Sidebar

Liburan ke Palembang? Ini Tempat Wisata Kuliner selain Pempek yang Wajib Anda Singgahi

Liburan ke Palembang? Ini Tempat Wisata Kuliner selain Pempek yang Wajib Anda Singgahi

Palembang tak hanya punya pempek. Berikut ini kami sajikan beberapa tempat wisata kuliner yang menyajikan makanan khas Palembang yang dijamin bikin pengalaman kuliner Anda kian maknyus!

SHARE :

Ditulis Oleh: Himas Nur

Tempat wisata kuliner selain pempek ini bisa Anda kunjungi ketika berlibur ke Palembang. Meski kurang populer dibanding pempek, namun makanan khas berikut ini juga jadi rekomendasi maknyus bagi pengalaman wisata kuliner Anda.

Baca Juga: Bangga, Pempek Lenggang Khas Palembang Cetak Rekor Dunia

Penasaran ada makanan khas apa saja di Palembang? Berikut kami sajikan beberapa tempat wisata kuliner yang menyajikan beragam makanan khas Palembang selain pempek.

1.  Lorong Basah Culinary Night

Jalanan lorong basah culinary night. (Foto/BreakingNews)

Lorong Basah Culinary Night merupakan salah satu destinasi wisata baru yang dibuat untuk menyambut Asian Games 2018 yang berlangsung pada 18 Agustus hingga 2 September 2018.

Berlokasi di Pasar 16 Ilir, tempat makan ini dibuka selepas petang hingga tengah malam. Sebelum didirikan, warung makan ini adalah jalanan tempat berjualan PKL atau pedagang kaki lima.

Puluhan jenis makanan dan minuman tersedia di lorong sepanjang sekitar 180 meter itu. Harganya pun variatif mulai dari ribuan hingga puluhan ribu rupiah

2. Harum Sari

Bubur ayam khas Palembang memiliki kuah yang lebih pekat dan gelap. (Foto/Cookpad)

Harum Sari berlokasi di samping Hotel Horison Palembang, namun restoran ini lebih populer dengan sebutan warung Kopi Bo Eng. Bo Eng merupakan nama panggilan si pemilik restoran Harum Sari tersebut.

“Nama toko kopi ini dulu Jong Pang dalam bahasa Mandarin yang artinya ‘Selamanya Wangi’. Karena ketika itu tidak boleh pakai bahasa Mandarin, papa saya ubah nama jadi Harum Sari. Tapi lebih beken lagi Kopi Bo Eng,” ungkap Sintha, anak pemilik Harum Sari dilansir CNN. 

Restoran ini memiliki andalan sajian minuman kopi susu. Dihargai sebesar Rp 9 ribu untuk segelas kopi hitam dan Rp 11 ribu untuk kopi susu, kopi yang disajikan adalah kopi Semendo, yakni kopi asli Sumatera Selatan.

Tak hanya kopi, Harum Sari juga menyajikan berbagai menu makanan khas seperti lontong, laksa, dan bubur ayam khas Palembang. Bubur ayam Palembang ini memiliki kuah yang agak gelap, tak seperti kuah bubur yang rata-rata berwarna kuning seperti kuah opor.

Anda dapat singgah kemari setiap hari mulai pukul 05.30 hingga 14.00 waktu setempat.

3. Martabak HAR

martabak HAR Palembang (Instagram/thea_widyastutie)

Warung makan Martabak HAR ini bisa Anda kunjungi di Jalan Inspektur Marzuki seberang Hotel Amaris. Uniknya, martabak ini hanya menyajikan martabak asin saja.

Namun Jangan khawatir, sebab terdapat beberapa jenis martabak asin yang bisa Anda pilih di sini. Variasi menu martabak asin tersebut antara lain martabak telur ayam, telur bebek, sayur, daging sapi, daging kambing, dan spesial.

Baca Juga: 5 Tempat Makan Pempek Terbaik di Palembang

Seluruh martabak asin itu disajikan dengan kuah kari khas Martabak HAR. Bila Anda tidak terbiasa makan martabak asin dengan kari, pihak restoran juga menyediakan bumbu kecap asin dengan cabai rawit.

Harga Martabak HAR di sana bervariasi mulai dari Rp18 ribu hingga Rp45 ribu. Anda dapat berkunjung kemari mulai dari pukul 05.00 hingga pukul 00.00 waktu setempat.

SHARE :


Rekomendasi

Umaid Bhawan Palace, Bekas Istana yang Disewakan untuk Penginapan

Rumah Pohon Suku Korowai, Potret Hidup Harmonis dengan Alam

Museum of Broken Relationship, Tempat Mengenang Kegagalan Cinta

Tradisi Berburu Paus di Lamalera, Antara Budaya atau Kelestarian Alam

Montage Palmetto Bluff, Tempat Justin Bieber dan Hailey Baldwin Menikah

5 Tempat untuk Berenang dan Berfoto Bersama Hiu Paus di Indonesia

FALLBACK
The END