Tips Atasi Kelelahan saat Perjalanan Mudik Melalui Jalur Darat

Tips mengatasi kelelahan saat mudik lebaran 2019 (Flickr/reynermedia)

Momen mudik menjelang Lebaran merupakan momen spesial yang ditunggu banyak orang untuk dapat kembali berkumpul bersama keluarga dan orang terdekat. Nggak peduli seberapa lama dan jauhnya perjalanan mudik yang akan dijalani, pemudik akan tetap senang melakukan tradisi ini setiap tahunnya.

Berbicara soal rute mudik, jalur darat bisa dibilang merupakan jalur favorit bagi para pemudik. Pada 2018, kepadatan kendaraan saat puncak arus mudik terjadi di sejumlah jalur Pulau Jawa. Beberapa ruas jalan arteri atau non-tol yang menjadi titik kemacetan adalah Simpang Jomin, Brebes/Tegal-Banyumas, Magelang-Yogyakarta, Bawen-Boyolali, dan Nagreg-Limbangan-Bumiayu. Sementara untuk jalur tol, sejumlah titik kemacetan berada di sekitar Gerbang Tol Cikarang Utama, Ciawi, Palimanan, Kertasari, dan Merak, serta Tol Batang-Semarang, Semarang-Solo, dan Jakarta-Cikampek.

Padatnya kondisi jalur mudik tentunya berimbas pada kesehatan para pemudik. Kelelahan bahkan jatuh sakit seakan menjadi ancaman jika disepelekan. Nah, berikut ini beberapa tips yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi kelelahan saat perjalanan mudik melalui jalur darat!

1. Andalkan Rest Area untuk Peregangan

Duduk dalam waktu lama dapat membuat otot sekitar leher, bahu, dan paha menjadi tegang, sehingga tubuh jadi mudah lelah dan capek. Salah satu tips mengatasinya adalah dengan cara melakukan peregangan agar badan kamu menjadi segar kembali. Kamu bisa berhenti sejenak di rest area terdekat di jalur mudik yang kamu lalui.

Terlebih lagi, sudah banyak rest area menawarkan fasilitas lengkap, mulai dari rest area KM 57 A Tol Cikampek, rest area KM 22 Tol Semarang-Solo, rest area KM 102 Tol Cipali, rest area KM 207 Tol Kanci-Palimanan, hingga rest area KM 360 A Tol Batang-Semarang.

2. Bawa Cemilan dan Bekal Perjalanan Sendiri

Perjalanan darat yang cukup jauh tentunya akan menguras banyak tenang. Untuk itu disarankan untuk membawa bekal makanan dan minuman yang cukup. Nggak harus membawa makanan berat kok, cukup dengan membawa cemilan seperti roti dan aneka snack rendah gula dan garam untuk menjaga kebugaran tubuh selama perjalanan.

3. Bawa Obat-obatan dan Air Minum

Selain bawa bekal sendiri, obat-obatan juga jangan sampai terlupa. Sehingga jika sewaktu perjalanan kamu jatuh sakit, hal tersebut bisa langsung teratasi. Utamakan juga persediaan air putih yang cukup untuk mengatasi kemungkinan dehidrasi selama perjalanan mudik. Kopi atau minuman berkafein lainnya juga bisa dipilih untuk mencegah rasa kantuk saat berkendara, namun jangan berlebihan.

4. Menginap di Hotel untuk Transit

Jika menempuh perjalanan yang cukup panjang, tak ada salahnya di mudik lebaran 2019 ini, kamu memilih untuk transit di penginapan atau hotel terdekat dari jalur mudik yang kamu lewati. Hotel untuk transit biasanya menyuguhkan suasana tenang dan nyaman yang membuat pikiran dan badan menjadi segar kembali untuk melanjutkan perjalanan keesokan harinya.

Beristirahat di hotel tentunya lebih nyaman dibanding beristirahat di rest area dan tidur di mobil. Soal harga kamar hotel, kamu nggak perlu khawatir karena Traveloka menawarkan diskon spesial hingga 5 juta rupiah untuk pemesanan akomodasi dan Hotel. Promo ini berlangsung pada tanggal 22-26 Mei mendatang. Jadi kamu bisa persiapkan mulai dari sekarang. Selain itu, jika kamu beruntung akan ada hadiah spesial Ramadhan dari beberapa hotel tertentu khusus untuk kamu yang melakukan pemesanan selama bulan Ramadhan.

Kenyamanan dan keselamatan adalah prioritas, karena itulah kesehatan tubuhmu wajib diperhatikan. Pastikan semua hal dalam kondisi prima, dan segala skenario terburuk juga sudah dipikirkan agar agenda mudik jalur darat berjalan lancar.


Dapatkan ulasan menarik tentang traveloka dan tulisan Lain dari Tim Phinemo

Tags: , ,

Paket Produk Penawaran

Pajang Paket Perjalanan Anda Disini. Klik Untuk Daftar