Sidebar

Tips Aman dan Nyaman Berkendara Jauh dengan Menggunakan Mobil Pribadi

SHARE :

Ditulis Oleh: Taufiqur Rohman

Walupun sering terkendala macet yang panjang, jalur darat masih menjadi favorit untuk berpergian. Murah dan lebih fleksibel menjadi alasan utama jalur darat ramai peminat. Sebagian besar masyarakat menggunakan kendaraan pribadi berupa mobil untuk transportasi menyusuri jalur darat.

Berpergian menggunakan kendaraan pribadi seperti mobil memiliki resiko yang lebih tinggi kelelahan, rute yang sulit, dan hingga kondisi jalanan yang tidak bisa diprediksi. Oleh karena itu untuk mengatisipasinya berikut disajikan tips agar saat berkendara dengan mobil tetap merasa aman dan nyaman.

1. Sebelum Mengemudi

Sangat penting untuk melakukan pengecekan terhadap kendaraan yang digunakan sebelum berpergian. Kondisi kendaraan menjadi faktor penting dan paling berpengaruh pada keselamatan diri anda. Selain itu, yang juga penting diperhatikan adalah kapasitas kendaraan. Pada dasarnya setiap kendaraan telah didesain khusus untuk menampung beban tertentu. Jika anda membawa beban melebihi kapasitas dalam mobil dapat berbahaya karena memicu pecah ban dan kecelakaan.

2. Saat Mengemudi

Tidak dilarang untuk mendengarkan lagu selama mengemudi asalkan volume suara tidak mengganggu konsentrasi. Jangan menggunakan smartphone selama mengemudi karena berbahaya untuk keselamatan. Saat badan terasa pegal atau kaku lakukanlah gerakan-gerakan yang memungkinkan untuk memperlancar peredaran darah. Namun jika sudah benar-benar merasa lelah sebaiknya berhenti dan beristirahat sejenak di rest area yang telah disediakan.

3. Setelah Keluar dari Mobil

Setelah keluar dari mobil luangkan waktu sejenak untuk melakukan peregangan otot-otot sempit yang tertidur karena menghabiskan waktu lama di jalanan. Gerakan sederhana seperti meluruskan kaki dan tangan sembari menggerakkan badan keatas dan bawah cukup efektif untuk meregangkan otot-otot tubuh yang kaku. Jangan lupa memastikan jika mobil benar-benar dalam kondisi terkunci sehingga aman.

4. Sampai di Tempat Tujuan

Setelah berkendara berjam-jam dengan mobil pastinya tubuh akan terasa lemas, mengantuk, dan lapar. Istirahatkan diri anda selama beberapa waktu untuk kembali mengumpulkan energi. Makan dan minumlah secukupnya agar tubuh kembali terasa segar. Sangat penting juga untuk tidak meninggalkan barang-barang di dalam mobil sehingga aman dari target kejahatan.

SHARE :

Pilihan paket wisata di Phinemo Marketplace


POPULER MINGGU INI



REKOMENDASI

Sunblock SPF 50 Aman untuk Kulit Sensitif? Simak Penjelasannya dari Ahli

7 Sunblock Pria Paling Bagus untuk Lindungi Kulit Saat Hiking

Tips Memilih Kursi Pesawat Agar Tidak Tertular Penyakit di Perjalanan

7 Persiapan Menyambut Ramadhan 2020 Saat Pandemi Virus Corona

Cara Membersihkan Smartphone dan Kamera dari Virus Corona

5 Tips Memilih Kursi di Pesawat Agar Nyaman Sepanjang Perjalanan

FALLBACK
The END