4 Tips Memilih Target Pasar yang Tepat dalam Bisnis Tour Travel

Tips memilih target pasar yang tepat untuk bisnis tour travel (Flickr/Thomas P. Rothlisberger)

Target pasar dalam bisnis tour travel merupakan hal penting yang harus dilakukan sebeleum menyusun sebuah strategi pemasaran. Dengan mengetahui target pasar akan lebih memudahkan anda dalam memasarkan produk secara efektif. Target pasar didefiniskan sebagai suatu kelompok konsumen yang menjadi sasaran pendekatan bisnis untuk membeli produk yang dijual. Target pasar biasanya memiliki rentang usia, sifat, serta karakter yang sama.

Menentukan target pasar perlu dilakukan secara tepat agar menghasilkan strategi pemasaran yang sesuai. Berikut beberapa hal penting yang perlu diperhatikan saat menentukan target pasar.

1. Analisis Situasi

Analisis situasi pasar saat ini dengan cermat menggunakan teknik analisis SWOT (Strengths, Weaknesses, Opportunities, and Threats). Analisis situasi berhubungan erat dengan konsumen, pemasok, dan distributor.

2. Segmentasi

Perhatikan segmenntasi pasar apakah menjanjikan untuk terus dilanjutkan atau tidak. Jangan membuat segmentasi terlalu luas karena akan sulit dalam menentukan strategi pemasaran. Pertumbuhan segmen juga penting untuk diperhatikan agar diketahui bagaimana kemungkinan perkembangan pasar di masa yang akan datang.

3. Sumber Daya

Pikirkan dengan matang darimana sumber daya dalam bisnis diperoleh. Jika sumber daya diperoleh dari pihak luar maka akan ada tanggung jawab yang harus ditunaikan kepada pihak tersebut. Semua keuntungan dan resiko ditanggung bersama sesuai dengan pernjanjian yang telah dibuat.

4. Dana

Sesuaikan target pasar dengan dana yang dimiliki oleh bisnis. Membuat target pasar yang terlalu luas akan menyebabkan bisnis mengalami krisis keuangan. Usahakan terjadi keseimbangan antara dana yang dimiliki dan target pasar.

Dapatkan ulasan menarik tentang dan tulisan Lain dari Tim Phinemo

Tags: , ,

Paket Produk Penawaran

Pajang Paket Perjalanan Anda Disini. Klik Untuk Daftar