Sidebar

Tips Liburan ke Bromo dan Cara Memilih Waktu Kunjungan Terbaik

Tapi ada beberapa hal yang harus diperhatikan dan direncanakan dengan matang sebelum memutuskan untuk pergi liburan ke Bromo. Mulai dari memilih waktu yang tepat, transportasi yang ingin dipilih dan sebagainya. 

SHARE :

Ditulis Oleh: Rizqi Y

Libur ke Bromo mungkin jadi impian banyak orang. Tapi ada beberapa hal yang harus diperhatikan dan direncanakan dengan matang sebelum memutuskan untuk pergi liburan ke Bromo. Mulai dari memilih waktu yang tepat, transportasi yang ingin dipilih dan sebagainya.

Berikut adalah beberapa tips untuk Anda yang ingin liburan ke Bromo:

1. Memilih waktu yang terbaik untuk berkunjung ke Bromo

Waktu terbaik untuk liburan ke Bromo. Foto: senapati.net

Waktu terbaik berkunjung ke Bromo adalah saat musim kemarau. Jadi jika libur lebaranini Anda berniat mengajak keluarga ke Bromo, mungkin akan jadi waktu yang tepat. Sebab saat ini Indonesia memang sudah memasuki musim kemarau.

Baca juga: Ingin Menikmati Keindahan Alam di Malang? Kunjungi 5 Tempat Wisata Ini

Mengunjungi Bromo pada musim kemarau dianggap waktu paling tepat karena pada waktu tersebut cuaca sangat cerah dan tidak mendung. Sunrise pun terlihat dengan sangat jelas. Bukankah sunrise menjadi tujuan utama ke Bromo? Sangat disayangkan jika kita melewatkan golden sunrise Bromo.

2. Pertimbangan saat memilih untuk menyewa jeep atau tidak

Mau naik jeep atau tidak? Foto: royaltour.web.id

Sebelum memutuskan untuk menyewa Jeep, darimanakah Anda akan mulai perjalanan? Karena harga sewa jeep menyesuaikan tempat keberangkatan. Sewa jeep dari Wonokirti Pasuruan dan Cemoro Lawang Probolinggo jauh lebih murah daripada menyewanya dari Malang atau Surabaya.

Kalau Anda traveling bersama keluarga (lebih dari 4 orang), lebih murah kalau sewa jeep. Paket sewa jeep dengan tujuan Kawah Bromo, Pasir Berbisik, dan Padang Savana dari Malang dibanderol dengan harga sekitar 1.250.000 Rupiah. Harga ini mungkin akan naik drastis saat high season. 

Namun, jika Anda traveling hanya berdua, sewa motor akan jauh lebih hemat. Banyak persewaan motor di kota Malang. Sewalah motor jauh-jauh hari sebelum berangkat ke Malang. Jadi, ketika sampai, motor telah siap. Biaya sewa motor per hari sekitar 80.000 Rupiah. Itu masih belum termasuk bensin, dan harga juga mungkin akan naik saat high season. 

3. Memilih penginapan selama di Malang

Liburan ke Bromo lebih baik cari penginapan di Malang. Foto: hargatiket.info

Saat liburan ke Bromo dan berangkat dari Malang dengan menyewa jeep, maka sebaiknya Anda memilih penginapan di Malang. Meski tak banyak pilihan penginapan murah selayaknya di Jogja, tapi ada beberapa hotel yang cukup nyaman.

Dengan uang sebesar 49.587 rupiah, kamu bisa menginap ala-ala hostel di Tya Backpackers Malang. Penginapan ini terletak di pusat kota Malang, jadi cukup mempermudah akses untuk berpergian.

Baca juga: Mengintip Cantiknya Masjid Salman Al Farizi Malang yang Mirip Taj Mahal di India

Rekomendasi penginapan murah lain adalah di Kavie Hostel Malang. Sama halnya dengan Tya Backpackers, penginapan ini memang dikhususkan untuk Anda yang liburan dengan bujet minim. Biaya sewa per malam sebesar 74.380 rupiah.

4. Perjalanan dari Malang ke Bromo

Perjalanan akan lebih mudah dengan jeep. Foto: paketwisatabromomalang.com

Perjalanan ke Bromo memang lebih mudah jika menyewa jeep. Anda hanya perlu menunggu di penginapan, lalu jeep menjemput dan mengantar ke Gunung Bromo. Biasanya, bapak supir jeep akan menjemput pada tengah malam. Jadi, Anda tak akan kelewatan momen sunrise.

Selama seharian penuh, bapak sopir jeep akan mengajak berkeliling Bromo. Mulai dari menyaksikan sunrise di penanjakan, bermain-main di pasir berbisik, ke kawah Bromo, dan jangan lupa foto-foto cantik di padang Savana. Setelah puas, si bapak supir Jeep mengantar Anda kembali di penginapan Malang.

SHARE :

Pilihan paket wisata di Phinemo Marketplace


POPULER MINGGU INI



REKOMENDASI

Mengapa Suku Tengger Selalu Memakai Sarung? Ini Alasannya

3 Tempat Wisata di Indonesia yang Dipastikan Tutup Saat Hari Raya Nyepi

Jazz Gunung Bromo 2019, Konser Musik di Alam Tengger

Erupsi Gunung Bromo, Begini Himbauan PVMBG Kepada Wisatawan

Gunung Bromo Erupsi Lagi, Begini Nasib Wisatawan

Mengunjungi Gunung Bromo saat Erupsi, Ini Potret Keindahannya

FALLBACK
The END