar-benar dipikirkan agar semua anggota keluarga bisa ikut dalam liburan.

Penentuan tanggal penting agar anggota keluarga yang sudah bekerja bisa mengajukan cuti dari jauh-jauh hari. Sebaiknya atur tanggal di luar waktu liburan anak sekolah. Meskipun Lombok belum seramai Bali, namun tidak ada salahnya mengantisipasi agar anggota keluarga lebih bisa menikmati destinasi liburan yang terlalu ramai.

 

2. Pilih destinasi yang family friendly

tips traveling gili trawangan

Foto oleh Khairunnisa Siregar

Destinasi liburan juga sebaiknya dipikirkan dengan baik. Pilih destinasi yang family friendly, terutama jika membawa anak-anak. Destinasi juga sebaiknya disesuaikan dengan minat seluruh anggota keluarga, atau paling tidak yang bisa dinikmati oleh seluruh anggota keluarga. Meskipun Gili Trawangan terkenal dengan party sepanjang malamnya, bukan tidak mungkin membawa anak-anak ke pulau ini. Kondisi seperti ini bisa disiasati dengan tidak membawa anak-anak keluar di malam hari saat party-party digelar.

 

3. Akomodasi yang nyaman

tips traveling gili trawangan

Foto oleh Khairunnisa Siregar

Jika tanggal dan destinasi sudah ditentukan, langkah selanjutnya adalah mencari akomodasi yang tepat. Meskipun sangat jarang terdapat promo penerbangan ke Lombok, namun harga tiket pesawat bisa didapat dengan murah jika pembookingan dilakukan jauh-jauh hari.

Selain transportasi, akomodasi penginapan juga sebaiknya dipersiapkan sebelum keberangkatan terlebih jika akan traveling di musim liburan. Harga yang didapatkan bisa jauh lebih murah jika penginapan dibook sejak jauh-jauh hari dan pilihan akomodasi juga lebih beragam. Pilih akomodasi penginapan di sekitar Senggigi karena lebih ramai dan tidak terlalu sulit mencari makanan dibanding di daerah Kuta, yang tidak terlalu berbeda dengan Kuta Bali yang menjadi tempat menginap turis asing. Untuk penginapan di Gili Trawangan sebaiknya yang tidak terlalu dekat dengan keramaian. Karena selain mahal, semakin malam akan semakin berisik karena party yang digelar semalaman suntuk. Kalian bisa menginap di Blue Beach Bungalow I atau II yang masih di daerah pinggir pantai namun tidak terlalu dekat dengan bar-bar dan harganya cukup terjangkau (Rp 300.000/malam).

 

4. Akses yang cukup mudah dijangkau

tips traveling gili trawangan

Foto oleh Khairunnisa Siregar

Mengingat liburan ini akan diikuti oleh seluruh anggota keluarga, sebaiknya akses ke tempat wisata juga menjadi pertimbangan. Hindari tempat wisata dengan akses sulit dan cukup menantang, hindari juga akses yang merepotkan seperti akses yang mengharuskan naik turun kapal yang merepotkan jika harus membawa orangtua ataupun anak kecil.

Lombok Tengah cukup family friendly dan mudah dijangkau menggunakan kendaraan beroda dua maupun empat. Jika dengan keluarga sebaiknya sewalah kendaraan roda empat dengan driver yang berpengalaman.

 

5. Itinerary

tips traveling gili trawangan

Foto oleh Khairunnisa Siregar

Liburan sudah seharusnya menjadi kegiatan yang menyenangkan seluruh anggota keluarga, jadi persiapkan itinerary dengan sebaik-baiknya. Jangan terlalu padat sehingga harus terburu-buru dari satu tempat ke tempat lain. Buatlah itinerary yang nyaman dan sesuaikan dengan waktu yang ada dan minat masing-masing anggota keluarga.

Tidak perlu mendatangi semua daerah wisata jika jaraknya berjauhan. Hari pertama bisa dibuat itinerary penjelajahan Lombok Tengah dimulai dari Desa Sade dan menyusuri pantai-pantai di Lombok Tengah. Selanjutnya, kunjungan ke ketiga Gili bisa dilakukan dalam satu hari, jika ingin menginap sebaiknya satu atau dua malam saja. Kembali ke Lombok, kalian bisa menjelajahi Lombok Barat atau keliling kota Mataram untuk berwisata kuliner sebelum menuju bandara.

***

Tidak susah kan merencanakan liburan ke Lombok dan Gili Trawangan bersama keluarga? Yuk, atur jadwal dengan anggota keluarga dan rencanakan liburan kalian.

Dapatkan ulasan menarik tentang dan tulisan Lain dari Khairunnisa Siregar

Tags: , ,

Paket Produk Penawaran

Pajang Paket Perjalanan Anda Disini. Klik Untuk Daftar