Strategi Pemasaran Produk untuk Memperbesar Profit Bisnis Tour Travel

Strategi pemasaran produk untuk meningkatkan profit bisnis tour travel (Mike Lawrence).

Hiliralisasi setiap bisnis adalah memasarkan produk untuk menghasilkan profit, tak terkecuali pada bisnis tour travel. Dalam memasarkan produk diperlukan suatu strategi khusus yang matang dan terarah agar diminati oleh banyak konsumen. Strategi penjualan ini tidak bisa disusun secara sembarang, diperlukan ketelitan dan penguasaan terhadap produk.

Beberapa pelaku bisnis tour travel bahkan rela mengeluarkan banyak uang untuk menyewa jasa seorang konsultan bisnis hanya demi sebuah strategi pemasaran. Strategi pemasaran sangat penting, karena tanpanya suatu bisnis akan seperti perahu yang terombang-ambing di tengah lautan tanpa arah dan tujuan yang jelas.

Berikut beberapa tips yang bisa diterapkan selama menyusun strategi bisnis sehingga diperoleh profit yang besar.

1. Menambah produk atau service

Saat bisnis sedang berjalan, namun tiba-tiba anda berpikir untuk meningkatkan profit pemasaran maka anda harus menyusun sebuah strategi baru. Strategi tersebut harus diawali dengan upaya untuk menambah jumlah produk yang dihasilkan. Namun sebelumnya alangkah lebih baik untuk melakukan riset kecil untuk mengetahui apa yang sekiranya sangat dibutuhkan dan diminati oleh masyarakat saat ini.

Bagi bisnis kecil mungkin modal adalah hal dasar yang sering menjadi kendala. Untuk mensiasatinya bisa dilakukan dengan melakukan kredit usaha rakyat atau peminjaman dari lembaga-lembaga keuangan di Indonesia. Perlu diingat bahwa jumlah pinjaman haruslah disesuaikan dengan kemampuan bisnis dalam mengembalikan nantinya. Hal ini penting untuk menghindari pailit bisnis akibat hutang yang tak kunjung lunas.

2. Memperbesar target penjualan

Setelah berhasil meningkatkan jumlah produk maka langkah selanjutnya adalah dengan meningkatkan target penjualan. Dalam meningkatkan target penjualan diperlukan kreatifitas dan inovasi yang tinggi mengikuti dengan perkembangan masyarakat saat ini. Misalnya di era internet seperti sekarang, tak ada salahnya jika mencoba memasarkan melalui sosial media seperti Instagram atau facebook.

3. Memperluas bidang usaha

Cara untuk meningkatkan profit selanjutnya adalah dengan memperluas bidang usaha yang masih berkaitan denga produk sebelumnya. Misalnya pada bisnis tour travel yang dulu hanya memasarkan produk paket wisata, bisa dicoba untuk membuat bidang baru seperti penginapan atau transportasi di lokasi wisata. Cara ini cukup ampuh untuk mendongkrak profit bisnis.

4. Manambah target konsumen baru

Target konsumen biasanya ada pada rentang usia, jenis kelamin, dan tingkat ekonomi tertentu. Tak ada salahnya menambah konsumen baru diluar target konsumen yang lama. Misalnya jika selama ini bisnis tour travel anda hanya menyediakan paket wisata untuk kalangan menengah ketas maka cobalah untuk membuat paket wisata yang lebih terjangkau untuk kalangan menengah kebawah. Hal ini untuk memperluar segmentasi pasar pada bisnis anda.

5. Menambah jangkauan bisnis

Saat ada peluang pada bisnis lain diluar keahlian bisnis anda, namun anda memiliki cukup modal untuk menjalankannya maka ambilah. Rekrut pihak lain yang lebih ahli dalam bidang tersebut, dengan begitu anda satu langkah lebih maju dalam memperbesar jangkauan bisnis. Contoh sukses yang bisa menjadi teladan adalah Perusahaan Sinarmas yang memiliki jangkauan bisnis sangat luas seperti pada pengolah pulp dan kertas, agribisnis dan food, developer dan real estate, telekomunikasi dan energi, infrastruktur, kesehatan, pendidikan, keuangan, bahkan asuransi jiwa.

Dapatkan ulasan menarik tentang bisnis dan tulisan Lain dari Taufiqur Rohman

Tags: ,

Paket Produk Penawaran

Pajang Paket Perjalanan Anda Disini. Klik Untuk Daftar