facebook pixel

Keindahan Bromo -Gunung Terkomersil Indonesia- dari Sisi Lain

Perjalanan menuju Bromo dengan mengambil rute berbeda ternyata cukup menyenangkan. Terjalnya jalan sebanding dengan pemandangan indah yang didapat.


bromo

Pemandangan di perjalanan menuju Bromo. Foto oleh Erin Ariane

Gunung Bromo atau izinkan saya menyebutnya sebagai gunung terkomersil di Indonesia. Bagaimana tidak, pesonanya menyedot ratusan ribu wisatawan baik lokal maupun mancanegara tiap tahunnya. Bayangkan seberapa besar perputaran uang di sini?Ekonomi masyarakat lokal-pun tumbuh pesat. Saya pikir semua setuju, gunung ini memang spesial dengan berbagai spot menarik yang bisa dilewati sebelum sampai ke kawasan kawah.

Tapi bukan tentang sisi ekonomi Bromo yang akan saya bahas. Saya hanya bercerita tentang “menikmati sesuatu dari sisi lain”. Ya, sisi lain yang jarang teramati orang lain.

Baca ini, tips irit wisata ke Bromo bagi mahasiswa!

Area wisata Gunung Bromo meliputi empat kabupaten di sekitar, yaitu Pasuruan, Probolinggo, Lumajang, dan Malang. Kita bisa memilih berbagai pilihan rute untuk mencapai Gunung Bromo. Pada umumnya wisata ke Gunung Bromo harus menggunakan jeep hardtop melewati jalan depan Pasuruan – Probolinggo ke arah Surabaya.

Namun bagi yang ingin mencoba melihat keindahan Bromo dari sisi yang berbeda, cobalah rute dari Pakis. Seperti yang kami lakukan kala itu. Saya dan beberapa teman mendapat kesempatan untuk lewat jalan belakang atau jalan alternatif Pakis – Tumpang menggunakan truk bak terbuka. Jalur ini lebih sepi dibandingkan dengan jalur lainnya.

Pemandangan-melewati-padang-teletubbies-oleh-Erin-Ariane

Pemandangan melewati padang teletubbies. Foto oleh Erin Ariane

Saya pilih duduk di belakang walaupun beresiko kehujanan dan pegal-pegal, tapi hasil pegal dari perjalanan offroad yang tidak mulus dan tanjakan-tanjakan yang kurang manusiawi ini impas terbayar. Semua sebanding dengan keindahan panorama yang saya dapat. Kami dapat menyaksikan keindahan Gunung Bromo dari sudut berbeda! Hamparan rumput dan pepohonan hijau, bentangan langit biru yang begitu cerah sangat menyejukkan. Tak ada macet iring-iringan jeep hardtop yang terkadang membuat mood rusak dalam perjalanan menuju Bromo. Ditambah sensasi bak seorang “koboy” karena goncangan saat menaiki truk bak terbuka ini benar-benar luar biasa!memberi pengalaman baru.

Sekadar saran, saat sampai di pertigaan Jamplang beloklah ke kanan jika berminat mampir ke Desa Ranu Pane, titik awal jalur pendakian Gunung Semeru -siapa tahu dengan berkunjung ke sini lebih dulu, nantinya mimpi mendaki Semeru bisa tercapai.

Bromo memiliki 2 wajah berbeda saat musim penghujan dan kemarau. Seperti apa, baca di sini!

Tips penting yang harus kamu tahu sebelum berkunjung ke Bromo

bromo

Panorama pasir berbisik. Foto oleh Erin Ariane

1. Jangan salah pilih supir

Jika menyewa jeep hardtop dan berniat mencoba lewat jalan belakang, pastikan pengemudinya sudah tahu medan. Karena dengan naik lewat jalan belakang, nantinya kita akan melewati jalan yang lebih menanjak dan terjal.

2. Sunblock, sunblock dan sunblock.

Mentang-mentang udara di atas dingin dan berangin, jangan remehkan! Jangan sampai lupa memakai tabir surya karena sebenarnya matahari di gunung jauh lebih ganas daripada matahari di pantai. Kulit kita bisa terbakar tanpa kita sadari.

3. Pilih kuda yang berisi

Carilah kuda yang sedikit berisi jika ingin naik ke kawah Bromo. Kuda disana sangat kurus sampai tulang rusuknya terlihat. Karena medan keatas lumayan licin dan terjal, tidak jarang banyak kuda yang terpeleset. Entah terpeleset karena terlalu kurus dan lemah atau memang medan sangat licin. Tapi pasti kita akan lebih tenang jika kuda yang kita tunggangi terlihat lebih fit dan kuat.

Bromo populer hingga ke penjuru dunia, namun tak semua tahu tentang Suku Tengger, suku asli yang disebut sebagai penjaga Gunung Suci Bromo. Baca di sini tentang Suku Tengger.

***

Secara keseluruhan, keindahan Bromo benar-benar menghipnotis. Pasir berbisik, padang teletubbies, sampai pananjakan Gunung Bromo menawarkan pemandangan yang sekali lagi membuktikan bahwa Indonesia itu kaya dengan berbagai keindahan alamnya yang luar biasa beragam dan menakjubkan.

banner experience