Sidebar

Gunung Bromo Erupsi Lagi, Begini Nasib Wisatawan

Gunung Bromo di Jawa Timur pada Jumat, 19 Juli 2019 pukul 16.37 WIB petang kembali mengalami erupsi. Gunung Bromo masih aman untuk dikunjungi wisatawan.

SHARE :

Ditulis Oleh: Taufiqur Rohman

Gunung Bromo di Jawa Timur pada Jumat, 19 Juli 2019 pukul 16.37 WIB petang kembali mengalami erupsi. Kepala Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) Kasbani menuturkan, aktivitas vulkanik Gunung Bromo masih fluktuatif tetapi sudah mereda hingga Sabtu, 20 Juli 2019. Menurutnya Gunung Bromo masih aman untuk dikunjungi wisatawan.

Pantauan hingga Sabtu, 20 Juli 2019 pukul 06.00 WIB diketahui bahwa cuaca di sekitar Gunung Bromo tampak mendung dan berawan. Angin bertiup lemah ke arah barat daya, barat, dan barat laut. Secara visual badan gunung terlihat cukup jelas, sedangkan dari parameter lain tremor terekam dengan amplitudo 0,5-1 mm (dominan 1 mm).

Pihak PVMBG melarang aktivitas wisatawan di puncak Gunung Bromo dengan radius satu kilometer dengan alasan keamanan. Kepala BPBD Kabupaten Probolinggo menghimbau kepada masyarakat di sekitar Gunung Bromo agar tetap waspada. Meskipun masih level II atau Waspada masyarakat diminta untuk mengutakan keselamatan.

Erupsi Gunung Bromo menyebabkan terjadinya banjir lumpur di kawasan dasar Kaldera Tengger. Morfologo Kaldera tengger merupakan topografi rendah yang dikelilingi oleh perbukitan. Sehingga jika hujan terjadi, aliran air akan bergerak ke arah dasar kaler. Aliran banjir berasal dari sisi barat daya lereng Gunung Bromo, kemudian memutari Gunung Batok ke arah barat.

SHARE :

Pilihan paket wisata di Phinemo Marketplace


POPULER MINGGU INI



REKOMENDASI

3 Tempat Wisata di Indonesia yang Dipastikan Tutup Saat Hari Raya Nyepi

Jazz Gunung Bromo 2019, Konser Musik di Alam Tengger

Erupsi Gunung Bromo, Begini Himbauan PVMBG Kepada Wisatawan

5 Letusan Gunung Berapi Paling Mematikan Sepanjang Sejarah

Mengunjungi Gunung Bromo saat Erupsi, Ini Potret Keindahannya

Gunung Bromo Erupsi, Wisatawan Masih Bisa Berkunjung

FALLBACK
The END